Karakter Bangsa dari Karakter Lokal |
Pendidikan
karakter bangsa bisa dilakukan dengan pembiasaan nilai moral luhur kepada
peserta didik dan membiasakan mereka dengan kebiasaan (habit) yang sesuai
dengan karakter kebangsaan.
Pendidikan
karakter sendiri memiliki fungsi untuk mengembangkan watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal
tersebut diurai dari fungsi Pendidikan karakter, meliputi :
1) mengembangkan
potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik
2) memperkuat dan
membangun perilaku bangsa yang multikultur
3) meningkatkan
peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia
4) Pendidikan
karakter dilakukan melalui berbagai media yang mencakup keluarga, satuan
pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan
media massa.
Berbagai karakter dalam penidikan sebagai
bahan untuk menerapkan pendidikan di Sekolah dan Kelas adalah sebagai berikut:
1. Religius
Indahnya Karakter Religius |
Riligius merupakan sikap dan perilaku yang patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama
lain.
1)
Indikator Sekolah
a.
Merayakan hari-hari besar keagamaan.
b.
Memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah.
c.
Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik
untuk melaksanakan ibadah.
2)
Indikator Kelas
a. Berdoa sebelum
dan sesudah pelajaran.
b. Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik
untuk melaksanakan ibadah.
2. Jujur
Berbohomg Panjang Hidung |
Jujur merupakan perilaku yang didasarkan pada upaya
menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam
perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
1) Indikator
Sekolah
a.
Menyediakan fasilitas tempat temuan barang
hilang.
b.
Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara
berkala.
c.
Menyediakan kantin kejujuran.
d.
Menyediakan kotak saran dan pengaduan.
e.
Larangan membawa fasilitas komunikasi pada saat
ulangan atau ujian.
2) Indikator Kelas
a.
Menyediakan
fasilitas tempat temuan barang hilang.
b.
Tempat pengumuman barang temuan atau hilang.
c. Tranparansi
laporan keuangan dan penilaian kelas secara berkala.
d. Larangan menyontek.
3.
Toleransi
Indahnya Toleransi Antar Sesama |
Toleransi merupakan Sikap dan tindakan
yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap, dan tindakan
orang lain yang berbeda dari dirinya
1) Indikator
Sekolah
a.
Menghargai dan memberikan perlakuan yang sama
terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan,
status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas.
b.
Memberikan perlakuan yang sama terhadap stakeholder
tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status
ekonomi.
2) Indikator Kelas
2) Indikator Kelas
a.
Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh
warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan
status ekonomi.
b.
Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan
khusus.
c.
Bekerja dalam kelompok yang berbeda.
4. Disiplin
Karakter Disiplin |
Disiplin ; Tindakan yang menunjukkan perilaku
tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
1) Indikator
Sekolah
a.
Memiliki catatan kehadiran.
b.
Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang
disiplin.
c.
Memiliki tata tertib sekolah.
d.
Membiasakan warga sekolah untuk berdisiplin.
e.
Menegakkan aturan dengan memberikan sanksi secara
adil bagi pelanggar tata tertib sekolah.
f. Menyediakan
peralatan praktik sesuai program studi keahlian (SMK).
2) Indikator Kelas
a. Membiasakan hadir tepat waktu.
b. Membiasakan mematuhi aturan.
c. Menggunakan pakaian praktik
sesuai dengan program studi keahliannya (SMK).
d. Penyimpanan dan pengeluaran
alat dan bahan (sesuai program studi keahlian) (SMK).
5.
Kerja Keras
Karakter Kerja Keras |
Kerja Keras; Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
Indikator Sekolah
a. Menciptakan suasana kompetisi yang sehat.
b. Menciptakan suasana sekolah
yang menantang dan memacu untuk bekerja keras.
c. Memiliki pajangan tentang
slogan atau motto tentang kerja.
Indikator Kelas
a. Menciptakan suasana
kompetisi yang sehat.
b. Menciptakan kondisi etos
kerja, pantang menyerah, dan daya tahan belajar.
c. Mencipatakan suasana
belajar yang memacu daya tahan kerja.
d. Memiliki pajangan tentang
slogan atau motto tentang giat bekerja dan belajar.
6.
Kreatif
Karakter Kreatif |
Kreatif; Berpikir dan melakukan sesuatu untuk
menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
Indikator Sekolah
Indikator Sekolah
Menciptakan situasi yang menumbuhkan
daya berpikir dan bertindak kreatif.
Indikator Kelas
Indikator Kelas
a. Menciptakan
situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya pikir dan bertindak kreatif.
b. Pemberian tugas
yang menantang munculnya karya-karya baru baik yang autentik maupun
modifikasi.
7. Mandiri
Pentingnya Mandiri |
Mandiri; Sikap dan prilaku yang tidak mudah
tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
Indikator Sekolah
Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik.
Indikator Kelas
Menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri.
8. Demokratis
Indikator Sekolah
Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik.
Indikator Kelas
Menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri.
8. Demokratis
Karakter Demokratis |
Demokratis; Cara berpikir, bersikap, dan bertindak
yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
Indikator Sekolah
a. Melibatkan warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan.
b. Menciptakan suasana sekolah yang menerima perbedaan.
c. Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka.
Indikator Kelas
a. Mengambil keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat.
b. Pemilihan kepengurusan kelas secara terbuka.
c. Seluruh produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.
d. Mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif.
9. Rasa Ingin Tahu
Indikator Sekolah
a. Melibatkan warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan.
b. Menciptakan suasana sekolah yang menerima perbedaan.
c. Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka.
Indikator Kelas
a. Mengambil keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat.
b. Pemilihan kepengurusan kelas secara terbuka.
c. Seluruh produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.
d. Mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif.
9. Rasa Ingin Tahu
Tinggi Rasa Ingin Tahu |
Rasa Ingin Tahu; Sikap dan
tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari
sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
Indikator Sekolah
Indikator Sekolah
a.
Menyediakan media komunikasi atau informasi (media
cetak atau media
elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah.
elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah.
b.
Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi
dalam pendidikan, ilmu
pengetahuan, teknologi, dan budaya.
Indikator Sekolah
pengetahuan, teknologi, dan budaya.
Indikator Sekolah
a. Menciptakan suasana kelas yang mengundang rasa
ingin tahu.
b. Eksplorasi lingkungan secara terprogram.
c. Tersedia media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik).
10. Semangat Kebangsaan
b. Eksplorasi lingkungan secara terprogram.
c. Tersedia media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik).
10. Semangat Kebangsaan
Semangat Mengisi Kemerdekaan |
Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan
berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan
diri dan kelompoknya.
Indikator Sekolah
a. Melakukan upacara rutin sekolah.
Indikator Sekolah
a. Melakukan upacara rutin sekolah.
c.
Melakukan upacara hari-hari besar nasional.
c. Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional.
d. Memiliki program melakukan kunjungan ke tempat bersejarah.
e. Mengikuti lomba pada hari besar nasional.
Indikator Kelas
a. Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi.
b. Mendiskusikan hari-hari besar nasional.
c. Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional.
d. Memiliki program melakukan kunjungan ke tempat bersejarah.
e. Mengikuti lomba pada hari besar nasional.
Indikator Kelas
a. Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi.
b. Mendiskusikan hari-hari besar nasional.
11. Cinta Tanah
Air
Cinta Tanah Air |
Cinta Tanah Air ; Cara berpikir, bersikap, dan
berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang
tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan
politik bangsa.
Indikator Sekolah
a. Menggunakan produk buatan dalam negeri.
b. Menyediakan informasi (dari sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia.
c. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Indikator Kelas
a. Memajangkan: foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia
b.. Menggunakan produk buatan dalam negeri.
12. Menghargai Prestasi
Indikator Sekolah
a. Menggunakan produk buatan dalam negeri.
b. Menyediakan informasi (dari sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia.
c. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Indikator Kelas
a. Memajangkan: foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia
b.. Menggunakan produk buatan dalam negeri.
12. Menghargai Prestasi
Karakter Menghargai Prestasi |
Menghargai Prestasi ; Sikap dan tindakan yang
mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi
masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.
Indikator Sekolah
a. Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah.
b. Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
Indikator Kelas
a. Memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik.
b. Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
c. Menciptakan suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi.
13. Bersahabat/ Komunikatif
Indikator Sekolah
a. Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah.
b. Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
Indikator Kelas
a. Memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik.
b. Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
c. Menciptakan suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi.
13. Bersahabat/ Komunikatif
Bersahabat dan Komunikatif |
Bersahabat/ Komuniktif ; Tindakan yang
memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang
lain.
Indikator Sekolah
a. Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antarwarga sekolah.
b. Berkomunikasi dengan bahasa yang santun.
c. Saling menghargai dan menjaga kehormatan.
d. Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban.
Indikator Kelas
a. Pengaturan kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik.
b. Pembelajaran yang dialogis.
c. Guru mendengarkan keluhan-keluhan peserta didik.
d. Dalam berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik.
14. Cinta Damai
Indikator Sekolah
a. Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antarwarga sekolah.
b. Berkomunikasi dengan bahasa yang santun.
c. Saling menghargai dan menjaga kehormatan.
d. Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban.
Indikator Kelas
a. Pengaturan kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik.
b. Pembelajaran yang dialogis.
c. Guru mendengarkan keluhan-keluhan peserta didik.
d. Dalam berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik.
14. Cinta Damai
Karakter Cinta Damai |
Cinta Damai ; Sikap, perkataan, dan tindakan yang
menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran
dirinya
Indikator Sekolah
a. Menciptakan suasana sekolah dan bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
b. Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c. Membiasakan perilaku warga sekolah yang tidak bias gender.
d. Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang.
Indikator Kelas
a. Menciptakan suasana kelas yang damai.
b. Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c. Pembelajaran yang tidak bias gender.
d. Kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang.
15. Gemar Membaca
Indikator Sekolah
a. Menciptakan suasana sekolah dan bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
b. Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c. Membiasakan perilaku warga sekolah yang tidak bias gender.
d. Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang.
Indikator Kelas
a. Menciptakan suasana kelas yang damai.
b. Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c. Pembelajaran yang tidak bias gender.
d. Kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang.
15. Gemar Membaca
Karakter Gemar Membaca |
Gemar Membaca ; Kebiasaan menyediakan waktu untuk
membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
Indikator Sekolah
a. Program wajib baca.
.b. Frekuensi kunjungan perpustakaan.
c. Menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca.
Indikator Kelas
a. Daftar buku atau tulisan yang dibaca peserta didik.
b. Frekuensi kunjungan perpustakaan.
c. Saling tukar bacaan.
d. Pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi.
16. Peduli Lingkungan
Indikator Sekolah
a. Program wajib baca.
.b. Frekuensi kunjungan perpustakaan.
c. Menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca.
Indikator Kelas
a. Daftar buku atau tulisan yang dibaca peserta didik.
b. Frekuensi kunjungan perpustakaan.
c. Saling tukar bacaan.
d. Pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi.
16. Peduli Lingkungan
Karakter Cinta Lingkungan |
Peduli Lingkungan ; Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan
mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah
terjadi.
Indikator Sekolah
a. Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
b. Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
c. Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
d. Pembiasaan hemat energi.
e. Membuat biopori di area sekolah.
f. Membangun saluran pembuangan air limbah dengan baik.
g. Melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.
h. Penugasan pembuatan kompos dari sampah organik.
i. Penanganan limbah hasil praktik (SMK).
j. Menyediakan peralatan kebersihan.
k. Membuat tandon penyimpanan air.
l. Memrogramkan cinta bersih lingkungan.
Indikator Kelas
a. Memelihara lingkungan kelas.
b. Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
c. Pembiasaan hemat energi.
d. Memasang stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan apabila selesai digunakan (SMK).
17. Peduli Sosial
Indikator Sekolah
a. Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
b. Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
c. Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
d. Pembiasaan hemat energi.
e. Membuat biopori di area sekolah.
f. Membangun saluran pembuangan air limbah dengan baik.
g. Melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.
h. Penugasan pembuatan kompos dari sampah organik.
i. Penanganan limbah hasil praktik (SMK).
j. Menyediakan peralatan kebersihan.
k. Membuat tandon penyimpanan air.
l. Memrogramkan cinta bersih lingkungan.
Indikator Kelas
a. Memelihara lingkungan kelas.
b. Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
c. Pembiasaan hemat energi.
d. Memasang stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan apabila selesai digunakan (SMK).
17. Peduli Sosial
Karakter Peduli Sosial |
Peduli Sosial ; Sikap dan tindakan yang selalu
ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang
membutuhkan.
Indikator Sekolah
a. Memfasilitasi kegiatan bersifat sosial.
b. Melakukan aksi sosial.
c. Menyediakan fasilitas untuk menyumbang.
Indikator Kelas
a. Berempati kepada sesama teman kelas.
b. Melakukan aksi sosial.
c. Membangun kerukunan warga kelas.
18. Tanggung Jawab
Indikator Sekolah
a. Memfasilitasi kegiatan bersifat sosial.
b. Melakukan aksi sosial.
c. Menyediakan fasilitas untuk menyumbang.
Indikator Kelas
a. Berempati kepada sesama teman kelas.
b. Melakukan aksi sosial.
c. Membangun kerukunan warga kelas.
18. Tanggung Jawab
Karakter Tanggung Jawab |
Tanggung Jawab ; Sikap dan perilaku seseorang
untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara
dan
Tuhan Yang Maha Esa.
Indikator Sekolah
a. Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
b. Melakukan tugas tanpa disuruh.
c. Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
d. Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas.
Indikator Kelas
a. Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b. Peran serta aktif dalam kegiatan sekolah.
c. Mengajukan usul pemecahan masalah.
Tuhan Yang Maha Esa.
Indikator Sekolah
a. Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
b. Melakukan tugas tanpa disuruh.
c. Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
d. Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas.
Indikator Kelas
a. Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b. Peran serta aktif dalam kegiatan sekolah.
c. Mengajukan usul pemecahan masalah.