Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

19 November 2016

Lampiran RPP PPL 2016

Lampiran 1
Pengamatan Awal



Lampiran 2
LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )

Ketiga gambar di atas merupakan contoh potret destinasi wisata di Kota Surabaya yang dikenal sebagai kota pahlawan, kota terbesar kedua di Indonesia beragam pesona wisata telah menarik wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan waktu luang mereka menikmati suasana yang semarak dengan tempat-tempat wisata alam, Budaya, dan riligi yang sempurna. Pada tahun 2015 lalu jumlah wisatawan asing meningkat sebanyak 6.876 turis mengunjungi Kota Surabaya dibandingkan tahun sebelumnya hanya mencapai 6.604 turis dengan objek wisata yang beragam.
Tugas
1. Apa saja objek wisata Kota Surabaya dilihat dari klasifikasi wisata alam, budaya/sejarah dan riligi?
2. Buatlah gambar dan diskripsikan objek wisata alam, budaya/sejarah dan riligi di Kota Surabaya!
3. Tindakan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan dan memajukan destinasi wisata Kota  Surabaya?
4. Rancanglah karya kreatifmu untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kota Surabaya!
Buatlah dalam bentuk laporan singkat yang dapat di unggah ke media sosial dan menarik minat wisatawan 


LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )

Ketiga gambar di atas merupakan contoh potret destinasi wisata di Kota Surabaya yang dikenal sebagai kota pahlawan, kota terbesar kedua di Indonesia beragam pesona wisata telah menarik wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan waktu luang mereka menikmati suasana yang semarak dengan tempat-tempat wisata alam, Budaya, dan riligi yang sempurna. Pada tahun 2015 lalu jumlah wisatawan asing meningkat sebanyak 6.876 turis mengunjungi Kota Surabaya dibandingkan tahun sebelumnya hanya mencapai 6.604 turis dengan objek wisata yang beragam.
Tugas
1. Apa saja objek wisata Kota Surabaya dilihat dari klasifikasi wisata alam, budaya/sejarah dan riligi?
2. Buatlah gambar dan diskripsikan objek wisata alam, budaya/sejarah dan riligi di Kota Surabaya!
3. Tindakan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan dan memajukan destinasi wisata Kota  Surabaya?
4. Rancanglah karya kreatifmu untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kota Surabaya!
Buatlah dalam bentuk laporan singkat yang dapat di unggah ke media sosial dan menarik minat wisatawan
  
                                                                                                                         Lampiran 3

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
Wisata Alam, Budaya dan Riligi
TeknikPenilaian
:
Tulisan.
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen
1.
 Mengklasifikasi objek wisata di Kota Surabaya kedalam wisata alam, budaya dan riligi
Jelaskan apa saja objek wisata Kota Surabaya dilihat dari klasifikasi wisata alam, budaya/sejarah dan riligi?
2.
Membuat gambar dan mendiskripsikan objek wisata alam, budaya/sejarah dan riligi di Kota Surabaya
Buatlah gambar dan diskripsikan objek wisata alam, budaya/sejarah dan riligi di Kota Surabaya!
3.
Menganalisis tindakan yang akan dilakukan untuk mengembangkan dan memajukan destinasi wisata Kota  Surabaya
Tindakan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan dan memajukan destinasi wisata Kota  Surabaya?

4.
Merancang karya kreatif untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kota Surabaya

Rancanglah karya kreatifmu untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kota Surabaya!



No
Jawaban
1.

2.

3.

4.
-           



RUBRIK PENILAIAN
No.
Nama siswa
Instrumen
Skor
1
2
3
jlh
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30



























JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Menjawab 4 menjawab 3
Menjawab 2
Menjawab 1
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------                             
Skormaksimal

………………………. ,
Guru

(……………………………………………….)

Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
Nama Peserta didik
:
…………………………………………………
Kelas / Semester
:
VII / Genap
Kompetensi Dasar
:
Interaksi manusia dengan linkungan alam
Teknik Penilaian
:
Performance

Penilai
:
Guru
RUBRIK PENILAIAN KINERJA
NO.
Rincian
KRITERIA
SKOR
1
2
3
4
1
Kerjasama
Duduk manis dalam kelompok
Melakukan tugas dlm klpk dg tidak serius
Melakukan tugas dlm klpk dg kurang serius
Melakukan tugas dlm klpk dg serius

2
Tanggung jawab
Mencari 1 tugas
Mencari 2 tugas
Mencari 3 tugas
Mencari 4 tugas

3.
Menghargaia sesama
Menerima keterbatasan teman
Menerima keterbatasan teman, mengharigai penadapat,
Menerima keterbatasan teman, mengharigai penadapat, mengahagai kerja
Menerima keterbatasan teman, mengharigai penadapat, mengahagai kerja, menghargai karya 

4.
Peer tutor
 1x mengajarkan teman sebaya
2 x mengajarkan teman sebaya
3 x mengajarkan teman sebaya
4 x mengajarkan teman sebaya

JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR




= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------          
Skor maksimal



CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………,
Guru


(……………………………………………….