Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

16 Juni 2016

Anotasi Jurnal 1 Economic Education Analysis Journal Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Disiplin Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar

1.    Anotasi Jurnal


1
Judul      : Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Disiplin Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar
Penulis            : Arif Nur Prasetyo, Kusumantoro
Th. Terbit, hal : 2015, 10
Nama Jurnal    : Economic Education Analysis Journal
Vol. No. Th.    : 11, 03, 2015

A.  Latar Belakang dan Rumusan Masalah
Pengaruh   kompetensi   pedagogi guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar tentunya tidak lepas dari motivasi belajar siswa itu sendiri. Motivasi belajar dapat memberikan dorongan kepada siswa untuk menyegerakan usahanya dalam mencapai prestasi belajar yang tinggi. Rifai dan Anni (2010:160) memaparkan apabila terdapat dua siswa yang memiliki kemampuan sama dan memberikan peluang dan kondisi yang sama untuk mencapai tujuan, siswa yang termotivasi akan memberikan hasil yang lebih baik daripada siswa yang tidak termotivasi. Pendapat tersebut dikuatkan  dengan  penelitiayang  telah dilakukan   oleh   Khafi (2008 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi.
Prestasi  belajar  dipengaruhi faktor  yang berasal dari  dalam diri  siswa maupun berasal dari luar diri, sehingga siswa perlu diperhatikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi diperlukan suatu input yang efektif. oleh karena itu peneliti bermaksud mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru,  disiplibelajar, dan  motivasi belajar belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Salatiga.
Berdasarkan uraian di atas, maka penting dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru dan disiplin belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas X Tata Niaga SMK N 1 Salatiga.

B.  Landasan Teori
Tujuan institusional adalah tujuan yang akan dipakai menurut jenis dan tingkat sekolah dan tingkat sekolah atau lembaga pendidikan masing-masing (Purwanto, 2003:41). Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan (Syah 2008:89).
Usaha   untuk   mencapai  suatu   prestasi belajar yang optimal dari proses pembelajaran seorang siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Hal ini selaras dengan kesimpulan dari Purwanto (2006) dalam Mediawati (2010:135 menyimpulka sebaga berikut Hasil belajar  dilatarbelakangi  oleh  beberapa  faktor yang pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi  dua  bagian,  yaitu  faktor  yang bersumber dalam diri siswa (faktor internal) dan faktor yang bersumber dari luar diri siswa (faktor eksternal).

C.  Metode Penelitian
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sesluruh siswa kelas X Tata Niaga SMK N 1 Salatiga tahun ajaran 2013/2014 yang sejumlah 75  siswa.  Suharsimi  (2006:134)  menyatakan bahwa  “apabila  subjek  penelitian  kurang  dari 100lebih  baik  diambil  semua  sehingga penelitian   merupakan penelitian populasi, jika jumlah  subjeknya  besar  dapat  diambil  antara 10%-15% atau 20%-25% atau lebih. Pembagian sample menggunakan teknik total sampel, dengan demikian seluruh populasi dijadikan subjek penelitian yaitu75 siswa. Prestasi merupakan variabel terikat, kompe-tensi pedagogik serta disiplin belajar merupakan variabel bebas,  dan motivasi belajar merupakan variabel  intervening. Teknik  pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah  analisis  deskriptif  dan  statistik inferensial.

D.  Hasil Penelitian
Hayang menyatakan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik dan disiplin belajar  secara  bersama-sama terhadap  prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas X Tata Niaga SMK  N  1  Salatiga  diterima  dan  signifikan sebesar 92%. Jadi, berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa Dengan kompetensi pedagogik yang baik akan memberikan siswa kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar. Disamping faktor  kompetensi pedagogik sikap disiplibelajar dari  siswa  yang  masih  rendah menyebabkan prestasi belajar kewirausahaan rendah juga. Pengaruh Kompetensi Pedagogik    terhadap Prestasi Belajar Hayang menyatakan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas X Tata Niaga SMK N 1 Salatiga diterima dan signifikan sebesar 53%. Itu artinya semakin baik kemampuan kompetensi pedagogik guru maka siswa tersebut semakin memiliki prestasi belajar yang tinggi. Hasil penelitian yang dilakukan Septian Akbar Maryanto (2013) menunjukan bahwa ada pengaruh positif kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar
Ha3 yang menyatakan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas X Tata Niaga SMK N 1 Salatiga diterima dan signifikan  sebesar  31%.  Itu  artinya  semakin siswa memiliki disiplin belajar yang tinggi maka siswa tersebut juga akan mendapatkan prestasi belajar yang tinggi pula. Hasil penelitian yang dilakukan Ana Rowiyah (2012) dan Partono (2004) menunjukan bahwa ada pengaruh positif kompetensi disiplin belajar terhdap prestasi belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disim-pulkan bahwa kompetensi pedagogik dan disiplin belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar Kewirausahaan  siswa kelas X Tata Niaga SMK N 1 Salatiga.. Oleh karena itu, saran yang dapat diberikan, antara lain: hendaknya siswa dapat meningkatkan kerja keras dan ketekunan agar dapat mencapai prestasi belajar kewira-usahaan yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar