Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

13 Desember 2015

Materi dalam Slaid Motede penelitian kualitatif Tugas Kuliah

A.    Pendahuluan
Metode kualitatif sering digunakan dalam antropologi, karena disiplin ilmu ini cenderung penelitiannya untuk mendeskripsikan, menginterpretasikan, dan mengklasifikasikan masyarakat yang masih tradisonal. Sedangkan penelitian kuantitatif sering digunakan oleh disiplin ilmu sosiologi, karena disiplin ilmu ini cenderung melakukan penelitian terhadap masyarakat modern yang kompleks.
            Pada dasarnya penelitian kualitatif dan kuantitatif  memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing dalam memecahkan masalah dan pengembangan teori. Jenis penelitian apa yang harus digunakan, selalu didasarkan pada masalah yang diteliti, bukan ditetapkan jenis penelitiannya dulu baru ditetapkan masalahnya. penelitian itu dilakukan karena ada masalah. Alasan pemilihan suatu metode, tentunya didasarkan pada kesesuaiannya dengan masalah penelitian,.
            Makalah ini kami lebih mengkhususkan pembahasan metode penelitian kualitatif saja untuk mengupas lebih lanjut sebagai tugas matakuliah Pascasarjana UNESA Metodelogi Penelitian yang diasuh oleh Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. Adapun pokok pembahasannya berkaiatan  dengan pengertian penelitian kualitatif, karakteristik dan contoh rumusan masalah

B. Pengertian Penelitian Kualitatif
Menurut Sugino, 2005
Peneitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dimana peneliti merupakan instrumen kunci

Menurut Sukmadinata (2005,)
Dasar penelitian kalitatif adalah konstruktivisme yang berasumsi bahwa kenyataan itu berdimensi jamak, interaktif dan suatu pertukaran pengalaman sosial yang diinterpretasikan oleh setiap individu.

Menurut creswell, 2007
metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan

Menurut Danim, 2002
Penelitian kualitatif percaya bahwa kebenaran adalah dinamis dan dapat ditemukan hanya melalui penelaahan terhadap orang-orang melalui interaksinya dengan situasi sosial mereka.


B. Pengertian Penelitian Kualitatif
            Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa:
Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu secara holistik
Penelitian kualitatif mengkaji perspektif partisipan dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut pandang partisipan
B.     Karakteristik Penelitian Kualitatif
1. Menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data
            Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam suatu situasi sosial merupakan kajian utama penelitian kualitatif.
            2. Memiliki sifat deskriptif analitik
Data yang diperoleh seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, analisis dokumen, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, tidak dituangkan dalam bentuk dan angka-angka.
            3. Tekanan pada proses bukan hasil
Data dan informasi yang diperlukan berkenaan dengan pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana untuk mengungkap proses bukan hasil suatu kegiatan.
            4.   Analisis data Bersifat Induktif
Penelitian kualitatif tidak dimulai dari deduksi teori, tetapi dimulai dari lapangan yakni fakta empiris. Prosesnya induktif yaitu dari data yang terpisah namun saling berkaitan.
            5.   Mengutamakan pada makna
Makna yang diungkap berkisar pada persepsi orang mengenai suatu peristiwa.

Dasar Teori Penelitian Kualitatif
1. Pendekatan Fenomenologis
             FMemahami arti peristiwa dan kaitannya terhadap orang dalam situasi tertentu
2.  Interaksi simbolik
FPengalaman manusia ditengahi oleh penafsiran
3, Kebudayaan etnografis
FAspek-aspek kebudayaan
 4. Etnometodologi
FStudi tentang cara individu menciptakan dan memahami kehidupannya sehari-hari)

Tujuan dan Pertanyaan Penelitian Kualitatif
Secara umum penelitian kualitatif mempunyai tujuan:
1. Menggambarkan dan mengungkapkan
                                                (to discribe  and explore)
2. Menggambarkan dan menjelaskan
                                                (to describe and explain)
3. Menguji atau memahami
                                    (to examine or to understand)
4. Menemukan atau mengembangkan
                                    (to discover or to generate)
Ciri Penanda Penelitian Kualitatif
            Kebanyakan pertanyaan penelitian kualitatif  berfokus pada:
G  Topik yang bersifat analitis, mengajukan pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa”
A Topik fenomena lebih terurai dengan pertanyaan: “siapa”, “apa”. “di mana”, dan “kapan”
  Penelitian kualitatif difokuskan pada meneliti, individu, kelompok, proses, organisasi, atau sistem.

Perumusan Masalah Penelitian Kualitatif
1. Model perumusan masalah
  berupa pertanyaan: bagaimana, mengapa, apakah, sejauh mana
2. Prinsip-prinsip perumusan masalah:
Berkaitan dengan teori dari-dasar (grounded), berkaitan dengan maksud perumusan masalah, berprinsip hubungan faktor, fokus untuk membatasi studi, berkaitan dengan kriteria inklusi-eksklusi, berkaitan dengan bentuk dan cara perumusan masalah, berkaitan dengan hasil kajian pustaka, berkaitan dengan penggunaan bahasa dan berkaitan dengan latar belakang masalah
Objek Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif cocok digunakan untuk meneliti hal-hal sebagai berikut:
1. Bila masalah penelitian belum jelas
2. Bila ingin memahami makna di balik data yang tampak
3. Untuk memahami interaksi sosial
4. Memahami perasaan orang
5. Untuk mengembangkan teori
6. Untuk memastikan kebenaran data
7. Menilai sejarah perkembangan
A.    Contoh Rumusan Masalah Penenlitian Kualitatif
1.      Judul: Penyebab Kepercayaan Diri  Rendah Siswa Low Vision dalam KBM di Sekolah Reguler
2.      Fenomena: Kepercayaan diri siswa low vision dalam KBM
3.      Fokus (batasan masalah)
1)      Penerimaan guru dan siswa lain
2)       Dampak penerimaan guru dan siswa thd kepercayaan diri siwa low vision
3)      Faktor penyebab rendahnya kepercayaan diri siswa low vision
4. Rumusan Masalah
1)      Bagaimana penerimaan guru dan siswa lain terhdap siswa low vision?
2)      Bagaimana dampak penerimaan guru dan siswa terhadap kepercayaan diri siswa low vision?
3)      Apakah penyebab kepercayaan diri siswa low vision menjadi rendah dalam KBM?
5.      Daftar Pertanyaan (pedoman wawancara)
Pertanyaan penelitian 
1)      Apakah yang secara khusus ingin Anda pahami dengan penelitian ini? 
2)      Apakah yang tidak Anda ketahui tentang penelitian yang Anda ingin pelajari?
3)      Pertanyaan-pertanyaan apa saja yang ingin Anda jawab? 
4)      Bagaimana pertanyaan-pertanyaan tersebut saling terkait?
6.      Tujuan
1)      Apakah tujuan utama penelitian ini?
2)       Isu apa yang akan diterangkan (dijelaskan), praktek apa yang akan dipengaruhi? 
3)      Mengapa Anda ingin melakukan itu?
4)      Mengapa Anda peduli dengan hal itu? 
5) Mengapa penelitian ini berharga?















Tidak ada komentar:

Posting Komentar