Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

01 Juli 2022

Apa dan bagaimana? Merdeka Belajar Journal International; Aplikasi di Kurikulum Merdeka Belajar; Berselancar dengan Referensi

 Berselancar dengan Referensi Merdeka Belajar Journal International; Aplikasi di Kurikulum Merdeka Belajar : Apa dan bagaimana?

         
Gill Marshall, 2008. Mempromosikan pembelajaran mandiri dengan desain kurikulum dan penilaian dalam program MRI pascasarjana yang diajarkan "Promoting independent learning by curriculum design and assessment in a taught postgraduate MRI programme" Radiography.

PERGANTIAN NAMA ISTILAH Kurikulum13 ke Kurikulum merdeka

1. Prota 

2. Promes diganti prosem ( program semester )

3. Silabus diganti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

4. KI diganti CP ( capaian pembelajaran)

Klik gambar ini untuk melihat

5. RPP diganti Modul ajar

6. KD diganti TP (tujuan pembelajaran)

Klik gambar ini untuk melihat

7. KKM diganti KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)

8. IPK diganti IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)

Klik gambar ini untuk melihat

9. PH diganti Sumatif

10. PTS diganti STS (Sumatif Tengah Semester)

Klik gambar ini untuk melihat

11. PAS diganti SAS (Sumatif Akhir Semester)

12. Indikator soal diganti dengan indikator asesmen

Klik gambar ini untuk melihat


13. Penilaian teman sejawat diganti Formatif

Linye Zeng, Yonghua Wang, 2021. Pembelajaran mandiri dan inovatif pengajaran senam berbasis interaksi computer "Independent and innovative learning of gymnastics teaching based on computer interaction". The International Journal of Electrical Engineering & Education, First Published.

Klik gambar ini untuk melihat

Marcelinus ChristwardanaSri HandayaniLinda Aliffia Yoshi, 2022. Pengabdian kepada masyarakat sebagai aplikasi pembelajaran mandiri-program kampus mandiri untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa teknik kimia melalui pembelajaran kolaboratif dan mahasiswa berbasis proyek. Community service as an application of the independent learning – independent campus program to improve the competence of chemical engineering students through collaborative and student project-based learning. Education for Chemical Engineers.

Klik gambar ini untuk melihat

Umang V. ShahWenqian ChenClemens Brechtelsbauer, 2020. Laboratorium penemuan bagian II: Kerangka kerja untuk menginkubasi pembelajaran mandiri. "The discovery laboratory part II: A framework for incubating independent learning" Education for Chemical Engineers.

Praktik Merdeka Belajar. Klik gambar lihat videonya

Yifan YuLiyong FuQiaolin Ye, 2022. Pembelajaran metrik jarak multi-tampilan melalui subruang fitur independen dan bersama dengan aplikasi untuk pengenalan kebakaran hutan dan wajah, dan klasifikasi penginderaan jauh. “Multi-view distance metric learning via independent and shared feature subspace with applications to face and forest fire recognition, and remote sensing classification” Knowledge-Based Systems.

Klik gambar untuk melihat videonya

Jonathan SerfatyRaquel Serrano, 2020. Meneliti potensi kartu flash digital untuk memfasilitasi pembelajaran tata bahasa secara mandiri. “Examining the potential of digital flashcards to facilitate independent grammar learning". System.

Klik gambar untuk melihat videonya

Kimberly Paulsen, EdD, Kristin L. Sayeski, PhD, 2013. Menggunakan Keterampilan Belajar untuk Menjadi Pembelajar Mandiri di Kelas Konten Sekunder. "Using Study Skills to Become Independent Learners in Secondary Content Classes" Intervention in School and Clinic, vol. 49, 1: pp. 39-45.

Klik gamabar untuk melihat video media pembelajaran


Karen L. Westberg, PhD, Jann H. Leppien, PhD, 2017. Investigasi Independen Siswa untuk Pembelajaran Otentik. “Student Independent Investigations for Authentic Learning". Gifted Child Today, vol. 41.

Kirsty Williamson, 1995. Pembelajaran Mandiri dan Penggunaan Sumber Daya: VCE Australian Studies. "Independent Learning and the Use of Resources: VCE Australian Studies". Australian Journal of Education, vol. 39, 1: pp. 77-94. First Published.

Abbas Mohamed Omar, 2013. Peran guru dalam membina pembelajaran mandiri di SMA di Zanzibar. "The teachers’ role in fostering independent learning in high schools in Zanzibar". IFLA Journal, vol. 39, 4: pp. 311-318. First Published.

Robert T. Tauber, 1995. Apa yang Dapat Kita Pelajari dari Pemasaran Sekolah Mandiri ?. "What Can We Learn from The Marketing of Independent Schools?" NASSP Bulletin, vol. 79, 567: pp. 88-93. First Published. 


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Di dalam kurikulum ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Projek ini tidak bertujuan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran

10 Maret 2022

UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

LEMBAR SOAL

         Mata Ujian                     : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kurikulum                      : K – 2013 Revisi

Penyusun                        : Ridwan., S. Pd. I., MA., M.Pd

Satuan Pendidikan         : SMP

Hari/Tanggal                  :       Maret 2022

Waktu                            : 07.30 – 09.30 (120 menit)

 


PETUNJUK UMUM

1.      Bacalah basmalah dan berdoa sebelum anda mengerjakan soal

2.      Tulislah nama dan nomor ujian anda pada lembar jawaban yang disediakan

3.      Periksa dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum menjawab

4.      Dahulukan menjawab soal-soal yang anda anggap mudah

5.      Kerjakan pada lembar jawaban yang telah disediakan panitia

6.      Hitamkan bulatan huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar dengan menggunakan pensil 2B

7.      Apabila ada jawaban yang dianggap salah, hapuslah jawaban tersebut sampai bersih, kemudian hitamkanlah kotak pada huruf jawaban lain yang dianggap benar.

               A                                          C                     D

 

PETUNJUK KHUSUS  :

A. Hitamkanlah bulatan pada huruf A, B, C atau D  yang paling tepat pada lembar  jawaban 

 

   1.     Perhatikan wacana berikut!

Ketika kelas dalam keadaan sepi, Fajar melihat sebuah HP di atas meja temannya. Awalnya ia ingin mengambil HP tersebut, namun akhirnya ia sadar, walaupun tidak ada seorang pun yang melihatnya tetapi Allah SWT. pasti melihat apa yang akan ia lakukan..

 

Perilaku Fajar pada wacana tersebut merupakan pengamalan Asmaul Husna ....

A.       Al-Alim                                 C. Al-Bashir   

B.       As-Sami                                D. Al-Khabir

 

2.     Perhatikan tabel berikut!

Fenomena Alam

Nama Malaikat

1

Air hujan turun sehingga tanaman menjadi subur

a

Rakib

2

Setiap yang bernyawa pasti merasakan kematian

b

Mikail

3

Perbuatan baik manusia pasti dicatat

c

Munkar

4

Ketika manusia masuk alam barzah akan ditanya tentang amalnya

d

Izrail

 

Pada tabel tersebut, pasangan yang  tepat antara fenomena alam dengan nama malaikat adalah ….

A.       1-a, 2-b, 3-c, dan 4-d                                   C. 2-c, 3-d, 4-a, dan 1-b

B.       1-b, 2-d, 3-a, dan 4-c                                   D. 3-d, 4-c, 1-b, dan 3-a

 

3.     Kewajiban orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. selain kitab suci al-Quran adalah ….

A.        Mengimaninya                                               C. mengamalkannya

B.        Membacanya                                                 D. memahami maknanya

 

4.     Perhatikan pernyataan berikut!

1.       Ahmad selalu berusaha memperoleh manfaat dari orang lain.

2.       Syifa selalu memberi contoh yang baik dan sopan kepada adiknya.

3.       Azam hidup tidak hanya mementingkan kesenangan dunia.

4.       Nayla selalu melaksanakan puasa sunah Senin dan Kamis.

5.       Aisyah selalu mementingkan kepentingan orang lain.

Pernyataan tersebut yang mencerminkan hikmah beriman kepada Rasulullah Saw. adalah nomor ….


A.       1 dan 3         

B.       2 dan 4                                             

C.       3 dan 5

D.       4 dan 5


5.     Perhatikan pernyataan berikut!

                1.       Badu sering mengambil hak milik temannya jika tidak ada yang melihat.

                2.       Arman selalu menyenangkan temannya dengan humornya.

                3.       Ahmad tidak akan melakukan kecurangan dalam ulangan di sekolah.

                4.       Budi membantu gurunya agar mendapat perhatian dan nilai yang tinggi

                5.       Fatimah selalu mendoakan orang tuanya setiap selesai shalat fardhu.

                6.       Kamila rajin membezuk temannya yang sakit.

Pernyataan tersebut yang mencerminkan sikap beriman pada hari akhir ditunjukkan pada nomor .…


A.       1 dan 2

B.       2 dan 4

C.       3 dan 5

D.       4 dan 6


6.     Perhatikan ilustri berikut !

Pada bulan September 2018 terjadi musibah gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala yang mengakibatkan jatuh korban kematian yang cukup banyak. Sebagai orang yang beriman kepada hari akhir, sikap yang tepat dalam menghadapi musibah tersebut adalah ….


A.    Sabar dan tawakkal

B.      Qonaah dan ikhlas

C.      Zuhud dan tawadhu

D.    Istiqomah dan tasamuh


 

7.     Perhatikan ilustrasi berikut!

Latif adalah seorang siswa SMP  kelas IX . Ia termasuk siswa yang rajin belajar dan taat beribadah. Sebentar lagi ia akan mengikuti Ujian Nasional. Namun di luar usahanya saat akan melaksanakan Ujian Nasional ia menderita sakit, sehingga tidak bisa mengikuti Ujian Nasional. Akhirnya ia mengikuti Ujian Nasional dengan hasil yang kurang memuaskan sehingga tidak diterima di sekolah yang ia inginkan.

 

Sebagai orang yang beriman kepada qadha dan qadar, sikap yang tepat dari ilustrasi tersebut adalah ….


A.       syukur dan ikhlas

B.       sabar dan tawakkal

C.       optimis dan ikhtiar

D.       taat dan optimis


8.     Perhatikan pernyataan berikut!

             1.          Ahmad senantiasa mengembalikan sisa uang kembalian belanja kepada ibunya.

             2.          Hasan menceritakan masalah yang sedang dialaminya kepada guru agama Islam.

             3.          Lukman selalu menempatkan kunci motor pada gantungan kunci yang disediakan.

             4.          Fatimah menyampaikan uang titipan dari Pak Harun kepada ayahnya dengan utuh.

             5.          Hadi menceritakan kelebihan dan kekurangan motor dagangannya kepada pembeli.

             6.          Usman selalu berinfaq dan shodaqoh di kotak infaq mushalla pada waktu subuh.

Pernyataan yang menunjukkan perilaku jujur ditunjukkan pada nomor .…


A.    1 dan 2

B.     2 dan 3

C.     4 dan 5

D.    5 dan 6