32.
Anotasi Jurnal
Judul
: Applying Multiple Intelligences in the Classroom: A Fresh Look at Teaching
Writing
Penulis : Fred C. Lunenburg and Melody R. Lunenburg
Th. Terbit, hal : 2014: hlm. 1–9
Nama Jurnal :
International Journal Of Scholarly Academic Intellectual Diversity
Vol. No. Th. : 16, 1, 2014
A.
Latar
Belakang Masalah
Bidang penelitian otak telah menghasilkan sejumlah
besar informasi baru yang memiliki implikasi untuk bagaimana anak-anak belajar
dan bagaimana guru mengajar. Karya peneliti (Caine & Caine, 2001; Diamond
& Hopson, 1999; Jensen, 2005; Sylwester, 2004; Zadina 2014) menawarkan
pengetahuan untuk aplikasi di dalam kelas. Howard Gardner (1983, 1993, 1999a,
1999b, 1999c, 2004, 2008, 2011) bekerja dengan kecerdasan ganda bertepatan
dengan penelitian otak terbaru dan menawarkan wawasan untuk menulis guru. Saat
menulis guru menggunakan siswa kecerdasan ganda, siswa menulis memiliki potensi
untuk meningkatkan seperti halnya antusiasme mereka untuk menulis.
Apa yang kita maksud dengan intelijen? Ketika
kebanyakan orang berbicara tentang intelijen, mereka umumnya mengacu pada
kemampuan kognitif, "intelligence quotient", atau IQ. Lebih dari satu
abad yang lalu, Alfred Binet mengembangkan sebuah tes tertulis untuk mengukur
IQ anak SD di Perancis.
Kemudian Angkatan Bersenjata Amerika Serikat mulai
menggunakan tes dengan rekrutan dalam Perang Dunia I. Selanjutnya, itu
digunakan secara luas di sekolah-sekolah dan bisnis untuk mengklasifi-kasikan
siswa dan pilih karyawan, masing-masing. Binet IQ Test (Stanford-Binet IQ Test)
pada dasarnya diukur dua tradisional kemampuan kognitif dimensi: lisan/linguistik
dan matematika / logika, yang berpikir untuk menentukan kecerdasan.
Tradisional kecerdasan linguistik dan kecerdasan
logis-matematis telah diidentifikasi dan sangat dihargai dalam pendidikan dan
pembelajaran lingkungan. Kedua kecerdasan mendorong pengujian akademik dan
pengukuran IQ. Mereka adalah dasar dari banyak tes akademik standar seperti
National Assessment of Educational Progress (NAEP), Iowa Uji Keterampilan Dasar
(ITBS), dan tes penguasaan negara mengacu-norma.
Tes masuk perguruan tinggi populer, seperti SAT dan
ACT dan lulus masuk tes dalam kedokteran MCAT, LSAT hukum, GMAT bisnis, dan
pendidikan (GRE) ukuran kemampuan intelektual seperti umumnya. Sementara dua
kecerdasan ini penting bagi kemampuan kita untuk belajar, mereka tidak termasuk
semua (Bartholomew, 2004).
Di satu sisi, beberapa ilmuwan dan pendidik percaya
bahwa orang memiliki kecerdasan tunggal (sering disebut "g faktor")
atau bahwa semua pengetahuan dapat ditulis dalam bahasa proposisional dan
diukur dengan pertanyaan tes jawaban singkat. Di sisi lain, pluralis kognitif
memperluas pengertian tradisional kita pengetahuan dan kecerdasan. Mereka
percaya bahwa orang memiliki banyak kecerdasan dan pengetahuan yang ada dalam
berbagai bentuk representasi (Eisner, 1992).
pluralis kognitif menyarankan bahwa siswa harus dapat
belajar melalui berbagai bentuk representasi (misalnya narasi, puisi, Film,
gambar) dan mampu mengekspresikan diri melalui berbagai bentuk juga. Ini
berarti bahwa sebagian tes, reflektif praktek pendidikan tradisional dalam
bentuk pertanyaan jawaban singkat, terlalu membatasi. Beberapa siswa dapat
lebih mengekspresikan diri mereka melalui lukisan, musik, atau puisi.
Satu mungkin berpikir pluralisme kognitif maka dari
perspektif intelijen. Beberapa sarjana mungkin berpikir kecerdasan sebagai
beragam daripada tunggal. Howard Gardner, seorang advokat terkemuka sudut
pandang ini (1983), berpendapat bahwa, menurut penelitian dan ulasan tentang berbagai
studi sendiri, teori kecerdasan ganda lebih layak daripada teori tentang
"faktor g".
B. Landasan Teori
Berdasarkan studi dari banyak orang dari berbagai
lapisan masyarakat dalam keadaan sehari-hari dan profesi, Howard Gardner (1983,
1993, 1999) mengembangkan teori kecerdasan ganda. Dia melakukan wawancara dan
penelitian otak pada ratusan orang, termasuk korban stroke, keajaiban individu
autis, dan apa yang disebut "sarjana idiot." Gardner mengklaim bahwa
semua manusia memiliki kecerdasan ganda dalam jumlah yang bervariasi.
Setiap orang memiliki profil intelektual yang berbeda.
kecerdasan ini terletak di bagian yang berbeda dari otak dan dapat baik bekerja
secara mandiri atau bersama-sama. kecerdasan ini dapat dipelihara dan
diperkuat, atau diabaikan dan melemah. Menurut Gardner, kita dapat meningkatkan
pendidikan dengan mengatasi multiple intelligences siswa kami.
Gardner (1999a) mengidentifikasi bukan dua, tapi
sembilan kecerdasan yang berbeda: linguistik, logis-matematis, spasial,
kinestetik-jasmani, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan
eksistensial. Gardner mendefinisikan tujuh kecerdasan pertama di Frames of
Mind (1983). Dia menambahkan dua terakhir di Intelligence dibingkai
kembali (1999).
Menurut Gardner (1999a), kecerdasan adalah (a)
kemampuan untuk membuat produk yang efektif atau menawarkan layanan yang
dihargai dalam suatu budaya, (b) satu set keterampilan yang memungkinkan bagi
seseorang untuk memecahkan masalah dalam kehidupan, dan (c) potensi untuk
menemukan atau menciptakan solusi untuk masalah yang melibatkan mengumpulkan
pengetahuan baru.
- Strategi untuk
Menerapkan Multiple Intelligences di Kelas yang
Menulis adalah ekspresi kreatif dari pengalaman
sensorik yang nyata atau dibayangkan. Sebuah sensorimotor dan proses kognitif,
penulisan melayani semua kecerdasan ganda Howard Gardner, bukan hanya
linguistik kecerdasan (Hanson, 2009).
Misalnya, menulis mengaktifkan kecer-dasan
logis-matematis ketika para ilmuwan menulis bukti-bukti untuk teori; kecerdasan
spasial ketika arsitek menulis cetak biru dari struktur mereka;
kinestetik-jasmani intelijen ketika pelatih menulis drama strategis atlet
mereka mengeksekusi; kecerdasan musikal ketika maestro berbagi kejeniusan
mereka melalui komposisi tertulis; kecerdasan interpersonal ketika kelompok
mahasiswa membantu untuk mengedit esai siswa lain; kecerdasan intrapersonal
ketika siswa merenungkan sepotong tertulis; kecerdasan naturalis ketika manusia
menunjukkan kepekaan terhadap alam (tanaman, hewan, awan, konfigurasi rock)
kecerdasan eksistensial ketika para pemimpin dan filsuf agama mempelajari makna
kehidupan.
Empat strategi untuk menerapkan multiple intelligences
di dalam kelas meliputi: "(a) berkolaborasi dengan guru lain, (b)
memberikan siswa dengan pilihan berbagai presentasi, (c) menggabungkan
kecerdasan ganda dalam kelompok pembelajaran kooperatif, dan (d) melibatkan pemangku
kepentingan pendidikan dan tamu speaker "(Educational Broadcasting
Corporation, 2004a, hlm. 4-5).
- Berkolaborasi dengan
Guru Lain
Sebagai seorang guru menulis, Anda mungkin
berkolaborasi dengan rekan yang juga tertarik pada kecerdasan ganda.
Bersama-sama Anda dapat bertukar pikiran cara yang mungkin untuk mengajar
materi pelajaran yang sama atau saling melengkapi. Misalnya, alih-alih mengajar
kepada siswa tentang aturan tata bahasa, Anda dapat berkolaborasi dengan guru
pendidikan jasmani dan menciptakan sebuah permainan di mana siswa verba, kata
benda, kata sifat, dll, dan tim hanya dapat merupakan kalimat lengkap. Anda
dapat melakukan hal yang sama dengan paragraf dan kalimat topik (dengan kalimat
topik yang ditunjuk kapten tim).
- Menyediakan Siswa
dengan Berbagai Presentation Options
Selain menulis esai, Anda dapat mendo-rong siswa untuk
menunjukkan apa yang mereka ketahui dengan memberikan presentasi lisan disertai
dengan alat bantu visual yang mereka buat untuk mengorganisir informasi.
Pilihan presentasi lainnya termasuk peran bermain latihan, memainkan,
perdebatan, mural, penerbitan web, dan presentasi multimedia komputer.
- Menggabungkan
Multiple Intelligen-ces di Pembelajaran Kooperatif Grup
Untuk membantu siswa mengembangkan "kecerdasan interpersonal,"
Anda dapat menggunakan kelompok belajar kooperatif. Setelah menentukan beberapa
kecerdasan majemuk siswa Anda', mengatur kelompok pembelajaran kooperatif
sehingga ada distribusi yang menarik di masing-masing kelompok.
Siswa dengan keterampilan interpersonal yang kuat
sering membuat direksi teater yang sangat baik, sementara mereka yang memiliki
kecerdasan visual yang kuat menikmati lukisan set hidup. Memiliki naturalis dan
interpersonal spesialis dalam kelompok berkolaborasi untuk merencanakan sifat
berjalan.
- Melibatkan
Stakeholder Pendidikan dan Pembicara Tamu
Anda dapat mengembangkan panel dari pemangku
kepentingan pendidikan untuk meninjau siswa Anda 'multiple intelligences
demonstrasi pemahaman. Mengundang ahli ke dalam kelas untuk memperindah
pelajaran menulis. Misalnya, ketika mengajar konsep menulis, mengundang seorang
penulis yang menulis/telah menulis sebuah buku untuk membahas bagaimana dia/dia
menggunakan konsep menulis ditulisannya.
Memotivasi siswa dengan mengambil mereka pada
kunjungan lapangan ke bisnis lokal (misalnya, kantor surat kabar, restoran,
perusahaan teater, museum, stasiun radio dan TV, studio musik, toko buku dengan
fokus pada bahan tertulis untuk melihat bagaimana materi pelajaran belajar di
kelas dapat mengajukan permohonan untuk dunia nyata.
- Metode Penelitian
Siswa harus memiliki pemahaman yang jelas tentang
bagaimana pekerjaan mereka akan dievaluasi. Memberikan tujuan dan harapan dari
pelajaran Anda sebelum mulai mengajar. Ada banyak cara untuk menilai siswa
pemahaman. Mulailah dengan mengembangkan rubrik (Hampton, Murphy, & Lowry,
2009). siswa harus tahu pada awal pelajaran bagaimana demonstrasi nya pemahaman
akan dinilai.
Penilaian menjadi lebih rumit ketika menerapkan
multiple intelligences teori (Educational Broadcasting Corporation, 2004a).
Misalnya, jika tugas menulis membutuhkan sebuah ilustrasi, maka evaluasi akan
kemungkinan mencakup penilaian tidak hanya menulis tapi juga ilustrasi. Satu
siswa dapat menghasilkan tulisan yang brilian dan ilustrasi yang tidak memadai,
sementara siswa lain mungkin menggambarkan dengan baik dan menulis buruk. Juga,
jika kriteria yang ditetapkan untuk mengevaluasi tulisan tidak mengandung
standar untuk menilai mekanik (misalnya ejaan, tanda baca, kapitalisasi, dll)
dari mekanik miskin seharusnya tidak berdampak pada penilaian.
Ada beberapa cara untuk mengatasi dilema semacam ini
menurut Pendidikan Broadcasting Corporation, (a) mengembangkan metode penilaian
yang tidak menunjukkan salah satu kecerdasan sebagai lebih berharga dari yang
lain. Ini mungkin termasuk rubrik menginfor-masikan siswa di awal kriteria
bobot bagian yang berbeda dari tugas; (B) memberikan para siswa dengan
contoh-contoh konkret dari proyek yang diselesaikan sebelum mereka mulai tugas
mereka. Menunjukkan sebuah contoh minimum yang diharapkan dan contoh proyek
teladan, terhadap yang siswa dapat mengukur prestasi mereka sendiri, (c)
fleksibilitas izin dan umpan balik selama proses tersebut. Memberikan waktu tambahan,
baik selama waktu kelas atau setelah sekolah bagi siswa untuk bekerja pada
proyek-proyek mereka, dan (d) melibatkan siswa dalam proses. (2004a, hlm. 8-9)
Beberapa rubrik mungkin termasuk evaluasi rekan.
Beberapa kelas di kelas-kelas atas mungkin berisi panel siswa untuk meninjau
demonstrasi pemahaman siswa dari konten materi pelajaran. Penilaian proyek
siswa dapat disederhanakan dengan menyediakan siswa dengan daftar informasi
bahwa tugas harus alamat. Misalnya, kertas editing dapat disederhanakan dengan
menyediakan siswa dengan daftar periksa proofreading pribadi untuk membantu
mereka mengambil alih editing mandiri mereka sendiri.
Guru dapat mengembangkan daftar periksa ini dengan dua
sampai 10 item tergantung pada tingkat kelas anak-anak. Sebagai contoh, sebuah
checklist kelas pertama mungkin hanya berisi dua item, satu tentang menggunakan
huruf kapital di awal kalimat dan item kedua tentang menggunakan periode di
akhir kalimat. Menurut Tompkins (2010), sebuah checklist kelas menengah mungkin
memiliki item pada kapitalisasi, tanda baca, indentasi paragraf, menggunakan
koma dalam seri, apostrof, penggunaan yang benar dari kata ganti, tanda kutip,
huruf miring, penggunaan kata yang benar (terutama homofon seperti ada dan
mereka, dan untuk, juga, dan dua).
Sampel kelas menengah proofreading checklist disajikan
pada Gambar 1 (Muschla, 2011; Richards & Lassonde, 2011; Tompkins, 2010).
The, proses editing tunggal fokus mandiri dianjurkan, karena tidak mungkin bagi
para penulis muda dan bahkan untuk penulis berpengalaman untuk melihat dan
memperbaiki semua jenis kesalahan penulisan secara bersamaan (Crimi &
Tompkins, 2005; Cunningham & Cunningham, 2010; Davis & Hill, 2003:
Richards & Lassonde, 2011).
D.
Hasil Penelitian
Ketika mengajar menulis menggunakan proses penulisan
lima tahap (prapenulisan, penyusunan, merevisi, mengedit, dan penerbitan),
presentasi biasanya terjadi selama tahap akhir dari proses penulisan, disebut
penerbitan. menulis Publishing anak-anak memiliki beberapa arti. Secara umum,
penerbitan mengacu berbagi tulisan siswa dengan audiens yang lebih besar.
Format dapat berkisar dari cerita rapi tulisan tangan
yang dibacakan teman sekelas untuk naskah yang dihasilkan komputer yang dikirim
ke buku perusahaan untuk publikasi. Antara kedua ujung kontinum, guru dapat
menemukan banyak cara untuk merayakan menulis dengan membantu siswa mempu-blikasikan
karya mereka (Hughey & Slack, 2001; Lunenburg & Lunenburg 2014).
Salah satu cara untuk berbagi siswa menulis dengan
penonton adalah melalui presentasi. Untuk memberikan presentasi yang efektif,
mahasiswa harus memahami materi pelajaran, penonton, strategi presentasi yang
berbeda, dan bagaimana mengatur informasi (Bratcher, 2012). Sebagai seorang
guru menulis, Anda harus mempertimbangkan apa tingkat menulis adalah sesuai
dengan tahapan perkem-bangan bagi siswa Anda. Sebuah laporan mungkin cara yang
baik untuk menyajikan informasi; Namun, penulisan laporan biasanya menguasai di
sekolah menengah.
Untuk siswa SMA, singkat hukum atau pelaporan
jurnalistik mungkin lebih tepat. Untuk presentasi berikut unit menulis, siswa
dapat menulis: jurnal, buku harian, puisi, esai, surat atau email, iklan, ujung
baru untuk cerita, wawancara, lirik lagu, kartu ucapan, komik, arah atau
petunjuk untuk prompt, catatan perjalanan , buku mini buku terikat, drama
singkat, koran atau newsletter, memoar, celana hukum, dan skenario.
- Simulasi
Kegiatan simulasi mengembangkan kecerdasan ganda siswa
dengan memberikan mereka kesempatan untuk bereksperimen dengan kegiatan dunia
nyata. kegiatan simulasi tersebut memiliki nilai praktis. Misalnya, sebelum
naik pesawat terbang, kebanyakan orang akan ingin percontohan untuk memiliki
banyak kegiatan simulasi berhasil diselesaikan pada tanah, serta praktek di
udara. pilot NASA terlibat dalam berbagai latihan simulasi sebelum pergi ke
ruang angkasa. Atlet di semua olahraga berlatih berjam-jam (simulasi) sebelum berpartisipasi
dalam acara olahraga yang sebenarnya.
Pada kelas awal, garis antara bermain dan bekerja
sering kabur. Salah satu cara bagi seorang anak untuk menguasai konsep atau
perilaku baru adalah untuk bermain dengan itu. Dalam nilai yang lebih tua, guru
sering lupa seberapa efektif bermain dapat sebagai alat instruksional.
Alih-alih diberitahu bagaimana melakukan sesuatu yang baru, siswa akan memahami
pembelajaran baru dengan pemahaman yang lebih besar jika perilaku yang
dipelajari melalui pengalaman.
Kegiatan simulasi memberikan siswa dengan jaring
pengaman, seperti melatih roda pada sepeda, seperti cetak biru sebelum
membangun struktur, atau seperti menggunakan proses penulisan lima tahap ketika
mengajar menulis untuk siswa di semua tingkatan kelas.
Untuk melengkapi
pekerjaan kelas, pertimbangkan untuk menggunakan beberapa kegiatan simulasi
berikut: "bermain peran, berdebat, dan perangkat lunak simulasi"
(Educational Broadcasting Corporation, 2004b, pp 4-5.). Semua memiliki potensi
untuk mengintegrasikan multiple intelligences di dalam kelas.
- Bermain peran.
Dalam kelas menulis, memberikan siswa kesempatan untuk
penelitian kehidupan dan karya penulis profesional, seperti Ernest Hemingway,
F. Scott Fitzgerald, dll Kemudian siswa menjadi orang itu dan memberikan kuliah
singkat kepada siswa lain di kelas. kuliah dapat diikuti dengan sesi tanya
jawab.
- Berdebat.
Dalam kelas menulis, debat dan diskusi panel mendorong
siswa untuk memikirkan topik yang lebih komprehensif. alat bantu visual
(gambar, tabel, grafik, dll) dapat mendukung argumen siswa. Teknik ini adalah
salah satu cara untuk memulai dan mengembangkan topik untuk menulis.
- Perangkat lunak
simulasi.
Siswa kecerdasan ganda dapat diaktifkan melalui
program CD-ROM populer seperti InsightMaker, yang memungkinkan pengguna
mengungkapkan nya pengalaman menggunakan gambar yang kaya dan diagram lingkaran
sebab akibat. Ini memungkinkan pengguna mengubah diagram ini menjadi model
simulasi yang kuat: Sistem Dynamics dan Agen Model Berdasarkan. SimCity,
program perangkat lunak simulasi lain, memberikan kompleks, terbuka
masalah-memecahkan situasi.
Program GenScope software simulasi menyediakan
lingkungan interaktif di mana kromosom, gen, dan sifat-sifat yang dapat diamati
dapat dimanipulasi dan dilihat dalam berbagai cara. Virtus walkthrough dan
program-program serupa lingkungan lainnya hadir untuk orang-orang untuk
mengalami.
- Pusat pembelajaran
pusat belajar adalah daerah di kelas yang guru
menetapkan bagi siswa untuk bekerja dalam kelompok atau secara individu.
Masing-masing pusat belajar, atau "stasiun belajar" dilengkapi dengan
perlengkapan dan bahan-bahan yang memberikan para siswa dengan alat yang mereka
butuhkan untuk menyelesaikan berbagai kegiatan dan mini-proyek. pusat belajar
membantu siswa memahami materi pelajaran dan membina kecerdasan ganda.
Jenis-jenis pusat pembelajaran yang sesuai akan
ditentukan oleh ukuran kelas, minat, dan tingkat kelas. pusat pembelajaran
umumnya ditemukan lebih sering di sekolah dasar dan menengah. Namun demikian,
teknik ini telah ditemukan efektif di sekolah-sekolah tinggi juga (Springer,
2010).
Menulis guru mungkin ingin mempertim-bangkan membangun
Membaca/Menulis Pusat untuk mengaktifkan siswa linguistik, spasial,
interpersonal, dan intrapersonal kecerdasan. A Membaca / Menulis Learning
Center umumnya dilengkapi dengan bahan-bahan berikut:
- Bantal untuk
tenang membaca atau diskusi kelompok
- alat kreatif menulis
(pena, kertas), tape recorder, majalah, buku pemula, dan kartu
- Halaman Kuning;
buku alamat sumber daya lainnya
- Daftar alamat dan
nomor telepon dari organisasi yang relevan
- Komputer: Konsep
perangkat lunak pemetaan, pengolah kata, email, koneksi Internet
- alat presentasi
multimedia (misalnya PowerPoint, HyperStudio, dll)
- permainan kata
(Boggle, Scrabble, Password, dll)
- Fiksi dan
non-fiksi buku
- buku-buku
bergambar
- Buku-buku tentang
tape dengan hard copy