A
|
Kegiatan Awal
|
Waktu
(Menit)
|
||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
|||
1. Salam pembuka
2. Doa
3. Mengecek Kehadiran dan cek
kebersihan Kelas
4. Memberikan pertanyaan :
-
Pernahkah kalian ke tempat-tempat wisata Kota Surabaya ?
-
Jika pernah, apa yang menarik pada destinasi wisata di Kota Surabaya?
5.
Menyampaiakan Tujuan
pembelajaran
6.
Guru
membagi siswa dalam 4 kelompok heterogen
(masing-masing aggota kelompok di berikan 1 lembar kartas post-it
sebagai indetitas terdiri dari 3 warna, yaitu; merah, kuning, dan hijau)
|
1.
Menjawab salam
2.
Doa
3.
Menjawab
4.
Menjawab pertanyaan guru secara lisan
5.
Menyimak tujuan pembelajaran
6.
Siswa
membentuk kelompok dan memilih ketua kelompok
7.
Menempelkan
kertas post-it warna pilihanya di kantong baju atau jilbab 1 lembar kartas
post-it sebagai indetitas terdiri dari 3 warna, yaitu; merah, kuning, dan
hijau)
|
1
3
2
2
2
2
3
|
||
B
|
Kegiatan Inti
|
Waktu
(Menit)
|
||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
|||
1.
Mengambarkan keadaan alam dan
aktifitas penduduk di Indonesia pada umumnya dan di Kota Surabaya pada khususnya, (menggunakan Slaid, Video dan
gambar)
2.
Membagikan
gambar destinasi wisata Kota Surabaya dan menugaskan siswa memilah antara wisata alam, wisata budaya dan
wisata religi
3.
Memberi tugas siswa untuk
mencari dan mengumpulkan informasi tentang objek wisata Kota Surabaya, potensi pengunjung, kelebihan dan kekurangan serta manjemen pengelolaannya wisata alam, budaya dan religi
4.
Menugaskan
siswa dalam kelompok mengumpulkan informasin dan mendiskusikan informasi yang
diperoleh dari berbagai sumber
5.
Menugaskan
siswa untuk mengkreasi upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan wisata
lebih maju dengan pertimbangan potensi alam, budaya lokal dan religi yang
dapat dikembangkan untuk diperkenal-kan kepada wisatawan.
6.
Menugaskan
siswa "karya kunjung" 2 orang perwakilan kelompok mempresentasikan
karya kelompok mereka pada kelompok lain
7. Menugaskan siswa secara
individu untuk membuat laporan tentang
potensi wisata Kota Surabaya, cara pengelolaan dan pengembangan yang lebih baik.
|
1.
Siswa
menyimak dan menulis catatan penting dari tayangan Slaid, Video
dan gambar
2.
Siwa
memilih dan memilah antara wisata alam, wisata budaya dan wisata religi
3.
Siswa mencari informasi berupa gambar dan artikel tentang potensi wisata alam,
budaya dan masyarakat Kota Surabaya melalui:
1.
Perpustakaan/media
cetak (tim merah)
2.
Internet
(tim kuning)
3.
Narasumber
(tim hijau)
Menumpulkan informasi dalam kelompok dari masing
sumber yang diperoleh oleh setiap teman yang bertugas di kelompok
masing-masing
4.
Siswa bergabung
dalam kelompok untuk mengklasifikasikan dan mendiskusikan potensi wisata alam,
budaya, dan religi Kota Surabaya dan menulisnya pada kertas meta plan
5.
Siswa
dalam kelompok mendapat tugas untuk membuat leaflet semenarik mungkin tentang potensi
wisata alam, budaya dan riligi dengan tema : Visit Surabaya 2016
6. Siswa perwakilan kelompok memabawa karya mereka dan
mempresentasikannnya. Siswa yang menyimak memberikan masukan dan saran
7. Setiap siswa masing-masing membuat
laporan tentang potensi wisata Kota
Surabaya, cara pengelolaan dan
pengembangan yang lebih baik.
|
7
7
20
10
13
10
10
|
||
C
|
Kegiatan Penutup
|
Waktu
(Menit)
|
||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
|||
1.
Mempersilakan 2
orang siswa membaca karya tulis tugas individu
2.
Menugaskan
siswa untuk mengunggah hasil karya mereka di media sosial.
3.
Refleksi
à guru membagikan kertas dan menugaskan siswa untuk menilai dan menulis
kekurangan, kesan dan pesan dari model pembelajaran yang telah
berlangsung
4.
Menutup
pembelaran dengan salam
|
1.
2 orang
siswa membaca karya tulis tugas individu
2.
Mengupload tugas
pada media sosial.
3.
Siswa
menilai dan menulis kekurangan, kesan dan pesan dari model pembelajaran yang
telah berlangsung
4.
Siswa
menjawab salam
|
7
2
5
|
||
Belajar 2S = Santai tapi Serius + S2 = Sabar menuju Sukse
Guru Inovatif Siswa Kreatif
Total Tayangan Halaman
18 November 2016
Skenario Pembelajaran IPS Kelas VII Wisata Kota Surabaya: Gita Zaky, Ana Lalo, Ridwan, Ani, Sidiq, Aher, Rahmad, dan Fandi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Indah
BalasHapusLangkah scientific
Menggiring siswa kreatif
Menggali info dari berbagai sumber