Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

19 November 2016

Wisata Alam Kota Surabayan Termegah


1. KBS (Kebun Binatang Surabaya)
 
Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia dan terletak di Surabaya. KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dariMamaliaAvesReptilia, dan Pisces. Kebun Binatang Surabaya, yah kebun yang cukup terkenal semenjak dulu, cukup lengendari memang. Namun sayang keberadaan KBS ini cukup meresahkan masyarakat pecinta hewan, karena banyak yang mati. Jika Anda ingin melihat Surabaya dengan koleksi binatang-binatang yang aneh dan langka, cukuplah untuk menikmati kebun binatang yang ada ditangah kota ini.
Untuk alamat KBS, bisa Anda tuju di Jalan Setail nomor 1 Surabaya. Keunggulan KBS mempunyai berbagai koleksi hewan yang berasal dari tropis. Ada juga koleksi berbagai ikan yang dibuatkan Aquarium, karantina hewan toxidemi dan ruang khusus untuk binatang-binatang malam atau dengan istilah nokturama untuk bahasa ilmiahnya. Lumayan juga sih, jumlah spesies yang di tangkar di kebun binatang yang termasuk terbesar di Asia Tenggara ini. Ada 300an spesies dan 4000 lebih jumlah satwa yang dipelihara disini. Termasuk kelompok didalamnya jenis burung-burungan (aves), Reptilia, dan Pisces.
Keunggulan Kebun Binatang Surabaya Untuk Urusan Koleksi Binatang
Kebun Binatang Surabaya (KBS) mempunyai keistimewaan mempunyai koleksi spesies yang terbesar di Asia Tenggara. Lihat saja kebun ini sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Sekitar tahun 1916 yang saat itu berdasarkan instruksi Gubernur Surabaya, dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierentuin” (Kebun Botani dan Binatang Surabaya). Cukup unik dan menarik bukan? So, untuk menikmati KBS, cukup dengan membayar Rp.15000 sudah bisa menikmati koleksi binatang yang sudah ada umurnya sudah cukup tua khususnya di Indonesia.
22. Wisata Taman Kota Surabaya
Awal mula nama taman bungkul memang tidak lepas dari nama seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya, dia adalah Ki Ageng Supo yang kemudian mendapat gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul yang makamnya terdapat di belakang taman ini dan sekaligus menjadi tempat bagi para peziarah.
Sejak diresmikan pada 21 Maret 2007, Perkembangan Taman Bungkul semakin pesat. Salah satunya disebabkan sarana-sarana penunjang, seperti skateboard track dan BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance berbagai jenis entertainment), zona akses Wi-Fi gratis, telepon umum, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujaseraTaman Bungkul meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013
Taman Kota Surabaya, Taman Bungkul. Ya, jika Anda hanya ingin menikmati kota Surabaya dengan wisata murah meriah Surabaya, datanglah ke taman ditengah-tengah kota yang cukup asri ini. Surabaya, walau kota Metropolitan, pemerintahnya cukup serius memperhatikan kehijaun lingkungannya. Selain untuk menetralisir polusi, juga bisa digunakan untuk media bermain dan wisata pendidikan yang murah bagi masyarkat Surabaya. Saat ini pemerintah dengan Wali Kota yang baru cukup intents memperhatikan kehijuan Surabaya. Ada perbedaan mencolok kota Surabaya jika dilihat beberapa tahun yang lalu. Jika dulu Anda mungkin melihat seluruh kali Surabaya identik dengan kali yang kotor dan jorok. Namun hari ini Surabaya cukup berbenah dengan menata taman dan sekitar sungai yang indah serta asri.
Taman Bungkul ini adalah taman yang cukup mencolok ketika Anda ingin menikmati kota Surabaya dengan nuasa taman. Jika Anda mengajak keluarga atau anak-anak bisa juga datang ketaman-taman yang lain dengan model taman baca. Jadi semacam perpustakaanlah ada, nuansa edukasinya. Cukup menarik dan sederhana, namun cukup bagus untuk merefresh otak Anda dengan berwisata ditaman ini dengan murah.
Taman Bungkul dan Area Permainan
Seperti sudah diceritakan diatas, Taman Bungkul mempunyai area bermain yang bagus untuk anak-anak. Sama juga sih sebetulnya dengan taman-taman asri yang sudah duluan untuk level dunia, Taman Bungkul juga mempunyai area bermain yang layak dan bagus untuk anak-anak. Bahkan jika mau, ada juga air mancur yang bisa di gunakan untuk bermain anak-anak.
Lokasi Taman Bungkul Surabaya
Untuk mencapai taman Bungkul dimana sih aksesnya? Jika Anda bukan warga Surabaya mungkin kurang paham dengan jalan-jalan yang ada di Surabaya. Taman Bungkul berada di Jalan Raya Darmo Surabaya. Tips untuk menuju taman ini ketika sore hari adalah yang menuju taman ini disaat aktifitas orang-orang pelang kerja, tentu akan macet. Pilihlah jam kira-kira orang belum pada keluar pulang kerja atau pilihalah waktu setelah orang pulang kerja. Jikapun Anda masih bingung dengan letak taman ini, tanyalah dengan warga Surabaya. Tantu akan ditunjukkan kepada Anda. Masyarakat Surabaya cukup ramah-ramah lho, walau mungkin terkesan kasar dan keras, namun cukup bersahabat bagi tamu-tamu yang datang dari luar kota.
33. Pantai Kenjeran Surabaya
Kenjeran adalah sebuah kecamatan di Kota SurabayaProvinsi Jawa TimurIndonesiaMayoritas penduduk di kecamatan kenjeran beragama Islam dan bersuku Jawa dan Madura. Penduduk di daerah Bulak Banteng dan Tambak Wedi mayoritas berbicara menggunakan bahasa MaduraKawasan pantai di Kenjeran terkenal sebagai tempat rekreasi bagi keluarga, yaitu Pantai Ria Kenjeran. Kecamatan ini juga terkenal karena adanya Jembatan SuramaduSurabaya juga mempunyai wisata yang bernuasa pantai. Ya, pantai Kenjeran Surabaya. Jika Anda bukan warga Surabaya yang menginginkan wisata dengan nuansa pantai dan murah, tentunya pantai inilah yang cukup menawan untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Wisata Pantai Kenjeran saat ini ada dua tempat yang dikembangkan, yaitu pantai kenjeran lama dan pantai kenjeran baru, biasa disebut kenpark. Dari kedua tempat tersebut sebetulnya tidak ada perbedaan yang mencolok. Hanya saja pantai kenjeran baru dikemas dengan desain yang lebih apik dan modern. Dengan konsep wisata bernuasa pantai, dikedua tempat ini tetap sama wisata yang dijual yaitu angin sepoi-sepoi yang santai dikawasan pinggir pantai. Ya, cukuplah sebagai tempat untuk bersantai sejenak melupakan kepantan kota Surabaya yang bising serta panas. Anda tahu sendirikan dengan berwisata dipantai ini, setidaknya bisa merefresh sejenak otak kita yang mungkin perlu disetting ulang untuk mundur selangkah dengan menikmati kawasan pantai di pinggiran Surabaya ini.
Jika Anda mencoba masuk kawasan wisata Surabaya yang berada di ujung timur berarti Anda dengan desain pantai yang lama Anda kunjungi. Dikawasan ini ada permainan khusus anak-anak, ada tempat kios-kios yang disediakan untuk membeli oleh-oleh pernak-pernik khas kota Surabaya yang bernuasa pantai. Semisal Anda bisa membeli kaca cermin dengan aksesoris di pinggirnya berupa kerang-kerangan dilaut. Atau juga Anda bisa membeli kelambu untuk hiasan pintu rumah dengan motif full dari kerang. Pokonya banyak deh souvenir-souvenir yang dijual dengan nuansa etnik dari hasil hewan-hewan laut.
Jika Anda berkunjung di kawasan wisata kenjeran lama ini jangan heran jika tempat ini mungkin berkesan lebih kumuh jika dibandingkan dengan Kenjeran Baru, Ken Park. Memang sih ada semacam dua pembangunan yang cukup kontradiksi dengan adanya Kenjeran Baru ini. Memang idealnya ketika pemerintah Surabaya membangun kawasan baru, berarti kawasan lama juga harus tetap di rawat, namun sayangnya tidak seperti itu.
Jika Anda berkunjung di pantai Kenjeran, baik lama ataupun baru sebetulnya ada pemdangan yang cukup bagus untuk dinikmati, yaitu cukup berdekatan dengan Jembatan Suramadu. Jembatan ini bisa Anda liat dengan cukup jelas dari wisata Kenjeran ini. Jadi untuk Anda yang sukanya hanya duduk-duduk santai dipinggir pantai, bisa Anda lakukan disini.
Pantai Kenjeran, karena wisata dengan ikon pantai, tak jarang pula ada event-event yang cukup akbar digelar disini. Misalnya banyak artis-artis beken dangdut yang di undang dikawasan wisata ini untuk bernyanyi dan berjoget dipinggir pantai. Cukup asik memang, ditangah-tengah laut (tepi pantai) dibangun semacam panggung yang menjorok kepantai. Jadi semacam panggung permanen yang dibuat dari bangunan kayu. Jika pas ada event besar, tempat panggung pinggir pantai inilah yang biasa digunakan.
Untuk kawasan kenjeran baru, biasa orang sebut Kenjeran Park (Ken Park) pemerintah kota Surabaya mengelola dengan nuasa modern untuk wisata pantai. Lokasi ini menawarkan paket wisata berupa wisata air, sky, penyewaan alat olah raga, termasuk juga wisata yang bernuasa untuk pendidikan anak.
Uniknya dari KenPark ini adalah bibir pantai yang dikemas dengan dibangun arsitektur bernuasa China. Ini adalah magnet khusus untuk menarik wisatawan asing dan mancanegara, karena dengan bangunan ini banyak wisatawan Korea, Jepang, Thailand dan Asia timur datang ke kenjeran hanya ingin melihat eksotiknya bangunan bibir pantai ini. Kya-kya bangunan ini disebut, sehingga ketika malam hari tiba akan ada suasana romatis menyelimuti wisata pinggir pantai ini. Dengan cahaya yang temaram dan indahnya lampu lampion menjadikan pantai ini bak dinegeri tirai bambu China sana. Memang suasana ini dikondisikan agar menjadikan nuasa pantai di Jawa, namun serasa pantai China. 
4. Wisata Alam Mangrove
Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari huluEkosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitastanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi danevolusi
Dengan adanya julukan Surabaya yang terkenal menjadi kota yang Megapolitan berarti secara gak langsung menjadikan kota ini penuh dengan polusi. So, dengan kepiawaian pemerintah kota Surabaya mengelola tata kota, ada sebuah hutan liar yang cukup dekat dengan kota. Namanya Hutan Mangrove yang cukup alami serta masih liar untuk ukuran kota sebesar surabaya tersebut. Untuk mengakses Hutan Mangrove tersebut bisa menggunakan akses roda dua atau roda empat. Sama-sama mudah untuk mencapai hutan di tengah kota yang berada di Wonsorejo tersebut. Ketika Anda sudah menemui perempatan MERR, silahkan belok ke timur untuk menelusuri tepian sungai. Untuk menuju hutan manrove tersebut jika Anda berkendara dengan roda empat, tentunya harus lebih hati-hati karena aksesnya ada yang jalan menyempit, ada jalan makadam jenis kampung yang belum diaspal.
Apa sih istimewanya wisata alam hutan mangrove ini? Ya, tentu dengan melihat Surabaya yang begitu padat penduduk, kotanya yang panas, setidaknya Anda akan sedikit melihat nuansa hijau dan alami ketika melihat hutan di pinggir kota. Coba bisa Anda bayangkan di hutan tersebut Anda bisa mendengar berbagai spesies burung yang masih alami. Ada lebih dari 16 species tanaman mangrove, lebih dari 50 jenis serangga, ada 7 jenis primate dan untuk burung lebih dari 80 jenis spesies. Cukup menjakjubkan bukan? Jika Anda beruntung ketika traking di wisata pinggir laut ini, bisa menjumpaiaktifitas biawak yang sedang berlari-lari liar, ada kepiting dan ada pula ikan yang sedang berenang-renang di air dengan satai.
Dengan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari kayu, Anda bisa berekplorasi dengan hutan yang lebat di tengah-tengahnya. Dengan menyewa kapal yang sudah ada disitu, Anda bisa diajak berjalan-jalan menyusuri indahnya hutan mangrove yang sangat menyejukkan mata. Cukup dengan merogoh uang tak lebih dari Rp.30.000 rupiah Anda sudah bisa menikmati perjalanan dengan kapal menyusuri pinggir-pinggir manrove tersebut. Jika Anda punya uang lebih bisa menggunakan kapal boat dengan sekali sewa Rp.300.000 rupiah. So, untuk menyusuri hutan mangrove ini paling sore adalah pukul 15.00 WIB. Jangan lebih dari itu, sudah tutup.
Untuk menikmati indahnya wisata alam Surabaya Mangrove, waktu tempuh pulang pergi sekitar 1 hingga 2 jam. Tentunya yang paling asik adalah Anda membawa camilan atau snack sendiri sebagai bekal perjalanan. Karena tidak ada pedagang yang jualan makanan di kawasan situ. Jika Anda sudah sampai di kawasan Mangrovenya Anda bisa menikmati di gazebo yang telah disediakan . Ada pula mushola, toilet dan perlengkapan lainnya. Cukup asik dan rilek jika Anda sejak pagi datang dikawasan ini. Bisa pula membawa bekal makanan yang bisa Anda nikmati disini bersama keluarga.
Ketika Anda berkunjung disitu dirasa sudah cukup, maka pemilik kapal yang Anda tumpangi akan memanggil Anda untuk kembali lagi kedarat. Jadi pastikan Anda tidak terlau sore untuk pulang, sehingga Anda tidak tertinggal oleh kapal. Selamat berpetualang dengan wisata alam Surabaya! Murah meriah dan Super Asik deh, di Jamin!
5.  Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu ( Indonesia : Jembatan Suramadu ), juga dikenal sebagai Sura baya- Madu ra Bridge , adalah kabel-tinggal jembatan antara Surabaya di pulau Jawa dan kota Bangkalan di Pulau Madura di Indonesiadibuka pada bulan Juni 2009, 5,4-km jembatan terpanjang di Indonesia dan jembatan pertama untuk menyeberangi Selat MaduraBagian kabel tetap memiliki tiga bentang dengan panjang 192 m, 434 m dan 192 m. Jembatan ini memiliki dua jalur di setiap arah ditambah jalur darurat dan jalur khusus untuk sepeda motor di setiap arah. 
Jembatan ini dibangun oleh konsorsium perusahaan Indonesia PT Adhi Karya dan PT Waskita Karya bekerja sama dengan China Jalan dan Jembatan Corp dan China Harbor Engineering Co Ltd Total biaya proyek, termasuk jalan yang menghubungkan, telah diperkirakan 4,5 triliun rupiah (US $ 445.000.000). Konstruksi dimulai pada bulan Agustus 2003. Pada bulan Juli 2004, sebuah gelagar runtuh, menewaskan satu pekerja dan melukai sembilan orang lainnya. Bekerja di jembatan dihentikan pada akhir tahun 2004 karena kurangnya dana, tapi restart pada November 2005. Rentang utama jembatan itu terhubung pada tanggal 31 Maret 2009, dan jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 10 Juni 2009.
Dalam seminggu pembukaan, ditemukan bahwa mur dan baut serta lampu pemeliharaan telah dicuri dan bahwa ada bukti vandalisme kabel mendukung rentang utama. Berhasil menyelesaikan jembatan Suramadu telah mendorong minat kemungkinan membangun jauh lebih besar Selat Sunda Jembatan melintasi Selat Sunda di ujung barat Jawah. Jembatan Surabaya Madura (Suramadu), nama yang cukup fenomenal ketika melihat sejarah trend pembangunan jembatan-jembatan penguhubung di Indonesia, khususnya untuk yang berada dikawasan laut. Jembatan ini merupakan tonggak sejarah pengembangan jembatan terpanjangdi Indonesia. Bayangkan saja, tiang pancang diresmikan pertama kali oleh presiden Megawati Seokarno Putri tahun 2003, kemudian saat selesai tahun 2009 diresmikan oleh presiden yang berbeda SBY. Sehingga dengan terbangunnya jembatan Suramadu terbentuklah rekor jembatan terpanjang di Indonesia yang pertama kali dibangun, sepanjang 5 kilomter lebih jembatan ini menghubungkan Surabaya dan pulau Madura.
Tujuan utama dari dibangun jembatan ini adalah untuk memperlancar pemerataan pembangunan Surabaya dan Madura namun ada sisi positif lain ketika Anda menginginkan wisata yang murah di Kota Surabaya.
Jika Anda mencoba untuk berwisata di Jembatan Suramadu, berarti Anda harus siap melihat megahnya konstruksi jembatan yang cukup mencolok menjulan tinggi dikawasan dekat pantai Kenjeran tersebut.Jika Anda berkunjung disiang hari, menariknya adalah seakan-akan Anda dibawa terbang diatas alaut, ditengah-tengah laut. Jika Anda melihat sisi ke arah Surabaya berarti Anda aakn disuguhi pemandangan pantai Kenjeran, Patung yang besar Jalesveva Jayamahe. Lebih unik lagi ketika ada kapal besar yang sedang berlayar melewati bawah laut. Tentu akan menjadi pemandangan mahal yang wow! Terasa Anda diatas kapal tersebut, namun melihatnya dari atas jembatan yang boleh dibilang fenomenal ini. Jikapun Anda jalan-jalan dijembatan Suramadu malam hari, tentu yang tak kalah menarik adalah lampu warna-warna yang dipasang ditiang-tiang penyangga jembatan. Tentu akan berkesan romantis, jika Anda datang dengan kekasih hati Anda. Seandainya Anda membawa kamera yang kualitas bagus, tentu sangat sayang jika tidak menjepretkan kamera, pada suasana apik ini.
Wisata yang cukup murah, namun cukup memberikan kesan yang wah, apalagi jika Anda pertama kali berkunjung di kawasan ini. Tentu akan menjadi cerita dan kenangan tersendiri.Ada cara lain untuk menikmati, eksotiknya jembatan Suramadu, yaitu dengan menyewa atau menaiki perahu. Kemudian melintas dibawah kolong jembatan Suramadu tersebut. Cara ini juga akan cukup asik dan menarik, ketika rata-rata orang menikmati indahnya jembatan dengan menyebrang diatas jembatan, namun Anda menggunakan perahu dan melihat dari bawah jembatan. Asik dan menarik bukan?


18 November 2016

Pembelajaran IPS model discofery learning pendeketan scientific

Skenario Pembelajaran IPS Kelas VII Wisata Kota Surabaya: Gita Zaky, Ana Lalo, Ridwan, Ani, Sidiq, Aher, Rahmad, dan Fandi


lihat videonya klik https://www.youtube.com/upload

A
Kegiatan Awal
Waktu
(Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.    Salam pembuka
2.    Doa
3.    Mengecek Kehadiran dan cek kebersihan Kelas
4.    Memberikan pertanyaan :
-          Pernahkah kalian ke tempat-tempat wisata Kota Surabaya ?
-          Jika pernah, apa yang menarik pada destinasi wisata di Kota Surabaya?
5.    Menyampaiakan Tujuan pembelajaran
6.    Guru membagi siswa dalam 4 kelompok heterogen  (masing-masing aggota kelompok di berikan 1 lembar kartas post-it sebagai indetitas terdiri dari 3 warna, yaitu; merah, kuning, dan hijau)
1.    Menjawab salam
2.    Doa
3.    Menjawab

4.    Menjawab pertanyaan guru secara lisan

5.    Menyimak tujuan pembelajaran

6.    Siswa membentuk kelompok dan memilih ketua kelompok

7.    Menempelkan kertas post-it warna pilihanya di kantong baju atau jilbab 1 lembar kartas post-it sebagai indetitas terdiri dari 3 warna, yaitu; merah, kuning, dan hijau)
1
3
2

2


2


2


3
B
Kegiatan Inti
Waktu
(Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.    Mengambarkan  keadaan alam dan aktifitas penduduk di Indonesia pada umumnya dan di Kota Surabaya pada khususnya, (menggunakan Slaid, Video dan gambar)

2.    Membagikan gambar destinasi wisata Kota Surabaya dan menugaskan siswa memilah antara wisata alam, wisata budaya dan wisata religi

3.    Memberi tugas siswa untuk mencari dan mengumpulkan informasi tentang objek wisata Kota Surabaya, potensi pengunjung, kelebihan dan  kekurangan serta manjemen pengelolaannya wisata alam, budaya dan religi

4.    Menugaskan siswa dalam kelompok mengumpulkan informasin dan mendiskusikan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber

5.    Menugaskan siswa untuk mengkreasi upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan wisata lebih maju dengan pertimbangan potensi alam, budaya lokal dan religi yang dapat dikembangkan untuk diperkenal-kan kepada wisatawan.

6.    Menugaskan siswa "karya kunjung" 2 orang perwakilan kelompok mempresentasikan karya kelompok mereka pada kelompok lain

7.    Menugaskan siswa secara individu untuk membuat laporan  tentang potensi wisata Kota Surabaya, cara pengelolaan  dan pengembangan yang lebih baik.
1.    Siswa menyimak dan menulis catatan penting dari tayangan Slaid, Video dan gambar

2.    Siwa memilih dan memilah antara wisata alam, wisata budaya dan wisata religi

3.    Siswa mencari informasi berupa gambar dan artikel tentang potensi wisata alam, budaya dan masyarakat Kota Surabaya melalui:
1.    Perpustakaan/media cetak (tim merah)
2.    Internet (tim kuning)
3.    Narasumber (tim hijau)
Menumpulkan informasi dalam kelompok dari masing sumber yang diperoleh oleh setiap teman yang bertugas di kelompok masing-masing

4.    Siswa bergabung dalam kelompok untuk mengklasifikasikan dan mendiskusikan potensi wisata alam, budaya, dan religi Kota Surabaya dan menulisnya pada kertas meta plan

5.    Siswa dalam kelompok mendapat tugas untuk membuat leaflet semenarik mungkin tentang potensi wisata alam, budaya dan riligi dengan tema : Visit Surabaya 2016

6.    Siswa perwakilan kelompok memabawa karya mereka dan mempresentasikannnya. Siswa yang menyimak memberikan masukan dan saran

7.    Setiap siswa masing-masing  membuat laporan  tentang potensi wisata Kota Surabaya, cara pengelolaan  dan pengembangan yang lebih baik.
7



7



20













10






13





10





10



C
Kegiatan Penutup
Waktu
(Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.    Mempersilakan 2 orang siswa membaca karya tulis tugas individu

2.    Menugaskan siswa untuk mengunggah hasil karya mereka di media sosial.

3.    Refleksi à guru membagikan kertas dan menugaskan siswa untuk menilai dan menulis kekurangan, kesan dan pesan dari model pembelajaran yang telah berlangsung 
4.    Menutup pembelaran dengan salam
1.      2 orang siswa membaca karya tulis tugas individu

2.    Mengupload tugas pada media sosial.

3.    Siswa menilai dan menulis kekurangan, kesan dan pesan dari model pembelajaran yang telah berlangsung

4.    Siswa menjawab salam
7


2



5

                                                                                                                                                        

16 November 2016

Ridwan MA Review Journal of Aging Studies Pergeseran penampilan perempuan dan status sosial dalam media image dari 1960 2010: analisis isi dari iklan Kecantikan di dua majalah Australia by Ann Brown and Tess Knight,

Pergeseran penampilan perempuan dan status sosial dalam media image dari 1960 2010 memberi kesan kewajiban moral pada wanita untuk menjaga tubuh mereka dan untuk memerangi tanda-tanda fisik penuaan. Akibatnya perempuan bertopeng tanda-tanda penuaan oleh mewarnai rambut mereka, mengenakan pakaian yang muda, dan beberapa memilih untuk menjalani operasi kosmetik.
Penelitian ini memeriksa 96 situs mempromosikan produk anti-penuaan menampilkan artis dan wanita muda yang ideal body imege agar perempuan terus mengontrol tubuh dan kecantikannya. Situs ini yang eksplisit dalam membingkai penuaan sebagai penyakit dengan satu bahkan menyatakan bahwa "penuaan akan membuat Anda secara fisik dan cacat mental" (Calasanti, 2007) dan karenanya penuaan harus dikontrol.
Dalam penelitan ini bukannya diidentifikasi sebagai pria atau wanita, putih atau hitam identitas kami penanda ini menjadi "usia". Perubahan signifikan penampilan fisik seperti berat badan, rambut abu-abu, dan hilangnya kulit plastisitas mencerminkan proses penuaan normal. Selama 1960-an, adalah harapan bahwa wanita yang bertanggung jawab untuk mempertahankan kulit tampak cantik dan sempurna. Pesan "menjadi lebih indah" sering digunakan untuk mendorong perempuan untuk membeli Produk Kecantikan untuk meminimalkan ketidaksempurnaan atau kelemahan. Beberapa produk kecantikan, dengan sabun, krim dan lotion yang membentuk sederhana rezim pembersihan, mengencangkan dan pelembab.
Pada 1980-an terus hadir wanita sebagai istri dan ibu. Iklan didukung keyakinan bahwa seorang wanita hadiah membeli dan menggunakan produk kecantikan adalah bahwa dia akan menjadi lebih indah dan akan mendapatkan dan menjaga suaminya. Contoh, pada September 1964 majalah mingguan terdapat sebuah iklan untuk Cutex kuku dan lipstik membaca, "Tempt dengan bibir Anda, ujung jari Anda, halus mengundang. Ia tidak dapat menolak baru menggoda warna". Dalam edisi March 1969 Vogue, menurut Cyclax, mereka hari dan cream malam membuat kulit Anda halus menarik untuk melihat dan lembut untuk menyentuh. Kedua iklan yang menekankan pentingnya mencari menarik pandangan orang lain berubah.
'Kecantikan' atau 'keindahan' menjadi sesuatu yang bisa mencapai dengan produk kecantikan dengan bijaksana pilihan. Sebagai contoh, sebuah iklan di mingguan untuk Palmolive tahun 1960 berjanji bahwa sabun mereka akan "membawa Anda kulit yang dinamis", dan dalam 1968 mingguan, sebuah iklan untuk kolam dingin Creampromised untuk meninggalkan kulit "halus, lembut dan berangin bersih" meyakinkan konsumen yang "betapa indahnya Anda terlihat besok tergantung seberapa baik Anda membersihkan kulit Anda malam ini". Asumsi bahwa penampilan diukur melalui tatapan orang lain. Tersenyum muda tak bergaris wajah wanita, dia mengenakan topi berbulu, dan teks ini berbunyi Dia indah, dia bergerak dan dia menggunakan Ponds Cold Cream", menunjukkan kepada pembaca bahwa dengan menggunakan produk ini mereka juga bisa menarik calon suami.
Bila dikaitkan dengan hakikat dari kecantikan itu adalah sebuah anugerah yang harus dijaga, dirawat dan dipelihara dengan baik, bukan untuk menarik dan memikat perhatian orang orang lain. ada sisi wanita menjaga dan memelihara kecantikan untuk menjaga suami ini lumrah dalam artian tidak berlebihan sesuai porsi, posisi dan kemampuan.

Sumber: Ann Brown, Tess Knight,  (2015). Shifts in media images of women appearance and social status from 1960 to 2010: A content analysis of beauty advertisements in two Australian magazines Pergeseran penampilan perempuan dan status sosial dalam media image dari 1960 2010: analisis isi dari iklan Kecantikan di dua majalah AustraliaJournal of Aging Studies. Vol. 35. Contents lists available at Science Direct journal homepage: www.elsevier.com/locate/jaging

08 November 2016

Akulturasi Ritual Peusijuek Sebagai Simbul Kekuatan dalam Masyarakat Aceh

 
Ridwan

1 SMPN 3 Panga Aceh Jaya Email: ridwanteunom@gmail.com

Abstrak
Peusijuek merupakan salah satu tradisi masyarakat Aceh yang masih dilestarikan dan dipraktekkan. Peusijuek ini sebagai sebuah budaya yang telah menjadi bagaian dari Islam, khususnya masyarakat Islam di Aceh. Penelitian ini ingin mengungkap bagaimana peusijuek diyakini dan beroperasi menjadi sebuah kepercayaan masyarakat yang secara keagamaan hal tersebut bukan sepenuhnya murni berasal dari ajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode content analisis. Islam memiliki konsep universalisme yang mampu menyatu dan melebur dalam berbagai peradaban dan kebudayaan, Islam menyatu dan dapat diterima oleh berbagai bangsa dan peradaban. Peusijuek diyakini oleh masyarakat Aceh sebagai salah satu ritual yang dikaitkan dengan kepercayaan terhadap agama, karena peusijuek tersebut sarat dengan nilai-nilai agama, yang mesti dijalankan. Hal tersebut dapat dilihat dari 3 (tiga) unsur, yaitu pertama; Pelaku Peusijuek, biasanya dilakukan oleh para tengku (ustadz) dan  tengku inong (ustadzah), yang paham agama. Kedua, momen peusijuek, dilakukan ketika akan berangkat haji, pernikahan/walimah, dan khitanan, dan lain-lain. Ketiga, doa peusijuek, doa yang dibacakan adalah doa yang ditujukan kepada Allah SWT, dengan menggunakan doa-doa yang dari Al-Qur'an dan Sunnah. Melihat ketiga tinjauan tersebut, dapat disimpulkan bahwa akulturasi ritual peusijuek dalam masyarakat Aceh sangat sarat dengan nilai-nilai keislaman dan keyakinan terhadap nilai-nilai Islam, sehingga menjadi sebuah kepercayaan dalam masyarakat.

Kata kunci: Peusijuek, akulturasi, budaya, Islam.

I.     Pendahuluan
Peusijuek (bahasa Aceh) atau menepung tawari adalah salah satu tradisi masyarakat Aceh yang masih dilestarikan sampai sekarang. Peusijuek dikenal sebagai bagian dari adat masyarakat Aceh. Peusijuek secara bahasa berasal dari kata sijuek (bahasa Aceh yang berarti dingin), kemudian ditambah awalan peu (membuat sesuatu menjadi), berarti menjadikan sesuatu agar dingin, atau mendinginkan (Dhuhri, 2008: 642). Peusijuek adalah prosesi adat yang dilakukan pada kegiatan-kegiatan tertentu dalam kehidupan masyarakat Aceh, seperti peusijuek pada upacara perkawinan, upacara tinggal di rumah baru, upacara hendak merantau, pergi/naik haji, peusijuek keureubeuen (kurban), peusijuek peremuan diceraikan suami, peusijuek orang terkejut dari sesuatu yang luar biasa (harimau, terjatuh dari pohon, kena tabrakan kendaraan yang mengucurkan darah berat), perkelahian, permusuhan, sehingga didamaikan (Ismail, 2003: 161-162). Di samping itu peusijuek juga dilakukan oleh anggota masyarakat terhadap seseorang yang memperoleh keberuntungan, misalnya berhasil lulus sarjana, memperoleh kedudukan tinggi dalam pemerintahan dan masyarakat, memperoleh penghargaan anugerah bintang penghargaan tertinggi, peusijuek kendaraan baru, dan peusijuek-peusijuek lainnya (Dhuhri, 2008: 162).
Tata cara pelaksanaan peusijuek dilakukan dengan urutan, pertama menaburkan beras padi (breuh padee), kedua, menaburkan air tepung tawar, ketiga menyunting nasi ketan (bu leukat) pada telinga sebelah kanan dan terakhir adalah pemberian uang (teumutuek) (Dhuhri, 2008: 161). Tara cara ini umumnya hampir sama dalam setiap prosesi peusijuek, tetapi juga kadang-kadang terdapat beberapa perbedaan menurut kegiatan yang diadakan peusijuek tersebut. Biasanya perlengkapan peusijuek terdiri dari: talam satu buah, breuh padee (beras) satu mangkok, bu leukat (ketan) satu piring besar bersama tumpoe (penganan berupa kue yang dibuat dari tepung dan pisang) atau kelapa merah, teupong taweu (tepung) dan air, oun sineujuek (daun yang khusus digunakan untuk prosesi peusijuek), on manek mano (jenis daun-daunan), on naleung samboo (sejenis rerumputan yang memiliki akar yang kuat), glok ie (tempat cuci tangan), dan sangee (tudung saji).
Masyarakat Aceh yang dikenal mayoritas beragama Islam, memiliki adat dan istiadat serta kaya dengan berbagai macam budaya. Hampir semua masyarakat Aceh dari dulu sampai sekarang masih melaksanakan prosesi peusijuek dalam kegiatan-kegiatan yang diyakini perlu diadakannya peusijuek. Karena peusijuek dianggap sebagai adat yang mesti dilaksanakan. Tetapi, dalam beberapa tahun terakhir peusijuek sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa kelompok masyarakat, pengaruh dari kalangan reformis atau puritan, yaitu gerakan Muhammadiyah yang menjadikan fokus utamanya pemurnian atau pembersihan ajaran-ajaran Islam dari sinkretisme, yaitu konsep yang mengandung harmonisasi dan nilai-nilai budaya yang berbeda, yang diikuti para pelaku budaya dan sekte-sekte yang berbeda dengan menganut dua indikator; pertama, memurnikan agama, item-itemnya meliputi; kembali ke teks suci, serba syariah, non-konteks, tidak taklid; kedua, menjauhi sinkretisme, item-itemnya meliputi: menolak, tidak datang, tidak melakukan slametan (Sutiyono, 2010: 65-66).
Gerakan ini hanya diterima dan berkembang di perkotaan. Walaupun demikian, sebagian besar masyarakat perkotaan juga masih melaksanakan prosesi peusijuek tersebut apalagi pada acara perkawinan dan naik haji. Peusijuek juga dilakukan oleh kalangan mahasiswa di Aceh ketika tahun ajaran baru, mereka mengadakan acara peusijuek mahasiswa baru. Peusijuek juga dilakukan di perkantoran-perkantoran di Aceh ketika menerima pegawai baru, mereka mengadakan peusijuek pegawai baru. Prosesi peusijuek sudah menjadi budaya yang terus dipertahankan, peusijuek mengandung nilai-nilai agama yang sangat filosofis sehingga peusijuek dianggap sangat sakral dan mesti dilakukan pada kegiatan-kegiatan yang diyakini perlu adanya peusijuek. Bahkan sampai kepada yang sangat ekstrim, peusijuek dianggap amalan agama yang tidak boleh ditinggalkan. Bila meninggalkannya akan ditimpa musibah atau tidak ada keberkatan dalam menjalankan kegiatannya.

Di samping itu sebagian masyarakat Aceh yang kebanyakan merupakan kelompok reformis, dan sebagian akademisi kampus sangat menentang prosesi peusijuek tersebut. Menurut mereka peusijuek merupakan perbuatan bidah yang tidak pernah dikerjakan oleh Rasulullah SAW, mengerjakannya adalah sia-sia. Oleh karena itu, studi ini hendak menguraikan nilai-nilai agama yang terintegrasi dalam peusijuek tersebut, yang diterima oleh mayoritas masyarakat Aceh dan menjadi sebuah budaya Islam dalam masyarakat Aceh. penelitian ini menggunakan metode analisis isi (analysis content), yaitu menganalisis isi dari tradisi peusijuek dalam masyarakat Aceh yang diyakini sebagai sebuah kepercayaan masyarakat yang secara keagamaan hal tersebut bukan sepenuhnya murni berasal dari ajaran agama.