Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

20 Desember 2022

Analisis Hubungan Model Pembelajran dengan Teori Pembelajaran


1. Hubungan antara model pembelajaran dengan teori belajar, yaitu saling melengkapi dan mendukung satu sama lain, karena model pembelajaran dirancang berdasarkan teori belajar. Model belajar menjadi bahan penentuan tujuan, metode, isi, situasi, media, serta evaluasi. Sedangkan teori belajar berperan penting dalam perencanaan pembelajaran, menyangkut suatu praktek untuk membimbing agar memperoleh pengetahuan dan keterampilan.

 

2. Model pembelajaran yang pernah saya terapkan di kelas lalu apa alasan memilih model tersebut. Model discovery learning memiliki kelebihan, membantu siswa mengembangkan penguasaan ketrampilan dan proses kognitif dilibatkan terus dalam penemuan terpimpin, berpusat pada anak, misalnya memberi kesempatan pada siswa dan guru berpartisispasi.

 

Model Problem Based Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) untuk menghasilkan suatu produk. Keterlibatan siswa dimulai dari kegiatan merencanakan, membuat rancangan, melaksanakan, dan melaporkan hasil kegiatan berupa produk dan laporan pelaksanaanya.

 

3. Coba klasifikasikan. Model-model pembelajaran sosial berkelompok termasuk dalam kelompok model ini adalah (1) Investigasi Kelompok (Group Investigation), (2) Bermain Peran (Role Playing), (3) Penelitian Yurisprudensial (Jurisprudential Inquiry), (4) Latihan Laboratories (Laboratory Training), (5) Penelitian ilmu sosial (social science Inquiry). Model pembelajaran personal memusatkan perhatian pada pandangan perseorangan dan berusaha menggalakkan kemandirian yang produktif, sehingga manusia menjadi semakin sadar diri dan bertanggung jawab atas tujuannya. Model-model pembelajaran yang termasuk dalam kelompok model ini adalah: (1) Pengajaran Tanpa Arahan (Non Directive Teaching), (2) Sinektiks (Synectics Model), (3) Latihan Kesadaran (Awareness Training), (4) Pertemuan Kelas (Classroom Meating).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar