Lampiran 1
Pengamatan Awal
Lampiran 2
LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )
Ketiga gambar di atas merupakan contoh potret destinasi wisata di Kota Surabaya yang dikenal sebagai kota pahlawan, kota terbesar kedua di Indonesia beragam pesona wisata telah menarik wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan waktu luang mereka menikmati suasana yang semarak dengan tempat-tempat wisata alam, Budaya, dan riligi yang sempurna. Pada tahun 2015 lalu jumlah wisatawan asing meningkat sebanyak 6.876 turis mengunjungi Kota Surabaya dibandingkan tahun sebelumnya hanya mencapai 6.604 turis dengan objek wisata yang beragam.
Tugas
1. Apa saja objek wisata Kota Surabaya dilihat dari klasifikasi wisata alam, budaya/sejarah dan riligi?
2. Buatlah gambar dan diskripsikan objek wisata alam, budaya/sejarah dan riligi di Kota Surabaya!
3. Tindakan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan dan memajukan destinasi wisata Kota Surabaya?
4. Rancanglah karya kreatifmu untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kota Surabaya!
Buatlah dalam bentuk laporan singkat yang dapat di unggah ke media sosial dan menarik minat wisatawan
LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )
Ketiga gambar di atas merupakan contoh potret destinasi wisata di Kota Surabaya yang dikenal sebagai kota pahlawan, kota terbesar kedua di Indonesia beragam pesona wisata telah menarik wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan waktu luang mereka menikmati suasana yang semarak dengan tempat-tempat wisata alam, Budaya, dan riligi yang sempurna. Pada tahun 2015 lalu jumlah wisatawan asing meningkat sebanyak 6.876 turis mengunjungi Kota Surabaya dibandingkan tahun sebelumnya hanya mencapai 6.604 turis dengan objek wisata yang beragam.
Tugas
1. Apa saja objek wisata Kota Surabaya dilihat dari klasifikasi wisata alam, budaya/sejarah dan riligi?
2. Buatlah gambar dan diskripsikan objek wisata alam, budaya/sejarah dan riligi di Kota Surabaya!
3. Tindakan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan dan memajukan destinasi wisata Kota Surabaya?
4. Rancanglah karya kreatifmu untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kota Surabaya!
Buatlah dalam bentuk laporan singkat yang dapat di unggah ke media sosial dan menarik minat wisatawan
Lampiran 3
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Wisata Alam, Budaya dan Riligi
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Tulisan.
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Mengklasifikasi objek wisata di Kota Surabaya kedalam wisata alam, budaya dan riligi
|
Jelaskan apa saja objek wisata Kota Surabaya dilihat dari klasifikasi wisata alam, budaya/sejarah dan riligi?
|
2.
|
Membuat gambar dan mendiskripsikan objek wisata alam, budaya/sejarah dan riligi di Kota Surabaya
|
Buatlah gambar dan diskripsikan objek wisata alam, budaya/sejarah dan riligi di Kota Surabaya!
|
3.
|
Menganalisis tindakan yang akan dilakukan untuk mengembangkan dan memajukan destinasi wisata Kota Surabaya
|
Tindakan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan dan memajukan destinasi wisata Kota Surabaya?
|
4.
|
Merancang karya kreatif untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kota Surabaya
|
Rancanglah karya kreatifmu untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kota Surabaya!
|
No
|
Jawaban
| |
1.
| ||
2.
| ||
3.
| ||
4.
|
-
| |
RUBRIK PENILAIAN
| |||||||
No.
|
Nama siswa
|
Instrumen
|
Skor
| ||||
1
|
2
|
3
|
jlh
| ||||
1
| |||||||
2
| |||||||
3
| |||||||
4
| |||||||
5
| |||||||
6
| |||||||
7
| |||||||
8
| |||||||
9
| |||||||
10
| |||||||
11
| |||||||
12
| |||||||
13
| |||||||
14
| |||||||
15
| |||||||
16
| |||||||
17
| |||||||
18
| |||||||
19
| |||||||
20
| |||||||
21
| |||||||
22
| |||||||
23
| |||||||
24
| |||||||
25
| |||||||
26
| |||||||
27
| |||||||
28
| |||||||
29
| |||||||
30
| |||||||
JUMLAH SKOR
| |||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
| |||||
Menjawab 4 menjawab 3
Menjawab 2
Menjawab 1
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X 100 = ---------
Skormaksimal
| |||||
………………………. ,
Guru
(……………………………………………….)
Lampiran 4 : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
Nama Peserta didik
|
:
|
…………………………………………………
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Genap
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Interaksi manusia dengan linkungan alam
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Performance
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
RUBRIK PENILAIAN KINERJA
|
NO.
|
Rincian
|
KRITERIA
|
SKOR
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
| |||||
1
|
Kerjasama
|
Duduk manis dalam kelompok
|
Melakukan tugas dlm klpk dg tidak serius
|
Melakukan tugas dlm klpk dg kurang serius
|
Melakukan tugas dlm klpk dg serius
| |||
2
|
Tanggung jawab
|
Mencari 1 tugas
|
Mencari 2 tugas
|
Mencari 3 tugas
|
Mencari 4 tugas
| |||
3.
|
Menghargaia sesama
|
Menerima keterbatasan teman
|
Menerima keterbatasan teman, mengharigai penadapat,
|
Menerima keterbatasan teman, mengharigai penadapat, mengahagai kerja
|
Menerima keterbatasan teman, mengharigai penadapat, mengahagai kerja, menghargai karya
| |||
4.
|
Peer tutor
|
1x mengajarkan teman sebaya
|
2 x mengajarkan teman sebaya
|
3 x mengajarkan teman sebaya
|
4 x mengajarkan teman sebaya
| |||
JUMLAH SKOR
| ||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
| ||||||
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X 100 = ---------
Skor maksimal
| |||||||
CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
| ||||||||
…………………,
Guru
(……………………………………………….