Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

01 Juli 2022

Apa dan bagaimana? Merdeka Belajar Journal International; Aplikasi di Kurikulum Merdeka Belajar; Berselancar dengan Referensi

 Berselancar dengan Referensi Merdeka Belajar Journal International; Aplikasi di Kurikulum Merdeka Belajar : Apa dan bagaimana?

         
Gill Marshall, 2008. Mempromosikan pembelajaran mandiri dengan desain kurikulum dan penilaian dalam program MRI pascasarjana yang diajarkan "Promoting independent learning by curriculum design and assessment in a taught postgraduate MRI programme" Radiography.

PERGANTIAN NAMA ISTILAH Kurikulum13 ke Kurikulum merdeka

1. Prota 

2. Promes diganti prosem ( program semester )

3. Silabus diganti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

4. KI diganti CP ( capaian pembelajaran)

Klik gambar ini untuk melihat

5. RPP diganti Modul ajar

6. KD diganti TP (tujuan pembelajaran)

Klik gambar ini untuk melihat

7. KKM diganti KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)

8. IPK diganti IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)

Klik gambar ini untuk melihat

9. PH diganti Sumatif

10. PTS diganti STS (Sumatif Tengah Semester)

Klik gambar ini untuk melihat

11. PAS diganti SAS (Sumatif Akhir Semester)

12. Indikator soal diganti dengan indikator asesmen

Klik gambar ini untuk melihat


13. Penilaian teman sejawat diganti Formatif

Linye Zeng, Yonghua Wang, 2021. Pembelajaran mandiri dan inovatif pengajaran senam berbasis interaksi computer "Independent and innovative learning of gymnastics teaching based on computer interaction". The International Journal of Electrical Engineering & Education, First Published.

Klik gambar ini untuk melihat

Marcelinus ChristwardanaSri HandayaniLinda Aliffia Yoshi, 2022. Pengabdian kepada masyarakat sebagai aplikasi pembelajaran mandiri-program kampus mandiri untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa teknik kimia melalui pembelajaran kolaboratif dan mahasiswa berbasis proyek. Community service as an application of the independent learning – independent campus program to improve the competence of chemical engineering students through collaborative and student project-based learning. Education for Chemical Engineers.

Klik gambar ini untuk melihat

Umang V. ShahWenqian ChenClemens Brechtelsbauer, 2020. Laboratorium penemuan bagian II: Kerangka kerja untuk menginkubasi pembelajaran mandiri. "The discovery laboratory part II: A framework for incubating independent learning" Education for Chemical Engineers.

Praktik Merdeka Belajar. Klik gambar lihat videonya

Yifan YuLiyong FuQiaolin Ye, 2022. Pembelajaran metrik jarak multi-tampilan melalui subruang fitur independen dan bersama dengan aplikasi untuk pengenalan kebakaran hutan dan wajah, dan klasifikasi penginderaan jauh. “Multi-view distance metric learning via independent and shared feature subspace with applications to face and forest fire recognition, and remote sensing classification” Knowledge-Based Systems.

Klik gambar untuk melihat videonya

Jonathan SerfatyRaquel Serrano, 2020. Meneliti potensi kartu flash digital untuk memfasilitasi pembelajaran tata bahasa secara mandiri. “Examining the potential of digital flashcards to facilitate independent grammar learning". System.

Klik gambar untuk melihat videonya

Kimberly Paulsen, EdD, Kristin L. Sayeski, PhD, 2013. Menggunakan Keterampilan Belajar untuk Menjadi Pembelajar Mandiri di Kelas Konten Sekunder. "Using Study Skills to Become Independent Learners in Secondary Content Classes" Intervention in School and Clinic, vol. 49, 1: pp. 39-45.

Klik gamabar untuk melihat video media pembelajaran


Karen L. Westberg, PhD, Jann H. Leppien, PhD, 2017. Investigasi Independen Siswa untuk Pembelajaran Otentik. “Student Independent Investigations for Authentic Learning". Gifted Child Today, vol. 41.

Kirsty Williamson, 1995. Pembelajaran Mandiri dan Penggunaan Sumber Daya: VCE Australian Studies. "Independent Learning and the Use of Resources: VCE Australian Studies". Australian Journal of Education, vol. 39, 1: pp. 77-94. First Published.

Abbas Mohamed Omar, 2013. Peran guru dalam membina pembelajaran mandiri di SMA di Zanzibar. "The teachers’ role in fostering independent learning in high schools in Zanzibar". IFLA Journal, vol. 39, 4: pp. 311-318. First Published.

Robert T. Tauber, 1995. Apa yang Dapat Kita Pelajari dari Pemasaran Sekolah Mandiri ?. "What Can We Learn from The Marketing of Independent Schools?" NASSP Bulletin, vol. 79, 567: pp. 88-93. First Published. 


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Di dalam kurikulum ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Projek ini tidak bertujuan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar