1.
Anotasi Jurnal
1
|
Penulis : Arif Nur Prasetyo,
Kusumantoro
Th.
Terbit, hal : 2015, 10
Nama
Jurnal : Economic
Education Analysis
Journal
Vol.
No. Th. : 11, 03, 2015
A. Latar Belakang dan Rumusan Masalah
Pengaruh kompetensi pedagogik guru
dan
disiplin belajar
siswa terhadap prestasi
belajar
tentunya tidak lepas dari motivasi belajar
siswa itu sendiri. Motivasi
belajar dapat
memberikan
dorongan kepada siswa untuk menyegerakan
usahanya dalam mencapai prestasi belajar yang tinggi.
Rifa’i dan Anni
(2010:160) memaparkan apabila terdapat dua
siswa yang memiliki kemampuan
sama
dan memberikan peluang dan kondisi yang sama untuk mencapai
tujuan, siswa yang termotivasi
akan memberikan hasil yang lebih baik daripada
siswa yang tidak termotivasi. Pendapat tersebut dikuatkan dengan
penelitian yang telah
dilakukan
oleh Khafid (2008) menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi belajar
terhadap prestasi belajar akuntansi.
Prestasi belajar dipengaruhi faktor yang berasal dari
dalam diri siswa maupun berasal dari luar diri, sehingga
siswa perlu diperhatikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Untuk mencapai prestasi belajar
yang tinggi diperlukan
suatu input yang efektif.
oleh karena itu peneliti bermaksud mengetahui pengaruh kompetensi
pedagogik guru, disiplin belajar, dan
motivasi belajar
belajar
terhadap prestasi belajar
siswa
SMA Negeri 1 Salatiga.
Berdasarkan uraian di atas, maka penting
dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik
guru
dan disiplin belajar melalui motivasi belajar sebagai
variabel intervening terhadap prestasi
belajar
Kewirausahaan siswa kelas X Tata Niaga SMK
N 1 Salatiga.
B. Landasan Teori
Tujuan institusional adalah tujuan yang akan dipakai menurut jenis dan tingkat
sekolah dan tingkat sekolah atau lembaga pendidikan masing-masing (Purwanto, 2003:41).
Belajar merupakan kegiatan yang
berproses dan merupakan
unsur yang sangat
fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis
dan
jenjang pendidikan
(Syah 2008:89).
Usaha untuk
mencapai suatu prestasi
belajar
yang optimal dari proses pembelajaran seorang siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Hal
ini
selaras dengan kesimpulan
dari Purwanto (2006) dalam Mediawati (2010:135)
menyimpulkan sebagai berikut: Hasil
belajar
dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang pada dasarnya
dapat dikelompokkan menjadi dua bagian,
yaitu
faktor
yang
bersumber dalam diri siswa (faktor internal) dan faktor yang bersumber dari luar diri siswa (faktor
eksternal).
C. Metode Penelitian
Jenis penelitian
ini adalah penelitian
kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah
sesluruh siswa kelas X Tata Niaga SMK N 1 Salatiga tahun ajaran 2013/2014 yang sejumlah 75
siswa. Suharsimi (2006:134) menyatakan
bahwa
“apabila subjek
penelitian kurang dari
100, lebih
baik diambil semua
sehingga penelitian merupakan penelitian populasi, jika jumlah subjeknya besar dapat
diambil
antara 10%-15%
atau
20%-25% atau lebih”. Pembagian sample menggunakan teknik total sampel,
dengan demikian
seluruh populasi dijadikan subjek penelitian yaitu75
siswa. Prestasi
merupakan variabel terikat, kompe-tensi pedagogik serta disiplin belajar merupakan
variabel bebas, dan motivasi
belajar merupakan variabel
intervening. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode
analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif
dan statistik inferensial.
D. Hasil Penelitian
Ha1 yang menyatakan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik dan disiplin belajar
secara bersama-sama terhadap prestasi
belajar Kewirausahaan siswa kelas X Tata Niaga
SMK N
1
Salatiga diterima dan
signifikan
sebesar 92%. Jadi, berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa Dengan kompetensi pedagogik yang baik akan memberikan siswa
kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar. Disamping faktor
kompetensi pedagogik sikap disiplin belajar dari siswa yang masih
rendah
menyebabkan prestasi belajar kewirausahaan
rendah juga.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik
terhadap Prestasi Belajar Ha2 yang menyatakan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap
prestasi belajar Kewirausahaan
siswa kelas X
Tata Niaga SMK N 1 Salatiga
diterima dan signifikan
sebesar 53%. Itu artinya semakin baik
kemampuan kompetensi pedagogik guru maka
siswa tersebut semakin memiliki prestasi belajar
yang tinggi. Hasil penelitian
yang dilakukan
Septian Akbar Maryanto (2013) menunjukan
bahwa ada pengaruh positif kompetensi
pedagogik terhadap prestasi belajar
Ha3 yang menyatakan bahwa ada
pengaruh kompetensi pedagogik terhadap
prestasi belajar Kewirausahaan
siswa kelas X
Tata Niaga SMK N 1 Salatiga
diterima dan signifikan sebesar 31%.
Itu
artinya semakin
siswa memiliki
disiplin belajar yang tinggi maka siswa tersebut juga akan mendapatkan prestasi
belajar
yang tinggi pula. Hasil penelitian yang
dilakukan Ana
Rowiyah (2012) dan Partono (2004) menunjukan bahwa ada pengaruh
positif kompetensi
disiplin belajar terhdap prestasi belajar.
Berdasarkan
hasil penelitian dapat
disim-pulkan
bahwa kompetensi pedagogik dan
disiplin belajar melalui motivasi belajar sebagai
variabel intervening terhadap prestasi
belajar
Kewirausahaan
siswa kelas X Tata
Niaga SMK N
1 Salatiga.. Oleh karena itu, saran yang dapat
diberikan, antara lain: hendaknya
siswa dapat
meningkatkan kerja keras dan ketekunan agar dapat mencapai prestasi belajar kewira-usahaan yang tinggi.