Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau
kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi
berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan
digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan
bertindak (Puskur, 2010:3). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
(2008) karakter diartikan sebagai sifat-sifat kejiwaan,
akhlak atau budi pekerti yang membedakan
seseorang dari yang lain. Sedangkan menurut Direktorat
Pembinaan PAUD (2012:4), karakter adalah tabiat atau kebiasaan untuk melakukan hal yang baik. Dari pengertian – pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa karakter adalah kepribadian, akhlak ataupun watak yang terpateri pada diri seseorang sebagai landasan dalam berfikir, bertindak dan bersikap.
Pembinaan PAUD (2012:4), karakter adalah tabiat atau kebiasaan untuk melakukan hal yang baik. Dari pengertian – pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa karakter adalah kepribadian, akhlak ataupun watak yang terpateri pada diri seseorang sebagai landasan dalam berfikir, bertindak dan bersikap.
Nilai-nilai karakter adalah
sikap dan perilaku yang didasarkan pada
norma dan nilai yang berlaku di masyarakat,
yang mencakup aspek spiritual, aspek
personal/kepribadian, aspek sosial, dan aspek lingkungan (Direktorat Pembinaan
PAUD, 2012:4).
18 nilai karakter beserta indikator pada
tingkat satuan Sekolah Menengah Pertama yang dijelaskan oleh Pusat Kurikulum
(2010 : 37), yaitu :
1) Religius
Sikap
dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,
toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk
agama lain.
Indikator
:
a)
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui kemampuan manusia dalam melakukan
sinkronisasi antara aspek fisik dengan aspek kejiwaan
b)
Mengagumi kebesaran Tuhan karena kemampuan dirinya untuk hidup sebagai anggota
masyarakatMengagumi kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai alam
semesta.
c)
Mengagumi kebesaran Tuhan karena adanya agama yang menjadi sumber keteraturan
hidup masyarakat.
d)
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui berbagai pokok bahasan dalam berbagai mata
pelajaran.
2) Jujur
Perilaku
yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
Indikator
:
a)
Tidak mencontek ataupun menjadi plagiat dalam mengerjakan setiap tugas.
b)
Mengemukakan pendapat tanpa ragu tentang suatu pokok diskusi.
c)
Mengemukakan rasa senang atau tidak senang terhadap pelajaran.
d)
Menyatakan sikap terhadap suatu materi diskusi kelas.
e)
Membayar barang yang dibeli di toko sekolah dengan jujur.
f)
Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan di tempat umum.
3) Toleransi
Sikap
dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat,
sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
Indikator
:
a)
Tidak menggangu teman yang berbeda pendapat.
b)
Menghormati teman yang berbeda adat istiadatnya.
c)
Bersahabat dengan teman dari kelas lain.
4) Disiplin
Tindakan
yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan.
Indikator
:
a)
Selalu tertib dalam melaksanakan tugas-tugas kebersihan sekolah.
b)
Tertib dalam berbahasa lisan dan tulis.
c)
Patuh dalam menjalankan ketetapan-ketetapan organisasi peserta didik.
d)
Menaati aturan berbicara yang ditentukan dalam sebuah diskusi kelas.
e)
Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis.
5) Kerja keras
Perilaku
yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
Indikator
:
a)
Mengerjakan semua tugas kelas selesai dengan baik pada waktu yang telah
ditetapkan.
b)
Tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar.
c)
Selalu fokus pada pelajaran.
6) Kreatif
Berpikir
dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari
sesuatu yang telah dimiliki.
Indikator
:
a)
Mengajukan pendapat yang berkenaan dengan suatu pokok bahasan.
b)
Bertanya mengenai penerapan suatu hukum/teori/prinsip dari materi lain ke
materi yang sedang dipelajari.
7) Mandiri
Sikap
dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas.
Indikator
:
a)
Melakukan sendiri tugas kelas yang menjadi tanggung jawabnya.
b)
Mencari sendiri di kamus terjemahan kata bahasa asing untuk bahasa Indonesia
atau sebaliknya.
8) Demokratis
Cara
berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban
dirinya dan orang lain.
Indikator
:
a)
Memilih ketua kelompok berdasarkan suara terbanyak.
b)
Memberikan suara dalam pemilihan di kelas dan sekolah.
c)
Mengemukakan pikiran tentang teman-teman sekelas.
d)
Ikut membantu melaksanakan program ketua kelas.
9) Rasa Ingin Tahu
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
Indikator
:
a)
Bertanya kepada guru dan teman tentang materi pelajaran.
b)
Bertanya kepada sesuatu tentang gejala alam yang baru terjadi.
c)
Bertanya kepada guru tentang sesuatu yang didengar dari ibu, bapak, teman,
radio, atau televisi.
10)
Semangat Kebangsaan
Cara
berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan
negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
Indikator
:
a)
Turut serta dalam upacara peringatan hari pahlawan dan proklamasi kemerdekaan.
b)
Mengemukakan pikiran dan sikap mengenai ancaman dari negara lain terhadap
bangsa dan negara Indonesia.
c)
Mengemukakan sikap dan tindakan yang akan dilakukan mengenai hubungan antara
bangsa Indonesia dengan negara bekas penjajah Indonesia.
11) Cinta
Tanah Air
Cara
berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan
penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial,
budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
Indikator
:
a)
Menyenangi keunggulan geografis dan kesuburan tanah wilayah Indonesia.
b)
Menyenangi keragaman budaya dan seni di Indonesia.
c)
Menyenangi keberagaman suku bangsa dan bahasa daerah yang dimiliki Indonesia.
d)
Mengagumi keberagaman hasil-hasil pertanian, perikanan, flora, dan fauna
Indonesia.
e)
Mengagumi dan menyenangi produk, industri, dan teknologi yang dihasilkan bangsa
Indonesia
12)
Menghargai Prestasi
Sikap
dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna
bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
Indikator
:
a)
Mengerjakan tugas dari guru dengan sebaik-baiknya.
b)
Berlatih keras untuk berprestasi dalam olah raga dan kesenian.
c)
Hormat kepada sesuatu yang sudah dilakukan guru, kepala sekolah, dan personalia
sekolah lain.
d)
Menceritakan prestasi yang dicapai orang tua.
e)
Menghargai hasil kerja pemimpin di masyarakat sekitarnya.
f)
Menghargai tradisi dan hasil karya masyarakat di sekitarnya.
13)
Bersahabat/Komunikatif
Tindakan
yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan
orang lain.
Indikator
:
a)
Bekerja sama dalam kelompok di kelas.
b)
Berbicara dengan teman sekelas.
c)
Bergaul dengan teman sekelas ketika istirahat.
d)
Bergaul dengan teman lain kelas.
e)
Berbicara dengan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lainnya.
14) Cinta
Damai
Sikap,
perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas
kehadiran dirinya.
Indikator
:
a)
Melindungi teman dari ancaman fisik.
b)
Berupaya mempererat pertemanan.
c)
Ikut berpartisipasi dalam sistem keamanan sekolah.
15) Gemar
Membaca
Kebiasaan
menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi
dirinya.
Indikator
:
a)
Membaca buku atau tulisan keilmuan, sastra, seni, budaya, teknologi, dan
humaniora.
b)
Membaca koran/majalah dinding.
16) Peduli
Lingkungan
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di
sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang
sudah terjadi.
Indikator
:
a)
Ikut dalam berbagai kegiatan sosial.
b)
Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa atau tidak punya.
17) Peduli
Sosial
Sikap
dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat
yang membutuhkan.
Indikator
:
a)
Mengikuti berbagai kegiatan berkenaan dengan kebersihan, keindahan, dan
pemeliharaan lingkungan.
18) Tanggung Jawab
Sikap
dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang
seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,
sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar