Anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan cita -citabangsa. Anak mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kehidupanbangsa dan pembangunan di masa yang akan datang. Oleh karena itu masyarakatsangat mendambakan sosok anak yang sehat jasmani maupun rohani. Hal inisejalan dengan visi dan misi pendidikan nasional dalam Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasionalpada Bab II Pasal 3 yang menyebutkan bahwa, pendidikan nasional berfungsimengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban pesertadidik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YangMaha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadiwarga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Tujuan tersebut dapatdiwujudkan secara efektif dengan melibatkan berbagai pihak secara aktif dalammengoptimalkan segala aspek perkembangan anak.
Anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat perlu bagi para
orang tua dan para pendidik untuk mengetahui dan memahaminya. Teori-teori
perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan,
periodisasi-periodisasi perkembangan manusia sangat perlu untuk dikaji lebih
dalam. Selain itu, perkembangan kognitif pada manusia pun menjadi kajian yang
menarik untuk dibahas lebih lanjut.
Dengan mengetahui dan memahami semua tentang Teori Perkembangan Manusia
akan menjadikan kita lebih arif dalam menyikapi, menghadapi dan menyelesaikan
permasalah-permasalan yang muncul dalam perkembangan manusia, dapat lebih
mengoptimalkan potensi yang ada dan menjadikan kita lebih paham dalam mendidik
anak sesuai dengan perkembangannya dan dapat membelajarkan anak sesuai
potensinya. Hal ini sangat bermanfaat pada penggunaan dan pemilihan strategi
pembelajaran serta tahapan pembelajaran sehingga dapat mengimplemantasikan
strategi pembelajaran yang sesuai dan terlaksana dengan tepat.
Oleh karena itu, kami tertarik untuk menyajikan secara komprehensif
materi tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia, dan berbagai teori yang
menyertainya serta strategi-strategi pembelajaran yang bisa diimplemantasikan
guru di kelas, yang telah dipaparkan pada buku Paradigma Baru Pembelajaran yang
ditulis oleh Prof. Dr.H. Yatim Riyanto, M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar