Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

21 Desember 2015

Paradigma pendidikan Indonessia; Pergeseran Pemikiran Prof, Dr. Sunarto

Paradigma pendidikan Indonessia; Pergeseran Pemikiran
Prof, Dr. Sunarto
Paradigma dan perubahan pemikiran harusmempertimbangakan kondisi lingkungan baik dekatmaupun jauh.....
Pada tahun 85
IKIP banyak didisi oleh petani karena pemikirannya ingin merubah kehidupan karena sawah semakin sempit
Fakultas pertanian banyak dinisi oleh ank2 guru dengan alasan:
IPB banyak diminati karena:
-          Ingin memperbaki pertanian Indonesia
-          Adanya proyek perintis dua > jika nilai naik tanpa turun menjadi persyaratan boleh masuk; jadi masuk kuoiah  bukan ingin memperbaiki pertanian tapi kong kalikong > IPB melakukan blacklist banyak sekolahn yang nilai siswa nhya pinter namun mereka stidak bisa apa2
Alsan nilai tinggi yang penting telah melakukan remedi
2 tahun lalu di jawa timuur kedapata 70 kepala sekolah kompak membobolkan soal UAN... kemendikbud menyerahkan hukumannnya pada kepal dinas pendidikan provinsi.... karena telah diserahkan pad amakam nya maka hukumannya adalah hanya peringatan....
Sekarng iptektelah sngat mempengaruhi pemikiran kalau tidak iptek sudah ketinggalan
Qur’an masuk hape
Pertemuan kiyai sudang menggunakan jas namun ada seorang yang tidak menggunakan dengan alasan pakayan jas adalah pakayan bupati.... yang satu ini adalamn apakaian asli kiyai....
Ada mesjid di halmahera larang pakai sarung.... namun gusdur menggunakan sarung maka pemikirannya dapat saja kita gunakan karena gusdur aja peke sarung... itu pandanga.... meniru adalh penadangan...

Pemikiran pendidikan adalahh untuk anak....
Multiculture... culture bukan hanya masalah etnis... tapi ia mempengaruhi berbagai lini....
Orang makan bakso kelilingb ngak pernah cuci pring karena emang yang jalan yang nyuci...
Oranga madura sukanya membanggakan diri .... saya dah haji 7 kali... jadi panggilnya pak h h h h h berarti bohong....

Pemikiran Masyarakat tanpa sekolah: sekolah itu adalah mebelenggu bakat dan minat orang... biar masyarakat yang membersarkan.... home school, di indonesia tidak berkembang banyak karena mereka hanya belajar apa yang diminati... bagus mura.... murah di hitung dengan apa, bgus dinilai dengan gaya apa... dari segi norma apakah mereka bisa mengikuti tes masuk perguruan tinggi sesuai standar...
Di surabaya ada kelompok sekolah di rumah... banyak tapi mereka tidak melapor...
Iv. Illicch
Swasta lebih mudah melanggar
Deschooling society
Sekolah Formal

Sekolah
PTT
Swasta
Negeri
Lebih terkontrol dengan baik
 
Home schooling
 
 1 prodi harus ada 6 dosen
Indonesia Waet and see tunggu saja dan lihat nanti
 

Manusia seutuhnya adalah manusia sadar hukum...
Insan cerdas yang komprehensif > menampung semua bidang ilmu
Tapi kompetitif > mampu saing regional, nasional, asean asiapasifik, internasional > global

Imput
Proses
Produk
Berfikir Kritis
Out Put:
Nilai yang berkaitan dengan angka, istimewa, cumloutatau terhina

Out Come:
Bagaimana aplikasi ilmu di tenpat kerja
PPG > apakah bisa membuat guru profesional
Benefit:
Membuat produk lebih baik
Buku: Paradema baru pendidikan nasional >
Paradema baru pembelajaran : prof. Yatim diyanto > Martinus

1945-1950 > jaman refolusi negara sibuk dengan pengakuan dunia laian jadi pendidiikan hanya dipikiran dengan sederhana > segalanya serba per;u dtingkatkan > 1984 guru hanya pegang buku satu yang judul “kuncung” sipetani yang menjelaskan kehidupan di desa > pada kelas 5 buku berjudul “mata hari terbit” mengggambarkan kehidupan negara jepang > belajar berhitung selalu pakai gabar... konstitusi tidak mammpu mewujudkan perundangudangansementara keluar dekrit presiden membubarkan konstisuonal pakan UUD saja...
Kurikulum
66 p’Narto sudah jadi dosen > Studen center gak jalan > mhs tdk bisa bertanya >
80 studi ke Amerika tugas baca 100-150 halamn bacaan per minggu/ dosen
1965 >
Tujuan 4 : 1. Iman dan taqwa > 2. Aklak mulia > 3. Intelektual dan kompetensi > 4. sehat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar