Judul : The Role of PBL in Improving Physics Students’ Creative Thinking and Its
Imprint on
Gender
Penulis :
Elnetthra Folly Eldy1 &
Fauziah Sulaiman
Th. Terbit, hal : 2013: hlm. 1–9
Nama Jurnal :
International Journal of Education and Research
Vol. No. Th. : 1, 6,
2013
A. Latar Belakang Maslah
Sebagai
lulusan saat ini mendesak untuk dikembangkan lebih lanjut tentang berpikir
tingkat yang lebih tinggi seperti itu faktor paling yang dituntut oleh majikan
(Malaysia, 2012), studi tentang bagaimana mendukung pengembangan siswa berpikir
kritis dan kreatif menjadi salah satu elemen yang peduli dari dalam mengajar
pendidikan. Selain berpikir kritis karena dapat diajarkan, berpikir kreatif
adalah sesuatu seperti bakat masing-masing individu yang membutuhkan pelatihan
untuk diasah (Zhou, 2012).
Sementara
berdasarkan masalah-learning (PBL) terlihat dan dukungan oleh beberapa studi
sebagai alternatif terbaik yang dapat membantu pengembangan pemikiran kreatif,
adaptasi ajaran ini dalam penelitian ini adalah sesuatu untuk melihat ke depan.
Tujuan
dari makalah ini adalah untuk memberikan rincian skor siswa pada beberapa
kriteria untuk berpikir kreatif yang sebelumnya dilakukan dari YanPiaw analisis
uji Creative-Kritis setelah dilaksanakan dengan pendekatan secara online PBL.
Selain itu makalah ini juga menyajikan bukti untuk mendukung penelitian
sebelumnya tentang pentingnya hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan
gender.
B. Landasan Teori
Berpikir Kreatif Definisi dan Teori kreatif Berpikir secara
luas, berpikir kreatif mendefi-nisikan sebagai "divergen, mencoba untuk
membuat sesuatu berita dan dijalankan oleh melanggar prinsip diterima"
(Baker, 2001) atau dalam pengertian yang paling sederhana khusus pada tingkat
universitas pemikiran kreatif adalah tentang bagaimana individu mampu imajinasi
diterapkan untuk memecahkan masalah (Coughlan, 2007).
Di sisi lain, Torrance (1966) (hal.6) seperti yang
disebutkan oleh Baker (2001) mendefinisikan berpikir kreatif sebagai lebih
operasional sebagai "suatu proses menjadi sensitif terhadap masalah,
kekurangan, kesenjangan dalam pengetahuan, unsur-unsur yang hilang,
ketidakharmonisan, dan seterusnya; mengidentifikasi kesulitan; mencari solusi,
membuat dugaan, atau merumuskan hipotesis tentang kekurangan-kekurangan ini;
pengujian dan pengujian ulang hipotesis tersebut dan mungkin memodifikasi dan
pengujian ulang mereka; dan akhirnya mengkomunikasikan hasilnya.".
Guilford (1964) menggambarkan pemikiran kreatif
sebagai berpikir divergen yang didefinisikan sebagai menghasilkan banyak
bervariasi ide tentang beberapa topik dalam waktu yang terbatas (Chua, 2010),
Torrance (1984) juga dikenal sebagai "kreativitas manusia" mendirikan
4 karakteristik berpikir kreatif ( yaitu orisinalitas, elaborasi, kefasihan dan
fleksibilitas) (Chua, 2004) yang hampir mirip dengan apa yang Guilford (1964)
dijelaskan.
Berpikir Kreatif Kemampuan dan Berbasis Gender. Sebuah
studi banyak tenang menunjukkan budaya berpikir kreatif antara laki-laki dan
perempuan itu berbeda; beberapa acara bias berpikir kreatif adalah lebih ke
arah laki-laki daripada perempuan, sementara beberapa studi menunjukkan
perempuan kemudian laki-laki menunjukkan kreativitas terbesar. Studi dari
Stephens et al. (2001) yang meneliti perbedaan gender antara siswa kelas III
dan IV menunjukkan bahwa gadis-gadis 'mencapai skor yang lebih tinggi daripada
anak laki-laki'; Temuan paralel lainnya seperti acara oleh Caroliet al. (2009)
menemukan skor gadis pada kreativitas dari anak laki-laki.
Di sisi lain, bahkan tidak ada statistik signifikan
dari hasil antara pria dan wanita seperti yang ditemukan dari Stoltzfuset al.
(2011) tapi secara keseluruhan laki-laki menunjukkan lebih tinggi mencetak
daripada perempuan, temuan paralel juga ditemukan dari Ariffinet al. (2011)
menunjukkan bahwa laki-laki memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kemampuan
berpikir tingkat tinggi dari perempuan. Bagaimanapun, beberapa studi juga
menemukan perbedaan yang tidak signifikan antara pria dan wanita dalam
kreativitas (Babaliset al, (2012).; Sulaiman (2011).
Meskipun pendiri konsisten pada studi yang berkaitan
dengan keterampilan berpikir kreatif antara yang berbeda jenis kelamin tetapi
pengetahuan pemahaman tentang kemampuan berpikir kreatif tentang gender
berbasis diyakini bisa membantu untuk kemajuan dalam individu bervariasi
lapangan (Poturet al., 2009).
Berbasis masalah Learningand Creative Thinking skill.
PBL dimulai di Malaysia pada tahun 1981 ketika pertama kali diimplemen-tasikan
di Medis Departemen UniversitiSains Malaysia (Ibrahim, 2009) .suatu definisi
operasional dari PBL juga bertindak sebagai proses metode pengajaran ini mulai
sebagai siklus dengan siswa memenuhi masalah, mengidentifikasi, belajar
mandiri, tutorial dan diakhiri dengan integrasi pembelajaran (Hung et al,
2007;. Arzuman, 2005; Barrett, 2005).
PBL mengalami perkembangan positif dan dapat dilihat
sebagai metode pengajaran alternatif amanah untuk kemampuan berpikir
ditingkatkan siswa, keterampilan pemecahan masalah dan kemahiran tidak hanya di
medis, guru dan mengajar pendidikan teknik bahkan dalam Fisika itu sendiri
(SelÒ«uket al, 2010;. Ali et al ., 2009; Hari, 2008).
pembelajaran berbasis masalah terbukti bisa menjadi
alternatif amanah untuk mengajar untuk membantu keterampilan berpikir kreatif
developmenton positif antara individu di berbagai bidang pendidikan seperti
yang didukung oleh studi seperti pada Fisika pendidikan dengan Sulaimanet al
(2013) tersedia dalam terbukti dari kemampuan PBL keterampilan berpikir kreatif
Fisika ditingkatkan siswa.
Beberapa studi lain yang didukung oleh pendiri temuan
paralel (Mokhtaret al., 2010) dalam kalkulus dan (Awanget al., 2010) di bidang
teknik sipil. Hubungan antara PBL dan berpikir kreatif dieksplorasi dengan
melihat ke dalam studi yang mendukung metode pengajaran PBL memberikan kontribusi
positif pada keterampilan berpikir kreatif siswa.
C. Metode Penelitian
Untuk studi saat ini, tujuan dari pelaksanaan
pendekatan PBL adalah untuk menyelidiki efek dari variabel independen (PBL
online) terhadap variabel terikat (Yan Piaw Creative-Kritis skor Berpikir dan
Torrance Uji Creative Thinking Test (TTCT)).
Subyek penelitian ini dilakukan pada 28 (yaitu, 16 perempuan
dan 12 laki-laki) dari mahasiswa tahun kedua dari Fisika dengan Program
Electronics yang hadir Termodinamika Fisika saja di Semester 1 Sesi 2012/2013.
Program ini dari sepuluh Program ilmu-ilmu yang diberikan di bawah Sekolah Ilmu
& Teknologi di Universitas Malaysia Sabah.
Mereka telah terpapar oleh PBL sepanjang Semester I
Sesi 2012/2013 tahun akademik, yang mengambil 14 minggu. Kursus dipimpin oleh
dosen yang memiliki 10 tahun pengalaman dalam PBL.
Instrumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan The
YanPiaw Creative tes Berpikir Kritis dikembangkan oleh Chua (2004) untuk
mengidentifikasi tingkat mahasiswa berpikir gaya. Dalam tes khusus ini ada 4
tingkat gaya berpikir yang sedang menyatakan yaitu: berpikir kreatif superior,
berpikir kreatif, gaya berpikir yang seimbang, gaya berpikir kritis dan gaya
berpikir kritis superior.
Reliabilitas instrumen juga menunjukkan nilai positif
selama uji coba di mana koefisien alpha Cronbach untuk ujian adalah 0,90 (skor
total), 0,81 (gaya berpikir kritis) dan 0,85 (gaya berpikir kreatif). Data juga
dikumpulkan menggunakan Torrance Uji Kreatif Berpikir Form A (1990) untuk
mengukur kemampuan siswa berpikir kreatif setelah dilaksanakan dengan PBL.
Tes ini dibagi menjadi 4 sifat mental; kelancaran,
fleksibilitas, orisinalitas dan koefisien alpha elaboration.The Cronbach untuk
tes ini 0,79 (kelancaran), 0,84 (fleksibilitas), 0,84 (orisinalitas), 0,78
(elaborasi) and.81 (skor total).
D.
Hasil Penelitian
Distribusi siswa berpikir gaya dari sebelumnya YanPiaw
Creative tes Berpikir Kritis menunjukkan pada Tabel 1 dan Tabel 2 sebagai
berikut. Tabel 1 menunjukkan distribusi mahasiswa gaya berpikir sebelum
dilaksanakan dengan pendekatan secara online PBL sedangkan Tabel 2 menunjukkan
distribusi setelah 14 minggu terkena dengan pendekatan yang sama.
Tabel 1 TheYanPiaw Creative-Critical Thinking Analisis
Uji (Form A)
- Jumlah siswa untuk
setiap persentase (32,1%, N = 8; 67,9%, N = 20)
Tabel 2 TheYanPiaw
Kreatif-Critical Thinking Analisis Uji (Form B)
- Jumlah siswa untuk
setiap persentase (18,5%, N = 5; 62,96%, N = 17; 18,5%, N = 5) Tabel 1
menunjukkan sekitar 68% (N = 19) siswa jatuh pada gaya berpikir kreatif
sementara hanya 19% (N = 5).
Pada Tabel 2. seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1
dan Tabel 2, ada penurunan persentase gaya berpikir kreatif siswa sebelum dan
sesudah dilaksanakan oleh PBL sebagai mahasiswa gaya berpikir yang seimbang
(yaitu, berpikir kreatif-kritis) meningkat. Unggul Berpikir Kreatif: Berpikir
Kreatif Keterampilan, Seimbang Berpikir Style, Berpikir Kritis Keterampilan,
unggul Berpikir Kritis. Persentase%: 18,5, 62,96, 18,5
Unggul Berpikir Kreatif Style: Creative Thinking
Style, Seimbang Berpikir Style, Berpikir Kritis Style, unggul Berpikir Kritis
Style. Persentase%: Sementara itu sebagai tujuan dari makalah ini adalah untuk
memberikan rincian skor siswa pada kriteria berpikir kreatif berdasarkan hasil
sebelumnya YanPiaw Kreatif Berpikir Kritis tes, Tabel 3 menunjukkan laporan
berarti tanda masing-masing kriteria untuk berpikir kreatif berdasarkan TTCT
uji.
Tabel 3 Laporan TTCT berarti tanda untuk berpikir
kreatif dengan kriteria kriteria Berpikir kreatif PBL online N = (27) Rata-rata
(SD) Kefasihan 29.15 (10.64) Fleksibilitas 19,15 (5,49) Orisinalitas 2.59
(1.80) Elaborasi 7.48 (5.98) Catatan: Ini adalah tes terbuka, sehingga tidak
ada maksimum atau skor minimum Temuan menunjukkan pada Tabel 3 menunjuk-kan
bahwa kreativitas keseluruhan siswa ditandai terutama oleh dua komponen
kemampuan nama kefasihan dan fleksibilitas. Skor rata-rata
tertinggi adalah pada kelancaran (29,15), acara ini bahwa siswa lebih
mampu dalam memproduksi sejumlah besar ide atau respon dalam pemecahan masalah
situation.
Terendah rata skor pada orisinalitas (2.59)
yang menunjukkan bahwa siswa masih kurang dengan kemampuan untuk menghasilkan
ide yang luar biasa baru atau unik atau respon. Sebagai hasil pada Tabel 3
dibandingkan dengan Sulaiman (2011), ada kesamaan dalam hal siswa kekuatan
dalam setiap pola kriteria sebagai karyanya menunjukkan kriteria yang sama, di
mana siswa mendapatkan tanda berarti lebih tinggi setelah terkena dengan online
PBL yang kelancaran dan fleksibilitas. Sebaliknya dengan lainnya
dua kriteria ini, orisinalitas dan elaborasi, Sulaiman (2011)
melaporkan temuan terbalik ketika berarti tanda untuk orisinalitas lebih
tinggi dari elaborasi.
Tabel 4 Laporan TTCT berarti tanda untuk berpikir
kreatif dengan gender dengan kriteria Berpikir kreatif kriteria gender
Independent uji sampel t-test untuk kesetaraan sarana. Pria N = 10 Perempuan N
= 17 Jumlah N = 27 T df = Berarti perbedaan Sig (2-tailed).
- Kelancaran Berarti
35,40 25,47 29,15 -2,59 -9,93 .02. SD 12,27 7,78 10,64.
- keluwesan Berarti
22,10 17,41 19,15 -2,32 -4,69 .03. SD 6.40 4.15 5.49.
- Keaslian Berarti
3,40 2,12 2,59 -1,87 -1,28 .07. SD 1,36 1,90 1.80.
- Elaborasi Berarti
9,70 6,18 7,48 -1,51 -3,52 .14. SD 6.60 5.37 5.99.
- Secara keseluruhan
Berarti 70,60 51,27 58,37. SD 26,62 19,20 23,92
Catatan: perbedaan statistik yang signifikan antara
Pria dan Wanita. Ini adalah tes terbuka, sehingga tidak ada nilai
maksimum atau minimum.
Tabel 4 menunjukkan laporan dari TTCT tanda dimaksud
dengan kriteria jenis kelamin. Dari tabel tersebut menunjukkan bahwa laki-laki
memiliki tanda berarti lebih tinggi untuk keseluruhan berarti skor dan juga
didominasi untuk masing-masing empat kriteria dalam tes ini. Laporan tersebut
menunjukkan laki-laki dan perempuan baik memiliki mean skor tertinggi pada kelancaran
(35.40) dan (25,47) masing-masing dan rata skor terendah pada orisinalitas
(3.40) dan (2.12) untuk masing-masing.
Sebagai perbedaan berarti dalam Tabel 4 dibandingkan
dengan penelitian sebelumnya oleh Sulaiman (2011) dalam jangka pengembangan
siswa pada pola gaya berpikir berdasarkan gender, hal itu menunjukkan temuan
paralel khusus pada kelancaran dan elaborasi ketika tidak ada
perbedaan yang signifikan antara kedua temuan. Ini juga dapat menyimpulkan
bahwa mahasiswa ilmu focally siswa Fisika tidak memiliki perbedaan besar untuk
kedua kriteria tersebut dalam jangka gender.
Berbeda ketika kedua temuan ini; Tabel 4 dan Sulaiman
(2011) dibandingkan secara khusus pada masing-masing jenis kelamin secara
terpisah, cara putaran lain dari temuan ditemukan, seperti Sulaiman (2011)
reportsthat semua dari empat kriteria dalam tes ini didominasi oleh perempuan
yang sangat berbeda dengan apa yang menunjukkan pada Tabel 4.This temuan
menunjukkan bahwa perbedaan kreativitas antara laki-laki dan perempuan pada
siswa Fisika tidak bias dalam setiap jenis kelamin tertentu.
Hal ini dapat menyebabkan oleh beberapa faktor seperti
jumlah siswa laki-laki (N = 10) dalam penelitian ini lebih kecil dari jumlah
siswa perempuan (N = 17), sedangkan sebagai Sulaiman (2011) mempelajari jumlah
siswa untuk kedua jenis kelamin adalah sama ( yaitu N = 15).
Temuan ini juga dapat mempengaruhi oleh bagaimana
proses PBL diterapkan untuk mata pelajaran (siswa) di mana dalam penelitian ini
hampir semuanya mulai dari menemukan pernyataan masalah utama sampai akhir
proses siklus PBL itu tergantung pada siswa sendiri.
Seperti disebutkan di bagian dari metodologi dalam
makalah ini, masalah bahwa siswa akan belajar dan diselesaikan sepanjang
semester diputuskan oleh siswa dengan panduan dari fasilitator sementara
sebagai mengerti dari Sulaiman (2011) metodologi terpadu, pernyataan masalah
diberikan. Selain itu sebuah inovasi untuk pelaksanaan PBL selama penelitian
ini yang setelah setiap dua atau tiga minggu dari chat room, tatap muka kelas
(kuliah normal) ditangani kontribusi pada perbedaan menemukan pada kedua studi.