Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

08 Januari 2016

Tumbuhkan Minat Baca dengan Buku Kecil oleh Ridwan, MA

Ridwan, S.Pd.I., Guru MTsN Teunom, Kabupaten Aceh Jaya


Lihat Juga New sleter USAID Prioritas:  http://www.prioritaspendidikan.org/id/post/242/tumbuhkan-minat-baca-dengan-buku-kecil

Tumbuhkan Minat Baca dengan Buku Kecil
Siswa saling berbagi informasi dari buku kecil hasil karyanya. Foto lainnya dapat dilihat pada kolom "Galeri Foto" (MTsN Teunom Aceh Jaya I, 1 Juli 2014, Sri Wahyuni)
Para siswa saya di MTsN Teunom Aceh Jaya tidak dapat menyembunyikan rasa bangganya dengan hasil karya yang telah mereka hasilkan. Buku kecil yang berbentuk buku saku unik tersebut didisain secara sederhana dan  kreatif. Buku kecil itu berisikan tulisan hasil eksplorasi mereka memanfaatkan sumber-sumber informasi. Banyak yang beranggapan bahwa untuk menumbuhkan minat baca/budaya baca dan keingintahuan siswa harus dilakukan di suatu ruangan besar dimana tersusun rapi buku-buku dengan judul yang banyak (baca: perpustakaan) tetapi saya mencoba menumbuhkan minat baca sambil bereksplorasi menciptakan sebuah buku kecil. Hasilnya, siswa dapat menunjukkan pembelajaran yang aktif dengan menggali, mengorganisasi dan mengkomunikasikan informasi kepada pembaca lain melalui buku kecil yang dibuatnya.
Ide ini saya peroleh sekembali dari Pelatihan untuk Pelatih Modul 2 Tingkat Nasional yang berkaitan dengan budaya baca dan literasi. Dengan ide ini saya mengajak siswa untuk berpikir lepas dan menantang mereka untuk menulis. Tujuannya, memanfaatkan sumber informasi yang ada (surat kabar, majalah, internet, buku bahkan hasil wawancara) menjadi sesuatu sumber yang menarik dan menantang sehingga dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam menulis dengan menggunakan gaya bahasa dan bahan yang sederhana. Ide ini juga dapat memecahkan masalah kekurangan buku bacaan di dalam kelas.
Bahan yang digunakan antara lain; kertas buku atau kertas kwarto yang dipotong2 sesuai dengan kebutuhan (ukuran buku), gunting dan kulit buku, karton atau platik bekas yang akan dijadikan sebagai cover buku.
Langkah kegiatannya: 1) Guru memberikan informasi kepada siswa untuk membaca dan mencari literasi buku dengan tema apa saja, 2) Memudahkan siswa untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber, 3) Siswa menyiapkan buku kecil/saku mereka dengan bentuk dan warna yang mereka sukai, 4) Dalam sesi pembelajaran, siswa menuliskan informasi penting yang berkaitan dengan tema yang mereka senangi dan disampaikan kepada teman-temannya melalui tulisan yang telah mereka buat, 5) Cover buku bertuliskan judul yang dapat menimbulkan keinginan orang untuk membacanya (misalnya:  22 Satwa Air Tawar dan Catatan Angka Rahasia Dalam Matematika), 6) Halaman belakang dicantumkan nama penulis dan komentar pembaca, 7) Saling menukarkan buku untuk dibaca oleh siswa lainnya sehingga informasi tersebarkan kepada teman lainnya dan akan menjadi milik pustaka kelas.
Hasilnya memang luar biasa. Para siswa merespon dengan sangat antusias. Selain mudah dibawa dan dibaca, praktik yang baik ini juga dapat menumbuhkan budaya baca/minat baca bagi siswa dan melatih kecakapan menulis serta menggali informasi yang dianggap penting dalam suatu  permasalahan yang diungkapkan dalam bentuk /gaya tulisan yang unik. Selain itu kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan informasi kepada siswa lain melalui tulisan yang unik dan menarik. Salah seorang siswa saya merasa lebih tertantang untuk mengali informasi dan keingginanya untuk membaca (mengali informasi melalui sumber bacaan) menjadi meningkat, “Saya sangat senang bisa membuat buku saku ini, sehinga bisa dibaca dan memberikan informasi kepada teman-teman berdasarkan pemahaman dan tulisan saya sendiri. Pembelajaran ini juga membuat saya lebih tertantang lagi untuk mencari dan menggali informasi yang lebih banyak sehingga dapat saya jadikan refensi bahan tulisan berikutnya,” kata Putri linda siswi kelas VIII MTsN Teunom Kabupaten Aceh Jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar