Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

122383

21 April 2016

REVIEW BUKU KEPURBAKALAAN SUNAN GIRI Sosok Akulturasi Kebudayaan Indonesia Asli, Hindu Budh-Budha dan Islam Abad 15-16 Karya Tulis: Prof. Dr. H. Aminuddin Kasdi, MS oleh Ridwan, MA

PENDAHULUAN

Peninggalan kepurbakalaan dari jaman permulaan Islam yang terpenting ialah bangunan kumpleks-kompleks makam dari penyebar agama Islam, khususny di kompleks makam para wali, yang oleh masyarakat dianggap wali sanga. Antara  lain: kompleks  Sunan Ampel (Surabaya), Maulana Ibrahim (Gresik), Sunan  Bonang  (Tuban),  Sunan  Kudus  (Kudus), Gunung  Jati (Cirebon), dan Sunan Giri (Gresik). Komples   Sunan  Giri  sebagai  salah  satu  dari kompleks-kompleks am para wali di atas, meliputi  kompleks  makam dan bangunan  masjid.
Adanya kemungkinan   bahwa bangunan  makam  Sunan  Giri telah mengalami beberapa kali perubahan, terbukti pada profil bagian depan masjid uat angka tahun 1544 M dan 1857 M. diduga kronologi  itu merupakan pembinaan  kembali masjid di kompleks  Giri. Adapun  bangunan  tertua atau aslinya yang terdahulu mestinya  didirikan di sekitar pennulaan  jaman  Islam, tegasnya di sekitar pennulaan  abad XVI. Namun demikian, meskipun kompleks Sunan Giri merupakan  suatu kompleks  yang berasal dari jaman  Islam, serta untuk kepentingan  Islam, yaitu sebagai tempat pemakaman dan beribadah, yaitu bersembahyang-shalat,tetapi pengaruh unsur-unsur  kebudayaan dari jaman  prasejarah  maupun dari jaman Hindu-Budha  masihjelas tampak, baik ditinjau dari jiwa maupun seni bangunan atau arsitektumya.

Sumber-sumber   sejarah tertulis dari dalam  negeri,  misalnya  (1) Babad  Tanah Djawi,(2)  Babad  Gresik; (3) manuskrip-manuskrip     yang  memuat  ajaran  para wali  atau suluk  :      Suluk Wujil,  Suluk  Khalifah,   Suluk  Sukarsa,  Serat Idayat  Jati,dan  lain-lain.  (4) Sumber-sumber    asing  antara  lain;  berita  Arab,  Cina,  India,  dan berita- berita  Barat  seperti  Portugis,  dan Belanda.  (5) Sumber berupa  tradisi lisan mitos, dan legende, dan (6) surnber artefaktual  yaitu sumber berupa warisan visual  berupa bangunan kompleks makam dan masjid para wali, khususnya kompleks  makam dan masjid  Sunan Giri.
Ridwan mereview buku ini sebagai tugas kuliah di Pascasarjana UNESA Surabaya.Jawa  tidaklah dianggap   sebagai  suatu  faham  baru.  Dengan bentuk  yang bersifat  akomodatif agama Islam dengan mudah  menggantikan kedudukan agama  Hindu dan agama Budha di Jawa. Dengan memahami secara  konprehensif  alam fikiran dan perkembangan kebudayaan dari jaman   sebelum  Islam,   baik  dari  masa prasejarah maupun  dari jaman  Hindu dan permulaan  Islam di atas dapatlah sedikit  diungkapkan arti dan  makna  simbolis  serta  apa  sebabnya unsur- unsur budaya  dari masa presejarah  dan unsur-unsur dari Hindu  tetap terus dipertahankan  pada kompleks-kompleks makam Islam.
Perkembangan Islam di


PEMBAHASAN

Agama Islam Masuk Ke Jawa.
Sejak abad-abad pertama Masehi di Indonesia telah muncul lalu lintas tertentu yang menghubungkan   antara pulau yang satu dengan pulau lainnya nluupun yang  menghubungkan    Indonesia dengan  dunia  luar.  Dalam  lalu lintas  ini pelayaran memegang peranan penting  untuk menghubungkan lndonesia bagian Timur dan Indonesia bagian Barat, atau menghubungkan Indonesia dengan negara-negara  lain. Karena lalu lintas tersebut digunakan
bagai  sarana  perdagangan,   kemudian juga  lazim  disebut  sebagai  jalan perdagangan.'   Jalan  itu dari pantai  utara  Sumatera  Utara  menyusur pantai umamya terns ke selatan,  ke laut Jawa.  Setelah  melewati Makasar rote itu ada  yang menuju  ke utara  (Selat  Makasar) ada pula  yang  terus  ke arah Maluku. Dari pantai Sumatera  Utara jalur pelayaran yang ke barat Benggala,  Di bagian Pantai Timur  Sumatera jalur  itu bercabang dua  menuju ke Cina. Jalur dagang tersebut dalam sejarah terkenal dengan "jalur sutera"  atau silks road.
Selat yang memegangperanan  pentingpadajalan ini ialah Selat Malaka dan Selat Sunda di selatan. Di sepanjang jalan  perdagangan  ini tumbuhlah pusat perdagangan  dan kerajaan-kerajaan  penting di Indonesia Samodra Pasai (abad  13), Gresik  dan Malaka  (abad  15 M), Surabaya  dan Jepara  (abad  15 M). Kunci   Indonesia  di sebelah  timur  terletak .pada Makasar,  Temate, dan Ambon. Jalan inidimulai  dari Indonesia Baratkareua di Indonesia Barat terdapat negara-negara  yang berpenduduk  padat,  memanjang kemudian  kembali  lagi  ke barat. Selain dipergunakan  sebagai   jalan perdagangan jalan ini dipergunakan  pula sebagai:

a. Lalo  lintas orang
Hilir mudiknya  orang antar pulau di Indonesia melewati jalan  ini,Terutarna bagi  pedagang, baik  pedagang bangsa   Indonesia maupun pedagang bangsa  asing  misalnya:  bangsa  India, Cina, Arab, Portugis, Belanda dan Inggris.

b.  Lalo Hntas barang
Dari arah barat ke timur meluncudah barang-barang   yang dibawa  oleh pedagang misalnya kain dari India, beras dari Jawa dan lain-lain dibaw ke Maluku. Dari timur ke barat  diangkut rempah-rempah    dari Maluku., lada dari Sumatera,  kapur barns dari Sumatera Utara. Barang- barang yang masuk dari luar Indonesia barang pecah belah,  sutera dari Tiongkok,  dan tenon dari India.

c,   Lain lint.as  kebudayaan dan agama
Penyebaran kebudayaan   dan agama juga  melalui jalan  ini, baik agama Hindu,   Budha,   Islam  maupun agama. Nasrani  di  sekitar  jalan   ini tumbuhlah  kerajaan-kerajaan   yang akhimya berkembang  menjadi pusat perdagangan dan  agama  misalnya  Sriwijaya  pada abad  15 M muncullah  kerajaan-kerejaan Islam  dan pelabuban  pusat  perdagangan seperti Pasai,  Aceh,  Banten, Demak, Gresik, Makasar,  dan Temate, yang sekaligus juga merupakan pusar-pusat  penyiaran Islam.
Kerajaan  Islam yang pertama kali muncul di Indonesia ialah Samodra Pasai yang mulai berkembang  pada abad  13 M. Dari  pemberitaan Marco  Polo  dapat  diketahui  keadaaan  Kerajaan Samodra  Pasai. Marco Polo pada waktu  itu menjadi utusan Kaisar Kubilai Khan. Tatkala  dalam  perjalanannya  ke Persia ia terpaksa singgah ke Perlak selama limabulan. Mengenai   dari  manakah   agama  Islam  itu masuk ke  Indonesia  di kalangan para ahli ada beberapa  pendapat  sebagai berikut.

a.  Islam  masuk  ke Indonesia  langsung berasal  dari Mekah
Alasan Islam berasal dari Mekah sebagai berikut.
Di dalam Sejarah Melayu disebutk.an bahwa Syarif Mekah  mengutus Syekh  Ismail  untuk: mengislamkan   Samodra,  dengan  lebih dahulu singgah di  Malabar untuk  mengajak.  Sultan  Muhammad  (Fakir Muhammad)   ikut serta. Riwayat itu oleh Hamk:a dianggap  sebagai proses  simbolik  dari  islamisasi  Samodra Pasai.
Asalnya keaktifan  bangsa Indonesia berlayar ke Mekah.  Inilah sebab- sebabnya  raja-raja  Pasai  tidak. bergelar  Syah tetapi  bergelar Malik seperti Al Malik.us Saleh.Berdasarkan  a1asan itu didugabahwa bangsa Indonesia  telah mengadakan  hubungan  dengan Damaskus  pada abad 13 M. Perkiraan  iniberdasarkan  alasan bahwa rajaDamaskus   bergelar Al Malikus  Saleh Ismail (1237-1238)  clan Al Malikus  Najamuddin Ayyub, tokoh  yang berbasil  menga-lahkan   tentara  Tar-Tar  di Irak, Selanjutnya  Malik Najamuddin  Ayub merebutDamaskus, Palestina, clan Baitul Makdis dari tangan tentara Salib, Al Malikus  Najamuddin kemudian  mewarisk.an  Mesir  kepada  raja-raja  Mamluk pada  1240 M. Gelar  Al  Malikul  Zahir bagi  pengganti   Al  Malik  (as Saleh) kemudian juga   menjadi  gelar   Sultan  Baybars  dari  Mesir  yang memerintah   di Mesir dari  1260 sampai  1277 M.
Adanya  guru   besar   agama  Islam   yang  berasal  dari   (bangsa) Indonesia  di Arabia, atau sebaliknya  ulama-ulama  besar dari Arabia yang  langsung  menyebarkan agama Islam di Indonesia.   Misalnya Nuruddin  Muhammad   Jaelani  bin Hasanji bin Muhammad Hamid al-Raniri  al Kuraisi."
Umat Islam yang pertama kali masuk ke Indonesia  adalah penganut mazhab   Safii, karena  mazhab  Sa:fiimerupakan  mazhab yang paling berpengaruh   di Mekah, Siria, dan Mesir,  Raja-raja Samodra  Pasai tidak bergelar Syah tetapi bergelar Malik karenaberhubungan dengan mazhab  Safii juga,  Sultan  Salahuddin  Al Ayyubi  bergelar Malikul Mashir dan keturunannya  bermazhab  Safii juga, Negeri Mesir ketika itu secara resmi bermazhab  Safiijuga,  Negara-negara  yang menganut mazhab  Safii  selain  Mesir   antara  lain  Yaman, Hijaz, Malabar- Koromandel dan Indonesia."
Adan ya gelaran "Serambi Mekah"  unmk Aceh dari Syekh Nuruddin ternpat-tempat tersebut.  Sesudah orang-orang memeluk Islam, agama  baru iitu juga disiarkan  kepada bangsa  lndonesra; Meskipun sangat    mungkin   ada  bangsa-bangsa   lain   yang   biJlidugnng    di Indonesia   dan  bertempat   tinggal   di  Indonesia   namun   bclum membuktikan  pengaruhnya  yang  berarti  terhadap  perkembangan Islam. Dengan  perantaraan  orang India-Gujaratdan  Malabar, Islam dengan  mudah  tersiar  dan diterima  oleh bangsa  Indonesia,  karena bangsa  Indonesia telah  mempelajari  agama Hindu dari orang India. Dengan  demikian  penduduk Jawa dan Sumatera  tidak begitu  sukar menye-suaikan   diri dengan kehidupan  orang Hindu yang beragama lslam.
b. Islam  yang  masuk  ke Indonesia berasal   dari  Arab  lewat  Parsi  dan Gujarat
Teori ini dikemukakan  oleh  Abu Bakar (Atjeh). Pada dasamya  H. Abu Bakar dapat menerima alasan-alasan Hurgronye mengenai pembawa clan dari mana  asalnya  Agama  Islam yang  datang  ke Indonesia,  tetapi menurut H.  Abu Bakar  di samping  saudagar  Gujarat  clan Persia  maka bangsa   Arab  juga  mengambil   peranan  penting  dan sebagai  mubalig sengaja  datang  ke Indonesia  untuk menyiarkan  agama  Islam.  Mereka inilah  yang  pertama  di Indonesia  (Samodra  Pasai - Aceh).  
Para penyiar  Islam  yang berasal  dari Arabia  Selatan  menganut  faham syiah Zaidiyah. Tanah asal  saudagar  Gujarat, mendapat  pengarub  Syiah sangat kuat dari Iran.. Adanya kebiasaan-kebiasaan    Syiah  di beberapa ternpat  di Indonesia khususnya  di Aceh, yaitu :  adanya upacara pembuangan  tabut Hasan Husein, peringatan terhadap  tanggal 10 Muharram sebagai belasungkawa  terhadap kematian Husein, adanya sematan bubur suro yang sampai sekarang masih ada dan adanya penghormatan  terhadap hari Rebo dalam bulan   Shafar. H. Abu  Bakar  berpendapat  bahwa  agama  Islam  masuk  pertama kali  di Aceh  dan tidak  mungkin  di tempat  lain  pada  abad  l Hijriyah. Pendapat  Drs. MD.  Mansoer  pada dasamya  sama  dengan  pendapat  H. Abu Bakar Aceh.

c. Ajaran   Islam   murni   dari   Mekah,  tetapi   jalannya   melalui   Persia dan Malabar.
Teori ini  diajukan  oleh Drs. Hasbullah  Bakrv mengemukakan bahwa ajaran Islam  mumi langsung  dari Mekah, sedang secara kultural penyebaran Islam ke Indonesia melalui Persia dan Malabar pemerintahan. Khalifah Usman (334-646 M),  Akibat  kekejaman   Barn Umayah  dan Bani Abbas, hingga mereka sampai ke timur jauh dan pulau- pulau  di  sekitamya,  yang  kemudian   menjadi pendorong berdirinya kerajaan-kerajaan  Islam di beberapa daerah di Indonesia. Hal lill   dianggap sebagai  bukti  bahwa  orang  Arab berperanan  penting  dalam  penyiar Islam pertama  di Indonesia."  Adapun mazhab yang datang pertama kali selain mazhab Safii sesuai dengan keterangan  Ibn Batutah yang singgah di  Samodra  sekitar  tahun   1350, bahwa  raja  menganut  mazhab   Safii. Akan tetapi  di samping  mazhab  Safii, aliran Syiah juga  ikut masuk  ke Indonesia,  alasannya  sebagai berikut.
1) Kitab  suci  Al  Qur'an   turun  di  Mekah  dan  Madinah.   Sejak  Islam pertama  kali  datang  di  Indonesia  pastilah   Al  Qur'an   turut  datang pula  dengan  tanpa  diubah-ubah  ayatnya.  Al-Qur 'an secara  orisinil sampai di tangan  bangsa  Indonesia..
2) Dengan  adanya  ibadah  haji, meskipun  sangat  sedikit  tidak mustahil sejak  rnasa-masa   Islam  yang  pertama  sudah  ada  di antara  banzsa Indonesi~  yang  langsung  ke Mekah  untuk menunaikan  ibadah  haji
3) Dengan  interaksi   an tar  bangsa   lewat  haji  dan  dengan  kebiasaan- kebiasaan  bangsa  Arab  sendiri  untuk  berdagang  melalui  Jaut maka wajarlah bila ada mubalig-rnubalig  Arab sendiri di samping pedagang- pedagang  Persia dan Gujarat  yang berlayar  ke Indonesia.

d. Islam  datang ke Indonesia   berasal   darl  lran (Persia) dan Gujarat.
Teori bahwa  Islam  di  Indonesia berasal dari Iran dan Gujarat dikemukakan oleh Hoesein Islam  tidak  langsung   dari  Arab, tetapi baru sampai di Indonesia   setelah   melalui Iran dan Gujarat,  baru kemudian  ke Sumateradan Jawa. Alasan Hosein sebagai berikut..
Adanya persamaan   antara  faham  Sufi Siti Jenar  di Jawa,  Hamzah samsuri dan Samsuddi.nSumatrani di Sumatera,    dengan faham Sufi di Iran dari Al Hallaj yaitu dalam  ajaran wihdatul wujud.  Ternyata di Pasai terdapat  juga  beberapa  makam  ulama  Persia  yaitu  Hasan Khair bin Al Amir Ali Istrabadi.  Batu nisannya telah berhasil  dibaca oleh  Cowan   dalam   "A Parsian lncription in North  Sumatra" (KITL V hal. LXXX, 1940). Nisan itu bertarikh  12 Rabiul  Awal 833 IL ( 1429 M) dan Amir Muhanunad  bin Abdul Qadi al Abbasi nisannya bertahun  882 H (1477 M).
Adanya peringatan   terhadap hari  tanggal   10 Asura  (Muharram) sebagai  ciri kaum  Syiah  di Aceh,  khususnya di daerah  Aceh Besar (Kutaraja). Dernikian  pula bulan Muharam  dianggap sebagai  bulan Hasan-Husein,  anak  Ali  bin  Abi  Thalib  yang  oleh  kaum  Syiah dianggap   sebagai Imam kesatu  dan kedua, dan diperingati  dengan perayaan tabut. Di bagian  Sumatra lainnya,  yaitu di Minangkabau bulan Muharam disebut bulan tabut karena setiap tanggal 10 Muharam orang-orang  Islam beramai-ramai  mengarak  keranda (tabut) sebagai lambang  Hasan-Husein, kemudian  dilemparkan   ke sungai  atau ke laut, Keranda  itu di tempat asal faham Syiah, yaitu di Karbala  (Irak) tidak dibuang  ke sungai melainkan ke kubur. Di India pemakaman keranda di Karbala  dipentaskan  pada hari kesepuluh dari peringatan Muharam."
 Penggunaan   berbagai  istilah  yang  berasal  dari  Bahasa  Iran (bukan istilah Bahasa Arab) untuk tanda-tanda bunyi harakat, misalnya untuk fathah disebut jabar ja,  dhomah pes dan sebagainya dalam penyajian Al Qur'an  yang lazi.m, menurut Hosein Djajadiningrat membuktikan bahwa ajaran  Islam  di Indonesia  dahulunya berasal  dari Iran. Adanya bentuk   tulisan   Iran  (huruf  sin)  dalam   kitab-kitab  yang dipergunakan dalam pelajaran-pelajaran agama. Huruf sin Arab bergigi tiga (س ) sedang  huruf  sin Iran tidak bergigi  ((ىــــــى
Adanya  batu-batu  Jirat pada makam  Malik Ibrahim di Gresik  yang berasal dari Cambay, di Gujarat. Ketika marmer ji.rat itu retak kelibatan bagian  dalamnya  terdapat  lukisan (tanda-tanda)  bahwa  batu pualam itu pemah  digunakan  sebagai tembok kuil atau candi."
Adanya pengakuan   umat  Islam  Indonesia   terbadap mazhab  Safii mazhab yang paling utama di Malabar Dari uraian  berbagai  teori dan pendapat  para  ahli tersebut dapatlah dirumuskan bahwa: Agama Islam yang datang ke Indonesia,  semula berasal dari tanah Arab, yang dalam perkembangan selanjutnya agama Islam berkembang  keluar Semenanjung Arabia,  rnisalnya  ke Irak, Mesir,  Iran,  Syam,  India. Ditinjau dari fakta-fakta yang  ada agama Islam  di Indonesia misalnya adanya aliran Syiah di beberapa daerah (Aceh dan Minangkabau), adanya ajaran  wihdatul  wujud  dalam  tasawuf  di Indonesia,   sistem pengajaran qur’an dengan mempergunakan  istilah-istilah  fathah, pemakaian jirat dari Gujarat, dan sebagainya, menunjukkan  bahwa  Islam di Indonesia, khususnya di Jawa tidak langsung dari Arab melainkan setelah melalui perantaraan Arabia,  Iran, India,  dan kemudian  Indonesia. Meskipun  ada hubungan    langsung  ke  Mekah (Arabia)  namun   tidak  mempunyai pengaruh  besar  terhadap  penyebaran  Islam di Indonesia.
Samodra  Pasai telah tumbuh  menjadi kerajaan Islam dan  bandar   perniagaan besar,  tempat  persinggahan berbagai  saudagar-saudagar  muslim  dari berbagai  Negara,  terutama orang-orang Gujarat,  pedagang terkenal  dari  India  Barat.  Saudagar- saudagar  inilah yang menyiarkan  agama Islam ke Pasai. Sebelum datang ke Pasai  saudagar-saudagartersebut  di Cambay  telah memeluk  agama Islam.   Di Pelabuhan  Cambay banyak  juga   saudagar-saudagar  dari Indonesia,  sebaliknya   dari  Cambay  banyak  pula  saudagar-saudagar Gujarat  yang  telah  Islam  berlayar ke Indonesia.  Penduduk   Cambay menerima Islam  dari Persia.  Alimulama  Persia  menyesuaikan   ajaran dan   hukum   Islam   dengan    alam  pikiran   Hindu.   Hal   inilah   yang menyebabkan   agama   Islam   mudah   diterima  di  Gujarat    dan  di Indonesia.
Peranan  Bagdad, Pada  abad  13 M Dinasti  Abbasiyah  yang beribu kota di Bagdad runtuh  akibat  serangan   tentara  Mongol  di bawah  pimpinan   Holako. Akibatnya  aktifitas perdagangan  tergeser dari daratan ke lautan, Pelayaran menjadi  ramai  karena  daratan  dibancurkan   dan  dikuasai  oleh  bangsa Mongol.   Demikian   keruntuhan   Bagdad  mempunyai arti penting  bagi masuknya  agama Islam di Indonesia Hal ini terbukti di KerajaanPasai, Aceh ada makarn dari Syarif Abdullah  keturunan  keenam dari Khalifah Al Mansoer al Abbasi,  Syarif Abdullah.  Bahkan wagfat menurut angka tahun  pada  batu  nisannya  1407 Mungkin   ulama  ini  sama  dengan Maulana Muhammad  Al Mustan  Ashir Al Abbasi sebagaimana disebutkan oleh Hamka  di muka. Peranan  Arab  dan   Mesir, Sejak lama sebelum Islam, pelaut bangsa Arab telah mengadakan perdagangan ke Asia." Oleh karena Arab-Mesirmerupakan pusat-pusat.
Golongan pedagang, Gclongan ini berhubung pekerjaannya sering  mengadakan hubumgaJ!ll dengan    orang  lain  atau  dengan  daerah  lain  di  kepulauan Indonesia.  Tugas golongan  ini  bukan   khusus   untuk   menyebarkan agama, hubungan mereka  meskipun  golongan ini bukan hanya peranannya  dalam  memperkenalkan    agama  Islam  kepada orang lain yang belum Islam  sangat besar. Terutama  pedagang Gujarat. Para pedagang milah yang merintis jalan  masuk dan penyebaran Islam ke Indonesia.
Golongan ahli agama, Inti dari penyebar agama Islam pada tangan para abli agama, karena merekalab  yang sebenarnya mengetahui secara mendalam   tentang  seluk  beluk  agama.  Di  Sumatera   Utara  misalnya maulana  Muhammad   al .Mustansir  al Abbasi  Hamzah Fansuri,   Samsuddin  Sumatrani (1575-1630), Abdul  Rauf  dari Singkil. Di Jawa terkenal dengan adanya  wali yang sangat besar peranannya  dalam menyebarkan  agama Islam secara intensif. terutama peranan  wali sanga.  Di antara para penyebar  Islam di Jawa yang tertua adalah   Maulana   Ibrahim   pada  batu  nisannya   tertulis angka tahun wafatnya   1419.
Meskipun  sebelum Maulana Malik Ibrahim sudah ada orang Islam di Jawa  secara sporadis  misalnya  adanya peninggalan   sejarah  Fatimah Binti Maimun. Bahkan  di ibu kota Majapahit berdasarkan bukti arkeologis-epigrafis, seperti  nisan  bertarikh   1356, 1372, 1376, 1380, 1397, 1398, dstnya."   Data itu memberikan  petunjuk  bahwa  pada masa kejayaan Majapahit (pertengahan abad 14) telah ada keluarga istana yang memeluk  Islam. Lebih  dari itu berita  Cina bertarikh   1415  menyatakan bahwa sekitar sepertiga penduduk  ibu kota adalah muslim.  Akan tetapi kenyataannya  barn pada awal abad XV di Jawa agama Islam berkembang dengan pesat  di Pulau  Jawa, hal ini terbukti  dengan  kedatangan  Raden Rahmat di sekitar 1419 di Majapahit yang kemudian berhasil membangun pesantren di pertama di Jawa, yaitu di Ampel."  Raden Rabmat kemudian ternyata lebih terkenal dengan sehutan tempat tinggalnya : Sunan Ampel.
Penyebar-penyebar Islam lainnya, yangjuga  dikenal sebagai   walisanga yaitu Sunan Bonang  (anak  Sunan Ampel),  Sunan Giri, Sunan Kalijaga, dan Sunan Kudus. Dalam   perkembangan     berikutnya    di  samping   para wali itu memegang   peranan  penting   dalam  masalah  agama,  di antara  mereka ada pula yang berperan  dalam masalab politik misalnya  Sunan Gunung Jati. Sunan  Gunung  Jati adalah  tokoh yang dianggap  sebagai wali yang mengislamkan    Jawa  Barat.   Sebelum   mencapai   kedudukan    wali  ia bernama  Fatahillah   menjabat  panglima  tentara  Demak  yang  berhasil menaklukkan Sunda Kelapa (1527), Banten dan Ciribon, kemudian memasukkannya di bawah pemerintaban Demak Dalam perkembangannya   urusan pemerintahan  di Banten oleh Demak  diserahkan kepada  Fatahillah.   Pada 1552 pemerintahan    Banten  oleh  Fatahillah diserahkan  pada Hasanuddin  putranya.. Fatahillab  selanjutnya   menetap di  Cirebon   memusatkan  perhatian   serta  kegiatannya    pada  masalah agama. Pada tahun 1570 Fatahillah  wafatdimakamkan  di atas Gunung Jati Cirebon.  Sejak itu namanya  lebih dikenal  dengan  sebutan  Sunan Gunung  Jati."
Sunan  Giri  mempunyai  pengaruh  politik  sangat  kuat  terhadap bupati-bupati    di  Jawa  Timur,  antara  lain  Bupati   Wirosobo,   Bupati Surabaya,  Bupati  Tuban,  dan Bupati-bupati  Madura, yang pada abad 17M merupakan  lawan berat bagi Raja-raja Mataram. Peranan Giri dalam penyebaran  Islam  di Indonesia  Timur sangat  besar."
Golongan raja-raja dan bangsawan, Para  raj a yang  telah beragama  Islam juga  ikut aktif menyiarkan agama itu. Para  bangsawan  mengikuti   jejak   rajanya.  Rakyat   yang memeluk agama yang sama dengan rajanya akan menimbulkan  rasa persatuan  erat  antara  keduanya  karena  keyakinan  jiwanya   sama.  Oleh para raja juga  ikut membantu  para wali dalam menyiarkan  agama Islam."  Misalnya  Sultan lskandar  Muda membantu ulama besar Hamzah Fansuri  dan Samsuddin  al Sumatrani (1607-1607 M).   Di Jawa Sultan Demak  bekerja  sama  dengan  para  wali  dalam  menyebarkan   Islam  di Jawa tidak perlu diragukan.  Bahkan agar tradisi lama dapat sesuai  dengan jejak yang baru maka raja pun mengikuti  jejak para wali yaitu menyelaraskan  dua  ajaran  yang  berbeda  ke arah satu kesatuan  ajaran.
Hal ini dapat dicapai  oleh  Sultan  Agung  pada abad  17 M.  Peribahasa Arab menyatakan   "Al-naasuala diini mulukihim" artinya :  orang-orang itu (rakyat)  mengikuti  agama  raja-raja  mereka. Di Jawa  agama  Islam  sejak permulaan   abad  15 telah  mencapai kemajuan  yang berarti, seperti dikemukakan  oleh berita Cina tahun 1416 M., karena  di ibu kota Majapahit penduduknya  terdiri  dari 3 kelompok sosial,  kaum muslem,  orang-orang   Cina yang  kebanyakan  juga  Islam, dan penduduk  asli penyembah berhala." Meskipun  orang-orang Islam pada waktu  itu belum banyak  dan hanya terdapat  di  sana-sini sebagai saudagar   atau  pegawai-pegawai  kerajaan  Majapahit   di  pelabuhan-pelabuhan  Pantai Utara  Jawa. Untuk melayani  saudagar-saudagar    muslim diangkatlah  kepala-kepala pelabuhan  itu dari kalangan orang Islam karena saudagar-saudagar Islam lebih senang dan terutama banya bersedia berdagang  dengan kaum muslimin. Pada  abad  13 M  sampai   15 M perdagangan   Laut  Jawa mengalami   kemajuan   besar, Kepala-kepala    pemerintahan   pelabuhan Demak, Gresik,  Surabaya,   dan Tuban,"   clan lambat  laun menjadi  raja pelabuban   merdeka,   clan keadaan negerinya   lebih  maju  clan makmur dari pada daerah pedalaman." Seperti telah dikemukakan  sesunggubnya sebe~um itu agama Islam telah menjejakkan  kakinya di Jawa, yang memnggalkan  jejak-jejak   sejarah  seperti  inskripsi  dari Leran  (Gresik) yang  berhuf Arab  Kufi,  menerangkan bahwa   yang meninggal   itu bemama   Fatimah   binti  Maimun  pada  tahun  475  H hubungan  dagang antara bangsa Arab dengan  bangsa Indonesia  sejak zaman Sriwijaya,  Kediri sampai pada zaman  Majapahit sangatlah  wajar.
Agama  Islam  mulai intensif  disebarkan  di Jawa pada  akhir abad XIV.  Menurut  pemberitaan   sumber  sejarah  tradisional  Babad Gresik para  mubalig  secara berombongan   telah tiba  di Jawa pada  akhir  abad XIV (1377) kemudian  mulai  menyiarkan   agama Islam di Gresik bemarna Maualana Mahfur dan Maulana Ibrahim. Yang terakhir ialah orang  tua Malik  Ibrahim,  tokoh meninggal  pada tahun 1419. Asal mula moyang  tokoh Malik Ibrahim  masih dalam  perdebatan.  Ada yang menyatakan  berasal dari Gujarat, berasal dari keturunan  Alawiyin. Babad Gresik menyataka bahwa moyang Malik Ibrahim  (meninggal 1419) yaitu  Maulana  Ibrahim  adalah ulama  yang berasal  dari Negeri  Gedah." Pada tahun l 4 l 9 M Raden Rahmat (mungkin berasal dari Kamboja, menurut_ tradisi)   datang   di  Jawa  mengunjungi   bibinya   di  Keraton Majapahit  dan kemudian  atas izin Maha raja Majapahit bertempat  tinggal menetap  dan menyiarkan  agama Islam  seluas-luasnya  di tempat  yang bemama  Ampel  Denta, disertai oleh keluarga-keluarga yang diserabkan   oleh  raja Majapahit  berjurnlah  sekitar 30.000 orang.
Orang pertama kali mengikuti jejak Raden Rahmat menjadi Islam bernama Wiryo  Saroyo   beserta   seluruh   keluarganya,   kemudian   diikuti   oleh penduduk  Arnpel."  Di Ampel  Raden  Rahmat  mendirikan  pesantrean, tempat para santri menerima  pelajaran agarna Islam  sekaligus juga rnerupakan     asramanya. Sunan Ampel menjadi ahli  agama, menguasai  ajaran  Islam, serta mempunyai dedikasi  tinggi dalam mengamalkan dan menyiarkan Islam.  Murid-rnurid  Sunan Arnpel itu antara  Iain Raden Paku, Makdum Ibrahim, Syarifuddin  (putra Raden Rahmat), Raden Patah raja Islam yang pertama  di Demak juga keluaran pesantren Ampel.
Di kalangan  istana Majapahit  clidugajuga  telah merembes  sedikit demi  sedikit   penganut-penganut Islam  di kalangan   keluarga   istana. Terbukti  di bekas  ibukota  Majapahit  terdapat  suatu  Jcuburan khusus, diperuntukkan  bagi  keluarga  istana yang memeluk  agama Islam,  yaitu di Tralaya 61•  Batu nisan tertua menunjukkanangka tahun 1356 M. Bahkan pada waktu berikutnya  tidak mustahil permaisuri  Raja Kertawijaya  yang berasal dari Campa bemama Dewi Darawatijuga memeluk agama Islam. Putri inilah tampaknya  yang di dalam sumber-sumber  tradisional disebut- sebut sebagai bibi Raden Rahmat,  terkenal dengan sebutan Putri Campa, batu  nisannya bertahun 1370 Saka  (1448 M). Sementara  itu perkembangan Islam di pesisir berjalan pesat, bahkan para bupati pesisir yang telah  masuk  Islam (Tuban-Gresik-Dernak) rnulai melepaskan diri dari kekuasaan pusat Majapahit.
Dua   faktor masuk   dan  mulai berkembangnya agama  Islam  serta tindakan  syah bandar  dan bupati- bupati  pesisir  melepaskan   diri  dari  Majapahit   merupakan   dua  faktor penting di sarnping sebab-sebab lain seperti perang saudara antar keluarga raja  ikut mempercepat keruntuhan Majapahit."  Meskipun  sejak  akhir abad XV Majapahit kondisi  Majapabit telah  sangat  lemah,  akan tetapi berdasarkan  berita  Portugis dan  berita  Spanyol kerajaan itu  rnasih memegang kelcuasaan  di pedalaman  Jawa. Ibu kotanya di Daha.  Barn pada  tahun  1527 kerajaan  tersebut benar-benar runtuh,  sebagai  akibat usahanya menjalin  hubungan  dengan pihak Portugis melalui Panarukan yang  masih  Hindu. Kekuasaan pemerintahan  clan politik   sesudah Majapahit tidak berdaya kemudian berpindah ke tangan orang  Islam. Setelah Majapahit runtuh kekuasaannya  digantikan  oleh Demak. Demak terns  menerus   memperluas penyebaran Islam  baik  ke  bagian   timur Jawa  Timur  rnaupun   Jawa  Barat. Berbeda   dengan Majapahit yang berbasis   di daratan, basis  kekuasaan  Demak   meliputi daerah  pantai utara  Jawa. Kekuasaan Islam di Demak  didukung  penub  oleh para wali. Namun demikian  sampai akhir abad 16 M Jawa secara keseluruhan belum berhasil diislamkan,  Bila Pejajaran pada 1580  M dapat digempur oleh Panembahan Yusuf dari Banten (75) maka Blambangan  baru padaabad 1717 M berhasil cliislamkan.

Silsilah  Sunan Giri
Pada umumnya silsilah dan asal-usul para wali dapat dikatakan simpang  siur  karena  dihimpun dari  bennacam-macam sumber traditional  atau bahkan  sumber  tradisi  lisan (oral  tradi- tion) misalnya Babad Gresik, Babad Tanah Jawi, catatan silsilah milik suatu golongan tertentu antara lain dari golongan Alawiyin, sumber-sumber tradisi, Para ahli yang menekuni penyelidikannyaterhadap kehidupan para wali antara lain:  B. Schrieke, P.A.A.  Hoesein Djajadiningrat, C. SnouckI lurgronya, D.A. Rinkes, clan lain-lain sering tertumbukkepada berita-berita atau dongeng yang  satu di antara  lainnya  temyata tidak  sama.
Menurut basil penelitian Panitia Penelitian clan Pemugaran  Sunan Giri yang bekerja  sarna dengan  Lembaga  Research  Islam Malang  dari  27 April sampai  23 September 1973  mengenai  silsilah  Sunan  Giri dari pihak sebagai berikut.
Raden   Paku  Muhammad    Ainul   Yakin  putra  Ishak,   Ibrahim   Al Ghazi, (Ibrahim, Asmoro) bin Jamaluddin  Husein,  bin Ahmad bin Abdullah, bin Abdul Malik bin Alawi bin Muhammad bin Shohibul Mirbad,  bin Ali Kholi  Qosam, .bin  Alawi, bin Muhammad bin Abdullah, bin Ahmad  al Muhajir,  bin Isa, bin Miiliammad  al Faqih,  bin Ali  al Aridh, bin Ja'far  As shadiq,  bin Muhammad   al Bagir, bin Ali Zainal  Abidin,  bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah  binti Rasulillah  Saw. Adapun  dari pihak     ibu  Sunan  Giri  putra   dari  Dewi   Sekardadu   bin  Menak   Sembuyu,   bin Menak  Pragola,  bin Bambang  Tumenggung,   bin wacana,  bin Ratu Surya Winata,   bin  Mundiwangi."   Menurut Pigeaud Menak   Pragola itu tidak lain adalah Dadali Putih, keturunan  Wirabhumi  yang terbunh dalam Perang Pa-Regreg  (1401-1406). Jadi   Sunan  Giri memiliki   hubungan genealogi dengan  raja Majapahit  yang terbesar : Ha yam Wuruk  atau Rajasanagara (1350-1389).
Sesudah  Sunan Giri wafat yang menerusk:an tugas perjuangannya  di Giri  adalah:  Sunan  Dalem,   Sunan  Sedomargi,   Sunan  Prapen, Sunan Kawisguwa, Panembahan Agung,  Pangeran Mas Witono, Pangeran Sidengrana, dan Pangeran Singosari. Pada 1680 Giri diserbu  oleh Amangkurat   II, Giri berhasil  direbut  dan Pangeran  Singasari  tewas.
Menurut  basil penyelitian  Lembaga Research Islam.Malang  bersama- sama dengan Panitia Penelitian dan Pemugaran  Sunan Giri, Sunan Giri mempuyai   anak   10 orang,  namun  tidak  diterangkan   berapa1rah jumlah masing-masing  anak yang diperoleh baik dari Dewi Mmtasiahmaupun   Dewi W ardah.. Anak.-anak tersebut  yaitu :
1.  SusuhunanTegalwangi;    2. Nyai Ageng Sido Luhur  ; 3. Pangeran Sidotimur  ;  4. Susuhunan  Kidul  ; 5. Nyai Ageng  Kelangonan   ; 6. Zainal Abidin  Sunan  Dalem;    7. Nyai  Ageng  Sawo;   8. Susubuoan  Kesalin;  9. Pangeran  Pasir Batang  Kedaton;   IO. Susuhunan  Waruju.
Dari 10 putera-puteri  itu, yang kemudian memegang  peranan penting sepeninggal  Raden Paku  adalab Zainal  Abidin Sunan Dalem, menurunkan tokoh-tokoh penerus yang memegang  otoritas penyiaran  Islam di Giri,  Nyai Ageng  Sawo berputra Mas Pepunden  W ringinpitu berputra Pangeran  Mlaja kusuma  Sampang,  berputra  Pangeran  Trunajaya."  Pada  masa kecil Sunan Giri diasuh dan menjadi  anak angkat  saudagar  putri,  yang berstatus  janda Nyi Gede'atau  Nyai Ageng  Pinatih di Gresik.

Sunan Giri sebagai  Wali Sanga
Dari  uraian  terdahulu   temyatalah    bahwa   proses   masuknya dan penyebaran  agama Islam di Indonesia  secara umum, dan di Jawa khususnya tidak. dapat  dilepaskan  dari peranan  para pedagang  Islam, ahli-ahli agama Islam dan raja-raja atau para penguasa  yang telah menganut  Islam. Meskipun  berdasarkan   bukti-bukti  arkeologis-epigrafis   pada  masa kebesaran   Majapahit   (1350-1400)   telab  ada pemeluk  Islam  di .kalangan pribumi akan tetapi dalam anggapan masyarakat Jawa bahwa  penyiar agama Islam yang pertama  di pulau ini dijalankan oleh para wali. Secara etimologis, wali adalab singkatan  perkataan  waliullah  yang berarti sahabat  Allah  atau wakil Allah Dalam kehidupan  sosial wali menurut pandangan  masyarakat ndalah   orang  yang  sangat   cinta  kepada   Allah,  pengetahuannya    tentang masalah-masalah  agama  sangat dalarn,  serta sanggup  mengorbankan jiwa.
Sebagai orang yang dekat dengan Tuhan para wali mempunyai   tenaga  gaib, kekuatan  batin yang berlebih  dan ilmu sangat  tinggi.  Sebagai  pembawa  dan penyiar  agama Islam para wali dihubungkan   dengan   soal  tasawuf,  dibandingkan   dengan fiqh.
Tokoh-tokoh     yang  berstatus  wali,  misalnya    : Hamzah   Fansuri,   Syamsuddin Sumatrani    dan Abdul Rauf dari Sinkil. Tokoh dari Sulawesi Selatan yang juga  dianggap  berstatus sebagai  wali  yaitu Syekb Yusuf  Tajul-khalwati." Namun  demikian    kemasyhuran tokoh-tokoh   itu tidak  sama  dengan  para wali  di Jawa.  Oleh  karena  itu istilah  wali  yang  digunakan  dalam  tulisan adalah  khusus  untuk  wali  di Jawa.  Jumlah  dari para  wali  di Tanah  Jawa tidak diketahui secara pasti disebabkan ada pula para wali yang hanya dikenal di sekitar daerah tempattinggalnya (setempat),  misalnya:  Sunan Panggung di daerah Tegal, Sunan Bayat di daerahKlaren,  Sunan Nur Rahmat di Sendang Duwur,  Paciran   dan  sebagainya."
Pada  umumnya oleh masyarakat para  wali dibedakan menjadi dua
golongan:
1. Yang termasuk walisanga  (sembilan)
2. Yang  tidak: termasuk walisanga."
Mengenai  kata sanga,  dari walisanga  ada yang  berpendapat  berasal/  harus dibaca  wali sana.  Dalam  Kamus  Kawi  (Jawa Kuno)  Indonesia  oleh Prof. Drs.  S.  Wojowasito,  kata  sana berarti  panggonan    (tempat).  Menurut Wojowasito kata sana   berasal  dari kata asana yang berarti tempat  duduk. Pada zaman sebelum Islam asana memang nama tempat duduk atau tempat berdiri  suatu patung  dewa  (pedestal)." Kenyataannya  para walisanga  oleh masyarakat lebih dikenal  dengan  sebutan tempat kedudukannya.   Misalnya:  R. Rahmat sebagai Sunan Ampel, R. Palru sebagai Sunan Giri, R Makdum Ibrahim  sebagai Sunan Bonang, dan lain-lainnya,  Lebih dari itu nama-nama tempat  tersebut juga  menggunakan bahasa  Sanskrta  (Giri),  Jawa  Kuna.
Masyarakat juga  belum  menyepakati  mereka  yang  termasuk golongan walisanga.  Misalnya  di Jawa  Tengah  ada beberapa  pendapat   walisanga terdiri dari :
1.  Maulana Maghribi
2.  Sunan Ampel
3. Sunan Giri
4. Sunan Bonang
5.  Sunan Muria
6.  Sunan Kudus
7. Sunan Gunung j ati
8.  Sunan Drajat
9. Sunan Kalijaga.

Masyarakat  di Jawa Timur menyatakan walisanga  itu  terdiri  dari :
1. Maulana Malik Ibrahim
2. Sunan  Giri
3. Sunan Kudus
4. Gunung  Jati
5.  Sunan Drajat
6.  Sunan Bentong
7. Sunan Bonang
8. Sinan Majagung
9. Syeh Siti Jenar.

Di Jawa Barat  masyarakat  menganggap  bahwa  yang  menjadi anggota wali songo adalah :
1. Pangeran Majagung
2. Pangeran  Bonang
3.  Syeh Bentong
4. Sunan Ampel
5, Pangeran Cirebon
6.  Syeh Lemah Abang
7. Maulana Maghribi
8. Sunan kalijaga
9. Sunan  Giri.
Angka  sembilan  selain  merupakan  angka tertinggi juga memiliki nilai-nilai keabadian. Angka itu dilipatkan berapa saja,kemudian angka hasil kelipatannya jumlahnya  juga sembilan. Lebih dari itu kata saaga pada zaman sebelum Islam merupakan  nama organisasi para ulama (bhiksu- bhiksunii  Budhis,  yaitusangha.  Tidaktertutup kemungkinan  para wali oleh masyarakat juga  dianggap sebagai penerus mereka kemudian juga dipercaya juga  berkumpul dalam  suatu wadah  atau ikatan:   walisanga  .Oleh  karena itu SunanAmpel  danjuga Sunan Giri dalam Babad TanahDjawijuga terkenal dengan  sebutan  Pandhita  Ampel  clan Pandhita  Giriac
Teori  lain dikemukakan oleh Lembaga Penelitian dan Panitia Pemugaran  Sunan Giri dan LembagaResearch   Islam.Malang da1am Sejarah dan Da 'wah Islamiyah Sunan Giri, menyatakan  bahwa  susunan walisanga sebagai  berik:ut.
1. Sunan Ampel
2. Sunan  Giri
3. SunanBonang
4.  Sunan  Drajat
5. Sunan  Kudus
6. Sunan  Muria
7. Sunan Kalijaga
8.  Sunan  Gunungjati
9.  Syeh  Siti Jenar,
Selanjutnya  Lembaga  tersebut juga  berpendapat  bahwa  : wali sanga hidup  dalam  satu zaman,"   Pendapat  tersebut ditinjau  dari kronologisnya kurang  tepat,  sebab  Maulana  Malik  Ibrahim  dari batu  nisannya memuat angka  tahun  wafatnya yaitu pada  1419 M. Pada  tahun  itu Raden  Rahmat yang kemudian  terkenal  sebagai  Sunan Ampel  baru tiba di Majapahit,  dan wafat pada  1475  M.87   Sunan Drajat clan Sunan Bonang adalah  putranya. Sunan Giri adalah murid clan sekaligus  juga menantu.  Sunan  Gunung Iati baru muncul  pada  tahun  1527 di masa  pemerintahan   Sultan  Trenggana (1521-1546),  clan wafat pada  1570 M di Cirebon.  Sedang  Sunan  Ampel wafat  (1485),  Sunan  Giri (1506),  Sunan  Drajat  (1520),  Sunan  Bongang (1525). Dengan demikian dapat dikatakan  bahwa para wali tersebut  berlain- lainan masa hidupnya,
Sunan  Giri  sebagai  salah  seorang  dari  pada  wali  khususnya dari kelompok walisanga, juga  seperti  sejarah  kehidupan  para  wali-wali lain, sebagian  besar masih  diliputi  oleh  kegelapan, bahan-bahan   atau sumber- sumber  sejarahnya yang  bersifat  primer  tidak  didapatkan..  H. Abu  Bakar dalam Sedjarah Al-Qur 'an menyatakan  bahwa para ahli-ahli ketimuran  dan ahli-ahli sejarah di Indonesia yang ternama antara lain HoeseinDjajadiningrat, Prof. Dr. Snouck  Hurgronye,  D.A.  Rinkes,  BJO. Schrieke dan  lain-lain, dalam penelitiannya   sering  terbentur  kepada  berita-berita tarikh, legende dan dongeng-dongeng   yang kadang-kadang   bertentangan antara  satu sama lain.
Berdasar sumber-sumber tradisonal  yaitu Babad,  Sunan Giri adalah putraMaulanalskak (SyehAwalul Islam- Wali Lanang) yang atas nasihat Sunan Ampel  menyiarkan  Islam  di Blambangan. Siapa  sebenamya tokoh skak tidakjelas clan dapat dikatakan  misterius.  Mengenai  asal-usulnya ada f,ang mengatakan  dari Juldah (Jeddah), dan kemudian  menetap di Malaka chm Pasei setelah gagal mengislamkan   Blambangan,"
Menurut sumber-sumber tradisional   pada  masa  itu  Blambangan dalam perintahan  raja Menak  Sembuyu,  patihnya  Bajul Senggoro. Di kala itu Kung  raja  sedang  menderita   kesusahan   karena  putrinya Dewi  Sekardadu menderita  sakit yang sulit diobati.  Akhirnya  raj a mengeluarkan   sayembara tbnrang siapa dapat mengobati  clan menyembuhkan  sang putri, bila laki-laki telah dijodohkan  dengan  putri  tersebut serta  di  beri  separuh kerajaan, perlombaan itu  dapat  dimenangkan  oleh  Iskak.  Atas  permintaan  raja, Maulana Iskak  kawin  dengan   Sekardadu dan mempeoleh  separuh dari kerajaun. Narnurn   kemudian terjadilah. perselisihan karena  raja tidak mau memeluk agama Islam. Maulana lskak (Wali Lanang) terpaksa meninggalkan Lambangan  tatkala   istrinya   dalam  keadaan mengandung.  Wabahpun berjangkit,  yang menjadi sasaran kemarahan,  adalah bayi dalam kandungan Sekardadu.  Ketika  bayi itu lahir, setelah  dimasukkan ke dalam peti dihanyutkan  ke laut, tetapi di laut mana. juga tidak jelas. Diduga  karena laut yang biasa digunakan  sebagai jalur lalu Iintas pelayaran Gresik-Bali adalah Selat Madura ada kemungkinan yang dimaksud  adalah Laut Selat Madura.
Motif perkawinan sayembara tidak  lazim dalam  Islam. Perkawinan Maulana Iskak  dengan  Sekardadu mengingatkan kita kepada  motif-motif perkawinan  sayembara yang terdapat dalam kitab kesusasteraan  Mahabarata dan  Ramayana,   yaitu  perkawinan antara  Pandawa-Drupadi, perkawinan Rama dan Shinta,
Motif  pembuangan "bayi"  yaitu  anak  Sekardadu, mengingatkan
kepada  kisah di dalam  Pararaton mengenai pembuangan Ken  Arok, anak janda  dari desa Pangkur, di timur  Gunung  Kawi  : Ken Endog. Bedanya bila  anak  Sekardadu berasal  dari  kalangan istana,  dibuang   ke laut,  dan kemudian diketemukan  saudagar perempuan kaya, akhimya berguru kepada Sunan  Ampel  dan kemudian menjadi  seorang wali  yang terkenal :  Sunan Giri. Di lain pihak Ken Arok hanyalah anak. keluarga petani miskin, dibuang di kuburan, kemudian dipungut seorang pencuri, setelah  dewasa  menjadi penjahat ulung, ketemu dan berguru kepada pendeta Loh Gawe clan berakhir menjadi seorang  raja  besar  di Singasari." Dari  perbedaan-perbedaan itu adajuga persamaannya :  pembuangan anak, tatkala  remaja  berguru kepada ahli  agama dan menjadi termasyhur meskipun dengan  variasi  berlainan yaitu, yang pertama bercorak Islam sedang yang kedua hidup dalam suasana Hindu.
Setelah sampai di Gresik anak yang diketemukan  oleh nahkoda kapal juragan janda  itu segera diserahkan kepada Nyai Gede Pinatih dan diambil anak angkatnya. Oleh Nyai Gede ia dinamakan Jaka Samodra. Setelah cukup usia disekolahkan ke Ampel yang kemudian oleh Sunan Ampel Jaka Samodra diberi nama Raden  Paku  sesuai dengan pesan  Maulana Iskak.
Menurut tradisi yang  lebih  merupakan   legende rakyat,   semenjak berumur  16 tahun Raden Paku telah mempunyai  keistimewaan-keistimewaan nntara lain : pada suatu malam  Sunan Ampel mengelilingi  pesantren  untuk mengetahui keadaan santri-santriya, terlihatlah ada cahaya memancar dari salah seorang muridnya  yang sedang tidur, ditalikanlah  ujung sarung murid tersebut.  Temyata esok barinya  sarung Raden Paku-lah yang terikat. mengertilah  Sunan Ampel bahwa Raden Paku akan menjadi alim dan mahir dalam berbagai macam ilmu dan kecakapan."  Memancarkan  cahayasebagai tanda keistimewaan dari orang yang memancarkannya terdapat pula dalam Pararaton, yaitu  memancarnya   cahaya  dari tubuh  bayi  Ken  Arok ynng dibuang oleh ibunya pada waktu malam ketika dijumpai oleh Lembong, sinar yang memancar dari Rahsya Ken Dedes  yang tersingkap dari kereta."
Pada waktu Raden Paku belajar ke Ampel dikisahkan bahwa ia tidak menetap di Ampel, melainkan  pulang balik dari Gresik ke Ampel. Menurut santri Ampel,  bila Raden Paku pulang-pergi ke Ampel maka tanah Surabaya  menyempit.  Akan   tetapi   setelah   Raden Paku melangkah kedua  tempat  itupun  menjauh  kembali." Cerita  semacam ini terdapat dalam mitologi Hindu yang menyatakan  bahwa Wisnu sebagai pemelihara  dunia  mampu  menguasai dunia  dengan  hanya  tiga  langkah saja.
Tradisi lainmenyatakan  tatkala Raden Paku berumur  19 tahun, namun ada yang berpendapat umur 23 tahun bersama dengan saudagar ibunya ke Kalimantan."   Tetapi setelah sampai di tempat  tujuan barang dagan ibunya habis disedekahkan  pada rakyat di sana, sebagai  ganti bayaran zakat ibunya.  Ketika  kembali,  kapal  diisi dengan  pasir, setelah sampai di Gresik berubah menjadi basil hutan rotan, damar, yang nilainya melebihi harta yang dizakatkan  itu.
Menurut  Babad Tanah Jawi sesudah beberapa lama diAmpel Raden Paku  bermaksud  pergi   ke  Mekah   untuk  memperdalam  ilmu  bersama Makdum  Ibrahim namun  hanya  sampai  di Malaka,  tetapi  ada pula  yang berpendapat  di Pasai  untuk   singgah  kepada  Maulana   Iskak  atau  Syeh Awalul  Islam. Akan tetapi kemudian  kedua pemuda  itu diajar sendiri oleh Maulana lskak tentang segala  rahasia  agama  Islam,  bahkan  Raden  Paku berhasil mencapai ilmu "laduni". 0leh Maulana  Iskak Raden  Iskak diberi gelar  tanah dan  dua  orang   hadapi   Syeh  Koja  dan  Syeh  Grigis,   yang mengingatkan  kepada  peranan punakawan yang muncuI dalam kesusastraan Kediri, yaitu  dalam  Gatutkacasraya dan relief wayang  dari candi  Jago.  Dalam  relief  itu Raden  Arjuna  diikuti  oleh  punakawannya sebagai  bagian  dari  ceritera Partayajna".
Perjalanan Raden Palru di atas permukaan  air laut mengingatkan kepada  perjalanan  Empu  Bharada di atas  air  laut  ketika  pergi  ke Bali seperti   dituturkan  oleh  Nagarakrtagama  dalam  pupuh    LXVIII,  bait 2_ 110. Sesudah sampai  di Jawa harus mencari  tern.pat yang  tanahnya sama dengan tanah yang diberikan  oleh Maulana  Iskak untuk digunakan  sebagai tempat tinggal  dan menyiarkan agama  Islam. Dengan  demikian  kesucian tempatlah yang diutarnakan bukannya bangunan atau pertimbangan banyaknya penduduk yang akan mempergunakan tempat tersebut. Petimbangan-pertimbangan   itu sesuai dengan kebiasaan  pada z.aman Hindu bahwa untuk mendirikan  suatu bangunan  suci seperti candi, faktor kesucian tempatlah  yang diutamakan.

Pada suatu hari malam Jum'at  yang temyata merupakan  "sayembara" dari  Ki  Ageng   Bungkul.  Siapa  yang  menemukan buah  tersebut akan dikawinkan  dengan  putrinya Dewi  Wardah. Sunan Ampel  pun setuju atas perkawinan  tersebut,  maharnya Raden Paku harus mengajar calon istrinya sampai dapat membaca Al-Qur'an. Sesudah berumah tangga minat dan perhatian Raden Paku ditujukan  padatujuan yang lebih tinggi yaitu terdakwah dan berskhalwat   kepada  Tuhan.

1 komentar: