Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

05 Januari 2016

Karakter Nilai Pendidikan Umum 18 Tangga


Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil  internalisasi  berbagai  kebajikan  (virtues)  yang  diyakini dan  digunakan  sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak (Puskur, 2010:3). Dalam Kamus  Besar Bahasa Indonesia  (2008)  karakter diartikan sebagai sifat-sifat  kejiwaan,  akhlak  atau  budi  pekerti yang  membedakan  seseorang  dari  yang  lain. Sedangkan menurut Direktorat 
Pembinaan PAUD (2012:4), karakter adalah  tabiat atau kebiasaan untuk melakukan hal yang baik. Dari pengertian – pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa karakter adalah kepribadian, akhlak ataupun watak yang terpateri pada diri seseorang sebagai landasan dalam berfikir, bertindak dan bersikap.
Nilai-nilai  karakter  adalah  sikap  dan  perilaku  yang didasarkan  pada  norma  dan  nilai  yang  berlaku  di masyarakat,  yang  mencakup  aspek  spiritual,  aspek personal/kepribadian, aspek sosial, dan aspek lingkungan (Direktorat Pembinaan PAUD, 2012:4).
18 nilai karakter beserta indikator pada tingkat satuan Sekolah Menengah Pertama yang dijelaskan oleh Pusat Kurikulum (2010 : 37), yaitu :
1)   Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
Indikator :
a) Mengagumi kebesaran Tuhan melalui kemampuan manusia dalam melakukan sinkronisasi antara aspek fisik dengan aspek kejiwaan
b) Mengagumi kebesaran Tuhan karena kemampuan dirinya untuk hidup sebagai anggota masyarakatMengagumi kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai alam semesta.
c) Mengagumi kebesaran Tuhan karena adanya agama yang menjadi sumber keteraturan hidup masyarakat.
d) Mengagumi kebesaran Tuhan melalui berbagai pokok bahasan dalam berbagai mata pelajaran.

2)  Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
Indikator :
a)      Tidak mencontek ataupun menjadi plagiat dalam mengerjakan setiap tugas.
b)      Mengemukakan pendapat tanpa ragu tentang suatu pokok diskusi.
c)      Mengemukakan rasa senang atau tidak senang terhadap pelajaran.
d)     Menyatakan sikap terhadap suatu materi diskusi kelas.
e)      Membayar barang yang dibeli di toko sekolah dengan jujur.
f)       Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan di tempat umum.

3)   Toleransi
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
Indikator :
a)      Tidak menggangu teman yang berbeda pendapat.
b)      Menghormati teman yang berbeda adat istiadatnya.
c)      Bersahabat dengan teman dari kelas lain.

4)   Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
Indikator :
a)      Selalu tertib dalam melaksanakan tugas-tugas kebersihan sekolah.
b)      Tertib dalam berbahasa lisan dan tulis.
c)      Patuh dalam menjalankan ketetapan-ketetapan organisasi peserta didik.
d)     Menaati aturan berbicara yang ditentukan dalam sebuah diskusi kelas.
e)      Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis.

5)   Kerja keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
Indikator :
a)      Mengerjakan semua tugas kelas selesai dengan baik pada waktu yang telah ditetapkan.
b)      Tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar.
c)      Selalu fokus pada pelajaran.

6)   Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.
Indikator :
a)      Mengajukan pendapat yang berkenaan dengan suatu pokok bahasan.
b)      Bertanya mengenai penerapan suatu hukum/teori/prinsip dari materi lain ke materi yang sedang dipelajari.

7)   Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
Indikator :
a)      Melakukan sendiri tugas kelas yang menjadi tanggung jawabnya.
b)      Mencari sendiri di kamus terjemahan kata bahasa asing untuk bahasa Indonesia atau sebaliknya.

8)   Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
Indikator :
a)      Memilih ketua kelompok berdasarkan suara terbanyak.
b)      Memberikan suara dalam pemilihan di kelas dan sekolah.
c)      Mengemukakan pikiran tentang teman-teman sekelas.
d)     Ikut membantu melaksanakan program ketua kelas.

9)   Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
Indikator :
a)      Bertanya kepada guru dan teman tentang materi pelajaran.
b)      Bertanya kepada sesuatu tentang gejala alam yang baru terjadi.
c)      Bertanya kepada guru tentang sesuatu yang didengar dari ibu, bapak, teman, radio, atau televisi.

10)       Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
Indikator :
a)      Turut serta dalam upacara peringatan hari pahlawan dan proklamasi kemerdekaan.
b)     Mengemukakan pikiran dan sikap mengenai ancaman dari negara lain terhadap bangsa dan negara Indonesia.
c)      Mengemukakan sikap dan tindakan yang akan dilakukan mengenai hubungan antara bangsa Indonesia dengan negara bekas penjajah Indonesia.

11)       Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
Indikator :
a)      Menyenangi keunggulan geografis dan kesuburan tanah wilayah Indonesia.
b)     Menyenangi keragaman budaya dan seni di Indonesia.
c)      Menyenangi keberagaman suku bangsa dan bahasa daerah yang dimiliki Indonesia.
d)     Mengagumi keberagaman hasil-hasil pertanian, perikanan, flora, dan fauna Indonesia.
e)      Mengagumi dan menyenangi produk, industri, dan teknologi yang dihasilkan bangsa Indonesia

12)       Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
Indikator :
a)      Mengerjakan tugas dari guru dengan sebaik-baiknya.
b)     Berlatih keras untuk berprestasi dalam olah raga dan kesenian.
c)      Hormat kepada sesuatu yang sudah dilakukan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lain.
d)     Menceritakan prestasi yang dicapai orang tua.
e)      Menghargai hasil kerja pemimpin di masyarakat sekitarnya.
f)      Menghargai tradisi dan hasil karya masyarakat di sekitarnya.

13)       Bersahabat/Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
Indikator :
a)      Bekerja sama dalam kelompok di kelas.
b)     Berbicara dengan teman sekelas.
c)      Bergaul dengan teman sekelas ketika istirahat.
d)     Bergaul dengan teman lain kelas.
e)      Berbicara dengan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lainnya.

14)       Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
Indikator :
a)      Melindungi teman dari ancaman fisik.
b)     Berupaya mempererat pertemanan.
c)      Ikut berpartisipasi dalam sistem keamanan sekolah.

15)       Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
Indikator :
a)      Membaca buku atau tulisan keilmuan, sastra, seni, budaya, teknologi, dan humaniora.
b)     Membaca koran/majalah dinding.

16)       Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
Indikator :
a)      Ikut dalam berbagai kegiatan sosial.
b)     Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa atau tidak punya.

17)       Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
Indikator :
a)      Mengikuti berbagai kegiatan berkenaan dengan kebersihan, keindahan, dan pemeliharaan lingkungan.

18)     Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar