Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

20 Mei 2023

Analisis BAGJA Konteks Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya Tugas 3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

 

1.     Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

“Terciptanya peserta didik berimtaq, beriptek, mandiri, kreatif, peduli lingkungan dan berkarakter pelajar Pancasila”

2.     Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Membuat ruang kelas menjadi penyemangat belajar

3.     Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Bagaimana cara menentukan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar

4.     Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

 

a.      B “Buat Pertanyaan”

Bagaimana cara menentukan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar

b.     A “Ambil Pelajaran”

Berkunjung ke kelas lain untuk melihat apa saja yang disukai dari kelas lain, melakukan observasi dan wawancara dengan kelas pembanding

c.      G “Gali Mimpi”

Siswa di intruksikan memejam mata merenung kelas yang mereka dambakan, kemudian siswa dipersilahkan menggambarkan kelas impian masing-masing.

d.     J “Jabarkan Rencana”

Membagikan kelompok kerja dan jadwal pelaksanaan pembuatan perubahan kelas biasa menjadi kelas impian.

e.      A “Atus Eksekusi”

Masing-masing kelompok melaksanakan tugas sesuai jadwal dan kesepakatan bersama mewujutkan kelas impian.

  1. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

    Rangkaian kegiatan Bagaimana seorang guru menerapkan BAGJA di dalam kelasnya dengan memanfaatkan aset yang ada juga terlihat dengan jelas mulai dari bagian “B” Buat pertanyaan utama “A” ambil pelajaran “G” gali mimpi “J” jabarkan rencana dan “A” atur eksekusi. Melihat inspirasi ini, ternyata melakukan sebuah perubahan bisa dimulai dari hal sederhana dengan sesuatu yang sudah kita miliki dan mengoptimalkan semua aset yang sudah ada membuat sesuatu menjadi prakarsa perubahannya.

    2.     Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

    Aset atau kekuatan yang dimiliki di sekitar bisa menjadi modal melakukan sebuah perubahan dengan mengelola aset atau kekuatan yang sudah kita miliki. Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar dari apa yang sudah ada. Melakukan perubahan dari apa yang bisa dilakukan dalam kelas. Ruang kelas menjadi begitu banyak foto dan tata ruang yang bagus serta menyenangkan melaksanakan pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar