Guru Inovatif Siswa Kreatif

Guru Inovatif Siswa Kreatif

Total Tayangan Halaman

12 Mei 2017

Guru Wildani 2 Surabaya Dalam Do’a: (Sebuah Refleksi putra kecil polos dari Aceh)

Ar-Radhi mulai belajar A Ba Ta 20-01-2016
Setiap pagi indah deruan angin menerpa wajah

Ar-Radhi satu halaman butuh waktu 2 hari
Dingin menyelimuti langkah menuju taman hikmah
Renungan kami hanya untuk sebuah kejayaan
Mencoba berfikir… berfikir hanya untuk sebuah keberhasilan

Kejayaan dan keberhasilan siswa
dua kata impian setiap pahlawan
Tiada hari tanpa bakti tanpa sertifikasi
Itu julukan sang Umar Bakry…

Tiap langkahmu penuh pengorbanan
Dirimu selalu dikenang
Tiap hari engkau curahkan ilmu pengetahuan

Hari demi hari engkau lalui tanpa jemu
Tiada rasa jenuh terpancar di wajah mu
Semangatmu terus berkobar
Memberikan sejuta makna terpancar

Suci iklas pemberian ilmumu
Dari kami buta mejadi tau
Engkau ibarat lampu penerang gelap alam Qalbu
Engkai ibarat angin selalu menghembus selaksa ilmu

Benih jasa engkau tanam setiap hari
Di sekolah Wildani kini tumbuh bersemi
Hari ini menjadi saksi engkau telah mengabdi
Terpujilah engkau wahai guru kami

Terlihat titik caya dibalik bibirmu guru
Terlihat rambu cinta dari gerakan tanganmu
Engkau pembuka jalan buntu
Engkau penabur harapan baru


Tetapi di sisi kami kami kadang tidak mendengarkanmu
Engkau juga tak pernah mengeluh lelah mengajari kami
Engaku mengajari kami memilih warna merekah
Tentang garis yag harus di lukis indah
Engkau ajari kata yang harus dibaca
Tentang kata penuh makna
Tentang kata penuh guna
Tentang kata bukan sekedar baca

Setiap harimu penuh sapa riang
Sekarang Rdhi Mandiri berhasil beradaptasi berkat ustadz
Kata-katamu membuat anak bergembra garang
Karya jasamu berjaya muridmu menjulang
Walau perjuanganmu tanpa lencana
Tapi jasamu tak pernah hilang

Engkau penebar jasa tanpa harab balasan
Engkau menjunjung penghargaan
Tanpa harap engkau disanjung
Maafkan kami mengecewakanmu

Dil angit ada mata hari yang tidak pernah berhenti bersinar
Para Ustazd memfasilitasi berbagai lomba
Di bumi ada guru kami setiap hari tulus mengajar
Jasamu kami semat abadi di dada
Tidak akan pernah sirna diterpa angin usia

Padamu anak kami berguru
Padamu anak kami meniru
Menggerakkan Parenting berpartisipasi
Engkau iklas melayani anak negeri dititpkan padamu
Anak kaku penuh malu dan nafsu

Aku adalah kertas lukis belum bergaris tanpa warna
Engkau lukis penuh garis warna warni penuh makna
Suatu saat nanti muridmu akan membalas budi
Dengan melukiskan beribu pelangi kebangganMu

Setiap hari mu membawa hal baru
Sehingga kami rindu dan senang menunggu
Waktumu sungguh akurat
tanpa ada kata terlambat

Pembelajaranmu sungguh berfariasi
Dengan berbagai ragam aksi
Merayakan momen dengan penghargaan
Nyanyian, teriakan, dan tepuk tangan
Engkau lakoni memberi arti kami hidup harus ceria

Engkau ajarkan kami dengan bermacam gaya
Beragam cara dan media
hingga setiap sudut kelas kami besuara
menggema dan bernyawa

Sekolah-sekolah biasa hanya membimbing 2 jam saja
tetapi engkau membimbing kami 6 jam setiap harinya
Kerjasama dan keakraban Ustadz dan parenting
tanpa detik tanpa ceria, engkau ajarkan kami penuh tanya
engkau bimbing kami denga dorongan kuat untuk mencoba

Engkau penuh sungguh-sungguh
tanpa keluh lelah, bosan atau kecewa
Kesungguhanmu sungguh sempurna
tanpa lepas dari bercanda

Engkau mungkin tidak tercatat
sebagai 1000 orang berpegaruh di dunia,
tetapi dirimu salah satu orang
Membiasakan anak berdo'a bersama
paling berpegaruh bagu dunia saya

Engkau ajarkan kami mengenal diri,
engkau bibimbing kami mengenal rabbi,
engkau tuntun kami berbakti pada orang tua,
engkau latih kami menghormati sesama,

engkau arahkan kami menjaga alam semesta,
engkau didik kami mengabdi pada bangsa dan agama.
Duhai guruku jasamu tak terkira,
baktikmu luar biasa engkau menolong kami semua
Melatih anak menghadap Allah dengan benar

Engkau ajari kami kata demi kata,
engkau latih kami mengeja huruf demi huruf
setiap hari tanpa henti hingga kami bisa membaca

Engkau ajari kami huruf hijaiyah
Engkau buka lebar jalan kami menuju hidayah
Meskipun kami sering kesandung salah
tapi engkau senatiasa mendukung untuk lebih baik melangkah

Menjadikan alam sebagai sumber belajar
Hanya terimakasih yang dapat kami ucapkan
semoga Allah memberi pahala berlimpah,
semoga setiap ayat yang kami lantunkan
membawa berkah ilmu yang engkau ajarkan

Semoga setiap doa-doa yang terkabulkan
pahala mengalir untukmu disisi Allah.
Telah engkau ajarkan beribu kata
dalam doa-doa penuh hikmah,

engkau bimbing kami cara yang benar menghadap Alah
Doa-doa harian setiap hari tanpa henti engkau biasakan
Melatih Fisik Motorik
Syair-syair shalawat senantiasa engkau lantunkan
Membawa kenangan bagi kami tidak tergantikan

Hanya satu pintaku pada Tuhan
muliakanlah guru-guru kami didunia,
lapangkanlah segala urusan merka
sebagaimana mereka melapangkan kami belajar

layakkanlah guru-guru kami
menjadi penghuni syurgaMu ya Allah
Pupuskan segala duka mereka dimuka bumi Mu
Bernyanyi Gembira

Bahagiakanlah keluarga mereka
setiap hari ditinggal pergi demi mendidik kami…
jika keluarga guru kami dilanda kesusahan
julurkan sayap-sayap malikatMu lindungi merka semua…

kami hanya pelajar masih kecil
tetapi pinta kami kepada yang Maha besar
tunjukkan keagunganMu dengan Rahman RahimMu
Mengajari bakti: ananda mencuci kaki Umi di hari Ibu
berikan guru kami kemulian dunia dan akhiratMu

Ampuni setiap dosa-dosa merka,
gantikan setiap duka dan airmata mereka
dengan keberkahan rejekiMU

Kami sungguh pelajar lemah
Tidak akan sanggup membalas jasa guru,
karena itu kami mohon kepada Maha perkasa
memberikan guru kami bahagia

Karena mereka kami mengenal Mu
wahai zat penggenggam alam,
maka taklukkan pikulan beban dunia mereka
agar setiap harinya mereka bisa senyum ceria
Mengajari cinta alam lebih dekat dan mengalami

Wahai zat pemilik jiwa
berikan ketenangan hati guru kami
mendidik generasi Robbani

Dengan mengabdi kepada Mu
jasa guru kami Engkau ganti dengan pahala di sisiMu
Dengan mencintai Rasulmu engkau cintai guru kami
Kami banyak bersalah,
kadang tingkah atau kata yang tidak pantas,
kadang kami banyak tidak mendengar perintah guru
Flaying Fox melatih adrenalin anak
Sembarang bergerak, meloncat dan berlarilari kesana kemari,

tetapi guru kami tidak pernah benci, marah atau dendam pada kami
justru kami senantia ada dalam setiap doa-doa mereka,
bahkan kami belajar berdoa dari mereka guru kami

memang dalam syurgaMu kami belum pantas,
tetapi menahan siksaMu di neraka kami tak kuat,
kerena itu ampunilah dosa-dosa kami,
dosa-dosa orang tua dan guru kami

Membuat Jus Jambu learning by doing
ya ilahi ya robbi antal maksudi
waridha ka mathlubi...
wahai Tuhan kami Engkau tujuan kami
dan kasih sayangMu yang kami cari

terimakasih guru kami...
maafkanlah salah dan khilaf kami...
       























































































































































 



 






13 April 2017

18 Karakter dalam Pendidikan : Indkator Sekolah dan Kelas Berkarakter

Karakter Bangsa dari Karakter Lokal
Pendidikan karakter bangsa bisa dilakukan dengan pembiasaan nilai moral luhur kepada peserta didik dan membiasakan mereka dengan kebiasaan (habit) yang sesuai dengan karakter kebangsaan.
Pendidikan karakter sendiri memiliki fungsi untuk mengembangkan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut diurai dari fungsi Pendidikan karakter, meliputi :
1)   mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik
2)   memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur
3)   meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia
4)   Pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai media yang mencakup keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa.
Berbagai karakter dalam penidikan sebagai bahan untuk menerapkan pendidikan di Sekolah dan Kelas adalah sebagai berikut:

1. Religius 
Indahnya Karakter Religius
Riligius merupakan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain. 
1)      Indikator Sekolah
a.       Merayakan hari-hari besar keagamaan. 
b.      Memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah. 
c.       Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah. 
2)      Indikator Kelas
a.       Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran. 
b. Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah. 

2. Jujur
Berbohomg Panjang Hidung
Jujur merupakan perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. 
1)      Indikator Sekolah
a.       Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.  
b.      Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala. 
c.       Menyediakan kantin kejujuran. 
d.      Menyediakan kotak saran dan pengaduan. 
e.       Larangan membawa fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau ujian.

2)     Indikator Kelas
a.        Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.   
b.      Tempat pengumuman barang temuan atau hilang. 
c.       Tranparansi laporan keuangan dan penilaian kelas secara berkala. 
d.  Larangan menyontek. 

3. Toleransi  
Indahnya Toleransi Antar Sesama
Toleransi merupakan Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya 
1)      Indikator Sekolah
a.    Menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas. 
b.   Memberikan perlakuan yang sama terhadap stakeholder tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan  status ekonomi.

2) Indikator Kelas
a.       Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi. 
b.      Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.  
c.       Bekerja dalam kelompok yang berbeda.

4. Disiplin
Karakter Disiplin
Disiplin ; Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. 
1) Indikator Sekolah
a.       Memiliki catatan kehadiran.  
b.      Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang disiplin. 
c.       Memiliki tata tertib sekolah. 
d.      Membiasakan warga sekolah untuk berdisiplin. 
e.       Menegakkan aturan dengan memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah. 
f.       Menyediakan peralatan praktik sesuai program studi keahlian (SMK). 
2) Indikator Kelas
a. Membiasakan hadir tepat waktu. 
b. Membiasakan mematuhi aturan. 
c. Menggunakan pakaian praktik sesuai dengan program studi keahliannya (SMK). 
d. Penyimpanan dan pengeluaran alat dan bahan (sesuai program studi keahlian) (SMK).

5. Kerja Keras
Karakter Kerja Keras
Kerja Keras; Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.  
Indikator Sekolah
a. Menciptakan suasana kompetisi yang sehat. 
b. Menciptakan suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras. 
c. Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang kerja. 

Indikator Kelas
a. Menciptakan suasana kompetisi yang sehat.  
b. Menciptakan kondisi etos kerja, pantang menyerah, dan daya tahan belajar. 
c. Mencipatakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja. 
d. Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang giat bekerja dan belajar. 

6. Kreatif
Karakter Kreatif
Kreatif; Berpikir dan melakukan sesuatu untuk  menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.

Indikator Sekolah
Menciptakan situasi yang  menumbuhkan daya  berpikir dan bertindak kreatif.

Indikator Kelas
a.       Menciptakan situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya pikir dan bertindak kreatif. 
b.      Pemberian tugas yang menantang munculnya karya-karya baru baik yang autentik maupun modifikasi. 

7. Mandiri
Pentingnya Mandiri
Mandiri; Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Indikator Sekolah
Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik.

Indikator Kelas
Menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri.

8. Demokratis
Karakter Demokratis
Demokratis; Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

Indikator Sekolah
a. Melibatkan warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan. 
b. Menciptakan suasana  sekolah yang menerima perbedaan.
c. Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka.

Indikator Kelas
a. Mengambil keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat.
b. Pemilihan kepengurusan kelas secara terbuka.
c. Seluruh produk kebijakan  melalui musyawarah dan mufakat.
d. Mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif.

9. Rasa Ingin Tahu
Tinggi Rasa Ingin Tahu
Rasa Ingin Tahu; Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.

Indikator Sekolah
a.       Menyediakan media komunikasi atau informasi (media cetak atau media
elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah.  
b.      Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu
pengetahuan, teknologi, dan budaya.

Indikator Sekolah
a. Menciptakan suasana kelas yang mengundang rasa ingin tahu.
b. Eksplorasi lingkungan secara terprogram.
c. Tersedia media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik).  

10. Semangat Kebangsaan
Semangat Mengisi Kemerdekaan
Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

Indikator Sekolah
a. Melakukan upacara rutin sekolah. 
c.       Melakukan upacara hari-hari besar nasional.
c. Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional.
d. Memiliki program melakukan kunjungan ke tempat bersejarah. 
e. Mengikuti lomba pada hari besar nasional.

Indikator Kelas
a. Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi.
b. Mendiskusikan hari-hari besar nasional. 

11. Cinta Tanah Air
Cinta Tanah Air
Cinta Tanah Air ; Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

Indikator Sekolah
a. Menggunakan produk buatan dalam negeri.
b. Menyediakan informasi  (dari sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia.
c. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Indikator Kelas
a. Memajangkan: foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia
b.. Menggunakan produk buatan dalam negeri.

12. Menghargai Prestasi
Karakter Menghargai Prestasi
Menghargai Prestasi ; Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat,  mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.

Indikator Sekolah
a. Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah.
b. Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.

Indikator Kelas
a. Memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik.
b. Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
c. Menciptakan suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi.

13. Bersahabat/ Komunikatif
Bersahabat dan Komunikatif
Bersahabat/ Komuniktif ; Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.

Indikator Sekolah
a. Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antarwarga sekolah. 
b. Berkomunikasi dengan bahasa yang santun.
c. Saling menghargai dan menjaga kehormatan. 
d. Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban. 

Indikator Kelas
a. Pengaturan kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik.
b. Pembelajaran yang dialogis.
c. Guru mendengarkan keluhan-keluhan peserta didik.
d. Dalam berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik.

14. Cinta Damai
Karakter Cinta Damai
Cinta Damai ; Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya 

Indikator Sekolah
a. Menciptakan suasana sekolah dan bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
b. Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c. Membiasakan perilaku warga sekolah yang tidak bias gender. 
d. Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang.

Indikator Kelas
a. Menciptakan suasana kelas yang damai.
b. Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c. Pembelajaran yang tidak bias gender. 
d. Kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang.

15.  Gemar Membaca
Karakter Gemar Membaca
Gemar Membaca ; Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

Indikator Sekolah
a. Program wajib baca.
.b. Frekuensi kunjungan perpustakaan.
c. Menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca.

Indikator Kelas
a. Daftar buku atau tulisan yang dibaca peserta didik. 
b. Frekuensi kunjungan perpustakaan.
c. Saling tukar bacaan.
d. Pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi.

16. Peduli Lingkungan
Karakter Cinta Lingkungan
Peduli Lingkungan ; Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

Indikator Sekolah
a. Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
b. Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
c. Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
d. Pembiasaan hemat energi.
e. Membuat biopori di area sekolah.
f. Membangun saluran pembuangan air limbah dengan baik.
g. Melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.
h. Penugasan pembuatan kompos dari sampah organik.
i. Penanganan limbah hasil praktik (SMK).
j. Menyediakan peralatan kebersihan. 
k. Membuat tandon penyimpanan air.
l. Memrogramkan cinta bersih lingkungan.

Indikator Kelas
a. Memelihara lingkungan kelas.
b. Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
c. Pembiasaan hemat energi.
d. Memasang stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan apabila selesai digunakan (SMK).

17. Peduli Sosial
Karakter Peduli Sosial
Peduli Sosial ; Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. 

Indikator Sekolah
a. Memfasilitasi kegiatan bersifat sosial.
b. Melakukan aksi sosial.
c. Menyediakan fasilitas untuk menyumbang.

Indikator Kelas
a. Berempati kepada sesama teman kelas.
b. Melakukan aksi sosial.
c. Membangun kerukunan warga kelas.

18. Tanggung Jawab
Karakter Tanggung Jawab
Tanggung Jawab ; Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa.

Indikator Sekolah
a. Membuat laporan setiap kegiatan  yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
b. Melakukan tugas tanpa disuruh.
c. Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
d. Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas.

Indikator Kelas
a. Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b. Peran serta aktif dalam kegiatan sekolah.
c. Mengajukan usul pemecahan masalah.