Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

18 November 2016

Skenario Pembelajaran IPS Kelas VII Wisata Kota Surabaya: Gita Zaky, Ana Lalo, Ridwan, Ani, Sidiq, Aher, Rahmad, dan Fandi


lihat videonya klik https://www.youtube.com/upload

A
Kegiatan Awal
Waktu
(Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.    Salam pembuka
2.    Doa
3.    Mengecek Kehadiran dan cek kebersihan Kelas
4.    Memberikan pertanyaan :
-          Pernahkah kalian ke tempat-tempat wisata Kota Surabaya ?
-          Jika pernah, apa yang menarik pada destinasi wisata di Kota Surabaya?
5.    Menyampaiakan Tujuan pembelajaran
6.    Guru membagi siswa dalam 4 kelompok heterogen  (masing-masing aggota kelompok di berikan 1 lembar kartas post-it sebagai indetitas terdiri dari 3 warna, yaitu; merah, kuning, dan hijau)
1.    Menjawab salam
2.    Doa
3.    Menjawab

4.    Menjawab pertanyaan guru secara lisan

5.    Menyimak tujuan pembelajaran

6.    Siswa membentuk kelompok dan memilih ketua kelompok

7.    Menempelkan kertas post-it warna pilihanya di kantong baju atau jilbab 1 lembar kartas post-it sebagai indetitas terdiri dari 3 warna, yaitu; merah, kuning, dan hijau)
1
3
2

2


2


2


3
B
Kegiatan Inti
Waktu
(Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.    Mengambarkan  keadaan alam dan aktifitas penduduk di Indonesia pada umumnya dan di Kota Surabaya pada khususnya, (menggunakan Slaid, Video dan gambar)

2.    Membagikan gambar destinasi wisata Kota Surabaya dan menugaskan siswa memilah antara wisata alam, wisata budaya dan wisata religi

3.    Memberi tugas siswa untuk mencari dan mengumpulkan informasi tentang objek wisata Kota Surabaya, potensi pengunjung, kelebihan dan  kekurangan serta manjemen pengelolaannya wisata alam, budaya dan religi

4.    Menugaskan siswa dalam kelompok mengumpulkan informasin dan mendiskusikan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber

5.    Menugaskan siswa untuk mengkreasi upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan wisata lebih maju dengan pertimbangan potensi alam, budaya lokal dan religi yang dapat dikembangkan untuk diperkenal-kan kepada wisatawan.

6.    Menugaskan siswa "karya kunjung" 2 orang perwakilan kelompok mempresentasikan karya kelompok mereka pada kelompok lain

7.    Menugaskan siswa secara individu untuk membuat laporan  tentang potensi wisata Kota Surabaya, cara pengelolaan  dan pengembangan yang lebih baik.
1.    Siswa menyimak dan menulis catatan penting dari tayangan Slaid, Video dan gambar

2.    Siwa memilih dan memilah antara wisata alam, wisata budaya dan wisata religi

3.    Siswa mencari informasi berupa gambar dan artikel tentang potensi wisata alam, budaya dan masyarakat Kota Surabaya melalui:
1.    Perpustakaan/media cetak (tim merah)
2.    Internet (tim kuning)
3.    Narasumber (tim hijau)
Menumpulkan informasi dalam kelompok dari masing sumber yang diperoleh oleh setiap teman yang bertugas di kelompok masing-masing

4.    Siswa bergabung dalam kelompok untuk mengklasifikasikan dan mendiskusikan potensi wisata alam, budaya, dan religi Kota Surabaya dan menulisnya pada kertas meta plan

5.    Siswa dalam kelompok mendapat tugas untuk membuat leaflet semenarik mungkin tentang potensi wisata alam, budaya dan riligi dengan tema : Visit Surabaya 2016

6.    Siswa perwakilan kelompok memabawa karya mereka dan mempresentasikannnya. Siswa yang menyimak memberikan masukan dan saran

7.    Setiap siswa masing-masing  membuat laporan  tentang potensi wisata Kota Surabaya, cara pengelolaan  dan pengembangan yang lebih baik.
7



7



20













10






13





10





10



C
Kegiatan Penutup
Waktu
(Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.    Mempersilakan 2 orang siswa membaca karya tulis tugas individu

2.    Menugaskan siswa untuk mengunggah hasil karya mereka di media sosial.

3.    Refleksi à guru membagikan kertas dan menugaskan siswa untuk menilai dan menulis kekurangan, kesan dan pesan dari model pembelajaran yang telah berlangsung 
4.    Menutup pembelaran dengan salam
1.      2 orang siswa membaca karya tulis tugas individu

2.    Mengupload tugas pada media sosial.

3.    Siswa menilai dan menulis kekurangan, kesan dan pesan dari model pembelajaran yang telah berlangsung

4.    Siswa menjawab salam
7


2



5

                                                                                                                                                        

1 komentar:

  1. Indah
    Langkah scientific
    Menggiring siswa kreatif
    Menggali info dari berbagai sumber

    BalasHapus