Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

08 Desember 2015

Latarbelakang dan Rumusan Masalah CTL dam PBM IPS Kls X

Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS Kelas X Pada Pokok Bahasan Nilai dan Norma Sosial Di SMP Negeri 1

      A.      Latar Belakang Masalah
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (Sanjaya, 2006:2). Berdasarkan pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan merupakan proses dalam membangun manusia untuk mengembangkan dirinya agar dapat menghadapi segala permasalahan yang timbul pada diri manusia itu sendiri.
Dalam suatu pendidikan tentu tidak terlepas dengan pembelajaran di sekolah yang menginginkan pembelajaran yang bisa menumbuhkan semangat siswa untuk belajar. Suatu pembelajaran tentunya juga mempunyai tujuan khusus yang hendak dicapai sesuai dengan target yang diinginkan. Dengan adanya tujuan ini akan menumbuhkan sikap yang akan menjadi pegangan guru dalam proses pembelajaran tersebut.
Proses belajar mengajar merupakan bagian terpenting dalam pendidikan, yang di dalamnya terdapat guru sebagai pengajar dan siswa yang sedang belajar. Sudjana (2009:43) menyatakan bahwa pada dasarnya proses belajar mengajar merupakan suatu proses terjadinya interaksi guru dan siswa melalui kegiatan terpadu dari dua bentuk kegiatan, yakni belajar siswa dan kegiatan mengajar guru. Proses belajar mengajar terjadi apabila terdapat interaksi antara siswa dan lingkungan belajar yang diatur guru untuk mencapai tujuan pengajaran.
Guru memegang peranan sentral dalam proses belajar mengajar. Sebagai pendidik, dalam proses belajar mengajar guru dituntut untuk menguasai berbagai macam model pembelajaran. Dalam hal ini, guru harus bisa sejeli mungkin untuk menyesuaikan model pembelajaran dengan karakteristik materi pelajaran dan arah tujuan yang hendak dicapai dari pokok bahasan materi yang akan disampaikan. Sebab, penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai akan menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
SMP Negeri 1  sebagai sekolah yang menerapkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) mempunyai model pembelajaran yang berbeda dengan sekolah lain, di antaranya adalah model pembelajaran CTL. Secara umum pembelajaran IPS di SMP Negeri 1  masih monoton, di mana dalam kegiatan pembelajaran materi bersumber pada buku paket dan LKS (Lembar Kerja Siswa), menyebabkan minimnya informasi dan pengetahuan siswa akan materi dalam pembelajaran. Berdasarkan pengamatan pada tanggal 17 April 2010 pada mata pelajaran IPS, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran 65% menggunakan metode ceramah, 25% diskusi, dan 10% penugasan.
Dari prosentasi tersebut dapat dikatakan dalam proses belajar mengajar guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, dimana siswa cenderung pasif sehingga siswa terkesan hanya mendapatkan pengetahuan saja atau lebih bersifat kognitif. Pembelajaran terkesan hanya mengembangkan kemampuan siswa pada ranah kognitif saja, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik kurang begitu diperhatikan dalam proses belajar mengajar.
Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam kegiatan belajar siswa. Model pembelajaran juga harus disesuaikan dengan keadaan peserta didik supaya bisa mengembangkan kemampuannya secara optimal, karena pemilihan model pembelajaran yang tidak sesuai akan mengakibatkan proses belajar mengajar tidak optimal.
Dalam pembelajaran IPS yang menyangkut materi-materi yang terjadi di masyarakat tentu tidak hanya sekedar teori yang disampaikan saja melainkan mengaitkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa. Dengan melihat kenyataan fenomena sosial di sekitar masyarakat, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupannya sebagai angggota keluarga dan masyarakat.
Salah satu pendekatan atau model pembelajaran yang terkait dengan hal tersebut adalah model pembelajaran CTL. Menurut Nurhadi (dalam Muslich, 2009:41) mengemukakan pembelajaran CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dalam konteks CTL belajar bukan hanya sekedar mendengarkan dan mencatat, akan tetapi belajar merupakan suatu proses berpengalaman secara langsung.
Melalui proses berpengalaman itu diharapkan perkembangan siswa terjadi secara utuh, yang tidak hanya berkembang dalam aspek kognitif saja, tetapi juga aspek afektif dan juga psikomotorik. Dengan membuat hubungan antara pengetahuan yang telah dimiliki oleh siswa dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, maka siswa akan mudah memahami konsep belajar. Dengan model pembelajaran CTL, siswa akan bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa semata.
Pendekatan CTL merupakan strategi yang dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran berjalan lebih produktif dan bermakna. Dengan siswa diajak bekerja dan mengalami, siswa akan mudah memahami konsep suatu materi dan nantinya siswa diharapkan dapat menggunakan daya nalarnya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada.
Pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru merupakan suatu upaya yang harus diciptakan secara teratur untuk mewujudkan keberhasilan dari proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Keberhasilan model pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru dapat diketahui dengan adanya persepsi yang berasal dari siswa sebagai obyek dalam kegiatan belajar di kelas. Persepsi yang dimaksud adalah persepsi dari siswa itu sendiri baik itu persepsi yang bersifat positif maupun negatif.
Fokus dalam penelitian ini adalah penggunaan dan pengambangan model pembelajaran CTL yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPS, dan persepsi siswa mengenai model pembelajaran tersebut dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPS. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengambil penelitian ini dengan judul ”Model Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS Kelas X Pada Pokok Bahasan Nilai dan Norma Sosial di SMP Negeri

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, masalah yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.      Bagaimana model pembelajaran CTL digunakan oleh guru IPS di SMP Negeri 1 ?
2.      Bagaimana guru mengembangkan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPS yang dilakukannya?
3.       Bagaimana persepsi siswa kelas X terhadap pembelajaran guru IPS yang menggunakan model pembelajaran CTL di SMP Negeri 1 ?

C.    Daftar Bacaan

1.        Ali, Muhammad. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
2.        Al-Maidany, Ahmad. 2010. Ilmu, dakwah dan Tarbiyyah. (http://www.purebase.org/ halaqah (14/01/2011).
3.        Anonim. 2008. Panduan Bimbingan, Penyusunan, Pelaksanaan Ujian, dan Penilaian Skripsi Mahasiswa. Semarang. Fakultas Ilmu Sosial UNNES.
4.        Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
5.        Miles dan Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI PRESS.
6.        Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian.Bogor: Ghalia Indonesia.
7.        Moleong, J Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
8.        Mulyasa, Enco. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
9.        Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
10.    Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
11.    Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
12.    Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
13.    Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
14.    Sugiyanto. 2008. Modul PLPG (Model-Model Pembelajaran Inovatif). Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.
15.    Suharto. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Yang Efektif.

17.    Usman, Husaini & Akbar, Purnomo S. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar