1. Hubungan antara model pembelajaran dengan teori belajar, yaitu saling melengkapi dan mendukung satu sama lain, karena model pembelajaran dirancang berdasarkan teori belajar. Model belajar menjadi bahan penentuan tujuan, metode, isi, situasi, media, serta evaluasi. Sedangkan teori belajar berperan penting dalam perencanaan pembelajaran, menyangkut suatu praktek untuk membimbing agar memperoleh pengetahuan dan keterampilan.
2.
Model pembelajaran yang pernah saya terapkan di kelas lalu apa alasan memilih
model tersebut. Model discovery learning memiliki kelebihan, membantu siswa
mengembangkan penguasaan ketrampilan dan proses kognitif dilibatkan terus dalam
penemuan terpimpin, berpusat pada anak, misalnya memberi kesempatan pada siswa
dan guru berpartisispasi.
Model
Problem Based Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah melibatkan siswa dalam
suatu kegiatan (proyek) untuk menghasilkan suatu produk. Keterlibatan siswa
dimulai dari kegiatan merencanakan, membuat rancangan, melaksanakan, dan
melaporkan hasil kegiatan berupa produk dan laporan pelaksanaanya.
3.
Coba klasifikasikan. Model-model pembelajaran sosial berkelompok termasuk dalam
kelompok model ini adalah (1) Investigasi Kelompok (Group Investigation), (2)
Bermain Peran (Role Playing), (3) Penelitian Yurisprudensial (Jurisprudential
Inquiry), (4) Latihan Laboratories (Laboratory Training), (5) Penelitian ilmu
sosial (social science Inquiry). Model pembelajaran personal memusatkan
perhatian pada pandangan perseorangan dan berusaha menggalakkan kemandirian
yang produktif, sehingga manusia menjadi semakin sadar diri dan bertanggung
jawab atas tujuannya. Model-model pembelajaran yang termasuk dalam kelompok
model ini adalah: (1) Pengajaran Tanpa Arahan (Non Directive Teaching), (2)
Sinektiks (Synectics Model), (3) Latihan Kesadaran (Awareness Training), (4)
Pertemuan Kelas (Classroom Meating).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar